Baru Pertama Kali Punya Smartphone Xiaomi? Bingung Mau Ngapain? Ikuti Panduannya di sini

Baru Saja Membeli Xiaomi Redmi Note 3 PRO? Bingung Mau Ngapain? Praktekkan Step by Step Tutorial Mudah ini!

Baru saja membeli smartphone Xiaomi Redmi Note 3 PRO? Bingung mau ngapain? Redmi Note 3 PRO yang kamu beli garansi TAM atau distributor? Nah loch bingung ya? Mau redmi note 3 pro nya punya settingan seperti yang sedang admin pakai sekarang? [based on admin's experience] Yuk simak langkah-langkahnya berikut ini. Sebagai tambahan informasi, untuk membedakan antara rom distributor abal-abal atau sudah rom official xiaomi silahkan baca penjelasan lengkapnya di sini.

Baru Saja Membeli Xiaomi Redmi Note 3 PRO? Bingung Mau Ngapain? Praktekkan Step by Step Tutorial Mudah ini!


Baru Saja Membeli Xiaomi Redmi Note 3 PRO? Bingung Mau Ngapain? Praktekkan Step by Step Tutorial Mudah ini!
Baru Saja Membeli Xiaomi Redmi Note 3 PRO? Bingung Mau Ngapain? Praktekkan Step by Step Tutorial Mudah ini!

Admin juga sama seperti kamu ketika baru saja membeli smartphone xiaomi redmi note 3 pro ini masih kebingunan mau ngapain saja dan kebetulan pada saat itu belum ada garansi resmi TAM, jadilah admin membeli si-kenzo dari pihak distributor. Selain itu juga harganya masih terbilang mahal, berbeda sekali dengan harga yang sekarang, sudah murah pake banged lagi, hehe.. #jadicurhat

Berdasarkan pengalaman admin selama menggunakan xiaomi redmi note 3 pro ini, akhirnya admin menemukan settingan yang cukup mumpuni untuk kebutuhan harian seperti sosial media, entertainment: denger musik, nonton film plus juga main game HD. Selain itu juga terbilang minim bug dan hemat baterai. Nah buat kamu yang baru saja membeli redmi note 3 pro ini, akan admin bagikan langkah-langkahnya agar bisa memiliki settingan yang sama seperti admin. Selebihnya bisa kamu sesuikan dengan selera sendiri. Okey Kita mulai

Langkah 1: Amankan Data yang Ada di Internal Memory
Walau terlihat sepele namun ada baiknya kamu backup dulu data-data yang penting di internal memory semisal foto pacar, foto kuitansi pembayaran kos, bon warteg, dan IYKWIM, hahaha.. Jika sudah dipindahkan ke komputer silahkan lanjut ke langkah 2.

Langkah 2: Request Unlock Bootloader
Segala gerbang dari settingan yang admin bagikan ini berawal dari unlock bootloader, jadi kamu harus menyelesaikan langkah 2 ini dengan baik. Fungsi unlock bootloader sendiri pada redmi note 3 pro adalah agar bisa menginstall custom rom dan jamu Fix 4G LTE, selain itu juga bisa digunakan untuk flashing rom via TWRP recovery, penjelasan lengkapnya bisa kamu baca di sini. Jadi kedepannya kamu tidak perlu flashing via Mi flashtool lagi (kayak admin). Untuk tutorial unlock bootloader redmi note 3 pro bisa ke sini. Sembari menunggu proses unlock bootloader, baca-baca juga referensi pengalaman admin 2x sukses unlock bootloader di sini serta bagaimana cara mengatasi stuck 50% di sini ketika melakukan unlock bootloader pada smartphone xioami.

Langkah 3: Pindah ke Developer Rom China atau Global
Okey, katakanlan kamu sudah mendapatkan sms balasan dari pihak xiaomi yang berisikan bahwa kamu telah diberikan ijin untuk melakukan unlock bootloader seperti di bawah ini:

Baru Saja Membeli Xiaomi Redmi Note 3 PRO? Bingung Mau Ngapain? Praktekkan Step by Step Tutorial Mudah ini!

