Baru Pertama Kali Punya Smartphone Xiaomi? Bingung Mau Ngapain? Ikuti Panduannya di sini

Foto Atau Nasi Kuning? Kok Hasil Kamera Xiaomi Redmi Note 3 PRO Kekuningan? Ini Tutorial Cara Fix nya

Beuh. dari judulnya saja sudah bikin laper nih, foto atau nasi kuning, tapi tunggu dulu! Maksudnya apa? Apa hubungannya Foto dengan nasi kuning? terus apa sangkut pautnya dengan Kamera Xiaomi Redmi Note 3 PRO? Nah lock! bingung kan! Sadar atatu tidak, kamu pasti pernah mengalami posisi dimana hasil foto kamera redmi note 3 pro kamu tampak menguning. Apalagi kalau objek yang difoto itu dekat. Untuk itu admin miuitutorial.com akan membagikan tutorial cara memperbaiki kamera redmi note 3 pro yang kekuning-kuningan.

Foto Atau Nasi Kuning Nih? Kok Hasil Kamera Xiaomi Redmi Note 3 PRO Kekuningan? Ini Tutorial Cara Fix nya

Foto Atau Nasi Kuning? Kok Hasil Kamera Xiaomi Redmi Note 3 PRO Kekuningan? Ini Tutorial Cara Fix nya
Foto Atau Nasi Kuning? Kok Hasil Kamera Xiaomi Redmi Note 3 PRO Kekuningan? Ini Tutorial Cara Fix nya

Kasus Hasil foto kekuning-kuningan sebenarnya bukan hanya menimpa pengguna Xiaomi Redmi Note 3 PRO saja, akan tetapi hampir seluruh pengguna smartphone xiaomi yang kameranya dilengkapi fitur lampu flash dual tone seperti Redmi Note 3 Mediatek, Redmi PRO, Mi4c, Mi4i, Mi4s, Mi5, Mi Note/bamboo edition, Mi Note PRO, Mi Note 2. Apa itu dual tone? dual tone itu lampu flash smartphone xiaomi yang ada 2 lampu flashnya, yaitu lampu flash putih dan lampu flash kuning.

Fungsi dari flash dual tone pada kamera smartphone xiaomi adalah untuk menciptakan hasil foto yang natural. Contohnya pada kulit manusia yang jika hanya menggunakan 1 lampu flash putih maka warna kulit dari foto yang dihasilkan cenderung pucat apalagi jika diambil dalam kegelapan atau tempat yang minim cahaya.

Alih-alih ingin menciptakan warna kulit yang natural, justru lampu flash kuning ini malah membuat hasil foto tampak kekuning-kuningan. Walhasil ada beberapa pengguna smartphone xiaomi yang geram dan menutup lampu flash kuning pada dual tone tersebut dengan slotip hitam, hahaha.. gokil memang tapi namanya juga usaha, kereatif-kereatif euy.. Memang sih berhasil tapi jadinya tampilan belakang redmi note 3 pro kurang sedap dipandang. Masak ponsel mahal-mahal di belakangnya ada slotip hitam. hem.. maka dari itu admin akan coba kasih tips bagaimana cara mengakali lampu dual tone pada smartphone xiaomi agar hasil foto lebih natural dan tidak kekuning-kuningan.

Cara 1: Melakukan Penyesuaian pada pengaturan Kamera
Cara ini bisa dibilang hasil dari coba-coba dan beberapa penyesuaian pada settingan kamera redmi note 3 pro. Dari beberapa percobaan tersebut, akhirnya admin meyimpulkan bahwa jika anti bandingnya di set ke 50Hz maka hasil foto akan menguning, tapi jika di set ke 60Hz maka hasil foto jadi sedikit lebih putih. Namun tingkat kejaman foto menjadi turun. Untuk itu coba:
1. Masuk ke aplikasi kamera
2. Lalu ke pengaturan dengan cara tekan lama softbutton lalu cari anti banding, kemudian set ke 60Hz
3. Setelah itu set ketajamannya menjadi tinggi
4. Saturasi berserta kontras di set ke rendah
5. Kemdian coba foto tangan kamu sendiri di kegelapan dengan bantuan lampu flash dual tone, apakah foto yang dihasilkan sudah tidak lagi kekuningan
6. Jika belum, silahkan ubah kontrasnya menjadi normal atau juga bisa kamu sesuaikan sendiri

Cara 2: Manipulasi warna
Untuk cara 2 ini admin dapatkan dari teman yang dulu pernah kerja di percetakan, beliau bilang jika warna kuning dipadukan dengan warna biru (cyan) maka yang muncul adalah warna putih yang agak kebiruan.
1. Kamu ambil plastik bening/transparan yang warna cyan
2. Lalu potong sedemikian rupa hingga bisa menutupi lampu flash kuning pada smartphone xiaomi
3. Boleh dikombinasikan dg slotip untuk menpelkan plastik bening cyan tersebut
4. Selesai

Perlu diingat bahwa lampu flash kuning pada smartphone xiaomi tidak bisa di nonaktifkan (ya setidaknya untuk saat ini), dan fitur dual tone ini bukan lah BUG, tapi murni fitur yang disajikan oleh kamera smartphone xiaomi yang memiliki dual led flash. Sekian dulu tips cara ngakalin lampu dual tone pada smartphone xiaomi. Jika kamu punya cara lain yang lebih jitu, silahkan di share via kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan tutorial ini. Admin pamir undur diri dulu, miuitutorial.com

Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya