Baru Pertama Kali Punya Smartphone Xiaomi? Bingung Mau Ngapain? Ikuti Panduannya di sini

Benarkah Xioami Redmi Note 3 Pro dan Redmi 3/Pro Tahan Terhadap Air/Bisa Diajak Berenang? Mari Kita Ulas Sama-sama

"Benarkah Xioami Redmi Note 3 Pro dan Redmi 3/Pro Tahan terhadap air dan bisa diajak berenang?" Admin juga bertanya-tanya tuh apa benar si kenzo dan ido bisa diajak berendam? hemm.. Mungkinkah semua smartphone xioami disematkan fitur tahan air namun tidak dipublikasikan kepada konsumen? jadi semacam fitur tambahan atau bahkan rahasia? yuk kita ulas sama-sama.

Benarkah Xioami Redmi Note 3 Pro dan Redmi 3/Pro Tahan Terhadap Air/Bisa Diajak Berenang? Mari Kita Ulas Sama-sama

Benarkah Xioami Redmi Note 3 Pro dan Redmi 3/Pro Tahan Terhadap Air/Bisa Diajak Berenang? Mari Kita Ulas Sama-sama
Benarkah Xioami Redmi Note 3 Pro dan Redmi 3/Pro Tahan Terhadap Air/Bisa Diajak Berenang? Mari Kita Ulas Sama-sama

Akhir-akhir ini kita sering kali dihebohakan dengan kemunculan beberapa foto bahkan video yang menunjukkan bahwa Xiaomi Redmi Note 3 PRO dan Redmi 3/PRO tahan terhadap air, sampai-sampai ada yang berani secara sengaja merendamnya di dalam baskom berisi air dan ternyata setelah di diangkat, benar saja redmi note 3 pro dan redmi 3/pro tersebut masih bisa hidup plus normal ketika dioperasikan. Nah yang jadi pertanyaannya adalah benarkah redmi note 3 pro dan redmi 3/pro atau bahkan seluruh smartphone keluaran xiaomi seperti Mi5, Mi4, redmi 3s/x, mi3, redmi note 2/prime, redmi 2/prime, redmi note 3 mtk, redmi oro, redmi note 4, redmi 4, mi3, redmi 1s, redmi note 3g wcdma, mi max, mi note 2 atau sampai Mi Mix yang merupakan ponsel terbaru super premium keluaran xiaomi tahan terhadapap air?

Berdasarkan beberapa sumber yang admin baca, xiaomi secara resmi meyatakan bahwa belum berkeinginan untuk membuat smartphone yang bisa tahan air. Alasan utamanya adalah untuk menekan harga smartphone xiaomi itu sendiri karena apabila nanti fitur tahan air bersertifikat IP disematkan pada smartphone xiaomi, bisa dipastikan harga jualnya akan melambung tinggi. Sehingga akan sangat bertolak belakang sekali dengan selogan ponsel xiaomi berspesifikasi tinggi namun dengan harga terjangkau.

Lantas kalau dari pihak xiaomi sendiri saja sudah menyatakan secara resmi jika mereka tidak pernah membuat smartphone yang tahan akan air, bagaimana ceritanya dengan beberapa foto dan video yang beredar di dunia maya seputar ponsel xiaomi seperti redmi note 3 PRO dan redmi 3/pro bisa diajak berendam? apakah itu hoax supaya banyak yang nonton video youtube nya atau? padahal setelah direndam namun tetap bisa dioperasikan secara normal?

Menurut pengamatan admin, itu lebih dikarenakan faktor Nekad + fanatik. Sudah jelas sekali seluruh ponsel xiaomi dari jaman redmi 1s sampai Mi