Agar nanti unlocknya berjalan dengan sempurna, ada baiknya redmi note 3 pro kamu pindah dulu ke rom dev china atau global dev, terserah pilih salah satu saja. Karena selama ini kebanyakan pengguna smartphone xiaomi yang ngotot bin kekeh unlock di rom stabil, walhasil stuck di 50% melulu. Jadinya kan buang-buang waktu dan energi saja.

Untuk rom developer china miui 8 redmi note 3 pro bisa kamu ambil di sini, atau versi globalnya di sini (pilih salah satu saja). Sedangkan untuk tutorial flashing rom tersebut sudah admin jabarkan secara lengkap di sini dan juga di sini. Kuncinya adalah sebelum menginstall Mi flashtool pastikan kamu menggunakan windows 64bit dan juga driver signature sudah di disble. Karena kendala kecil seperti ini yang menghambat keberhasilan dalam melalukan flashing rom nanti. untuk tutorial disable driver signature bisa ke sini.

Langkah 4: [Take Action] - Saatnya Eksekusi Unlock Bootloader
Hal-hal yang perlu kamu persiapkan selain redmi note 3 pro sudah terpasang developer rom adalah komputer kamu memiliki koneksi internet karena proses unlock bootloader nanti membutuhkan sambungan internet. Jadi tidak bisa menggunakan redmi note 3 pro sebagai thetering hostpot, harus punya koneksi internet secara mandiri. Selain itu juga pastikan akun mi yang disetujui untuk unlock bootloader tersebut juga terdaftar pada mi cloud. selebihnya tinggal eksekusi saja via Mi unlock [link tutorial sudah admin sertakan pada langkah ke 2]

Langkah 5: Install Custom TWRP Recovery
Buat lebih memastikan apakah benar redmi note 3 pro kamu sudah dalam status unlock bootloader, silahkan praktekkan tutorialnya di sini. Jika benar redmi note 3 pro kamu sudah unlock bootloader langsung install custom TWRP saja. TWRP recovery yang admin rekomendasikan adalah TWRP Re-compile. Kenapa admin pilih TWRP ini? Karena TWRP recompile ini sudah bisa mendukung update OTA jika sewaktu-waktu ada pembaruan miui dari xiaomi. Jadi kamu tidak perlu lagi repot-repot unduh full rom yang kapasitanya itu giga-gigaan segede gaban. Admin sudah buktikan sendiri dan benar memang bisa digunakan untuk update via OTA TWRp re-compile ini. Bahan dan tutorial cara install Custom TWRP re-compile bisa kamu jumpai di sini

Langkah 6: Pindah ke Global Rom stabil Miui 8 Terbaru
Sebenarnya ini pilihan, kalau admin lebih memilih langsung pindah ke global rom stabil miui 8. Jadi developer rom tersebut admin gunakan hanya untuk keperluan unlock bootloader saja. Rom global stabil miui 8 terbaru khusus buat redmi note 3 pro bisa kamu ambil di sini versi mode recovery (.zip)
Cara Installnya mudah, cukup pindahkan rom global di atas ke internal memory redmi note 3 pro lalu masuk ke mode TWRP recovery melalui updater atau kombinasi tombol power dan volume atas (pada saat si-kenzo mati), setelah itu pilih wipe > advanced wipe > centang system, data, cache, dalvic cache > wipe ke kanan untuk memulai proses wiping. Kembali ke menu awal TWRP tadi pilih install > arahkan ke rom global miui 8 tadi yang sudah kamu pindahkan > swipe ke kanan > dan secara otomatis proses instalasi akan berjalan dan jangan lupa setelah selesai flashing rom global miui 8 tadi jangan buru-buru langsung di reboot, tapi kembali ke menu awal > pilih advanced > SuperSU > swipe ke kanan untuk install root superSU > baru di reboot

Langkah 7: Setup Redmi Note 3 PRO
Setelah berhasil diinstall, nyalakan redmi note 3 pro kamu. Seperti biasa, silahkan lakukan penyetingan seperti log in mi akun, pemilihan tema dan sebagainya. Setelah itu silahkan masuk ke mode TWRP Recovery lagi dengan cara masuk ke updater > klik ikon titik tiga > pilih muat ulang ke pembaruan > secara otomatis redmi note 3 pro akan kembali masuk ke mode TWRP recovery

Langkah 8: Install Mod
Ini salah satu bagian yang paling penting juga. Silahkan ambil file Jamu Fix 4G LTE yang ada di sini, Xposed Framework di sini, SD Permission di sini, dan tema china bisa unduh tema premium di sini (ambil yang versi zip nya). Kemudian sambungkan redmi note 3 pro dalam posisi di TWRP Recovery tersebut ke komputer via kabel USB, lalu pindahkan ke semua file mod tersebut ke internal memory kenzo. Setelah itu install satu persatu via custom TWRP dengan cara pilih install lalu arahkan ke file mode. Lakukan satu persatu hingga selesai lalu reboot redmi note 3 pro.

Langkah 9: Dag-dig-dug
Haha.. langkah 9 ini bikin deg-degan. Tidak ada yang kamu lakukan sih sebenarnya karena setelah redmi note 3 pro di reboot maka proses booting yang akan terjadi namun kali ini proses bootingya bisa lama sekali. Kira-kira bisa sampai 30 menit lebih. Tergantung dari keberuntungan kamu juga. Jangan khawatir, redmi note 3 pro kamu tidaklah bootloop brick kok. Biarkan proses instalasi mod berjalan dengan sempurna sampai redmi note 3 pro kamu masuk ke homescreen.

Langkah 10: Install xposed module
Setelah di langkah 9 tadi menginstall xposed framework maka di langkah 10 ini adalah menginstall apk xposed itu sendiri berserta module yang kamu kehendaki. sesuai dengan judulnya, admin akan berikan module xposed yang sedang admin pakai di antaranya adalah Instagram donwloader, Miui tweaks, Miui Brighness fix, Xposed one tap download, Yourtube, Youtube AdaWay, Mi Themes, dan 2 aplikasi berbahasa mandarin (yang ini module tambahan buat mi themes, jadi kamu bisa unduh tema premium tadi di mi themes). Untuk mi themes bisa kamu ambil bahannya di sini sedangkan untuk module selain itu sudah admin rangkum menjadi satu di sini.

Install modulenya seperti biasa, sama kayak kamu install aplikasi android APK. Hanya saja setelah install jangan lupa masuk ke aplikasi xposed > modules > lalu centang module yang ingin di aktifkan lalu reboot redmi note 3 pro kamu

Selamat !!! Xiaomi Redmi note 3 pro kamu sudah memiliki settingan yang sama persih dengan admin gunakan sekarang. Selebihnya tinggal kamu kembangkan sendiri. Sebagai tambahan referensi, silahkan baca panduan dasar untuk pengguna baru smartphone xiaomi di sini berserta pertanyaan yang sering kali ditanyakan oleh pengguna baru ponsel xiaomi di sini. Website miuitutorial.com ini sudah admin rancang agar mudah dipahami dan ditelusuri berdasarkan tipe ponsel xiaomi. Gunakan juga kotak pencarian agar apa yang kamu cari bisa lebih mudah ditemukan.

Pada Dasarnya tutorial ini juga bisa dipratekkan pada smartphone xiaomi tipe lain seperti Mi5, Mi4, mi4i, mi4c, mi4s, redmi note 2, note 3 mediatek, Redmi 2/prime, redmi 3/pro, redmi 3s/x/prime, Mi note/pro Redmi Pro, redmi note 4, hanya saja untuk beberapa file ada yang memang khusus untuk redmi note 3 pro.

Apabila ada yang kurang dipahami, silahkan tanyakan via kolom komentar. Dengan senang hati akan admin jawab sepengetahuan admin tentunya. Tag nama-nama agan di sini untuk mendapatkan repon jawaban yang lebih cepat karena admin tidak bisa setiap saat di depan komputer dan 1 lagi jangan lupa .. hehe.. +1, like dan bagikan tutorial ini agar ilmu yang bermanfaat tidak terhenti di kamu saja. Salam persahabatan admin miuitutorial.com

Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya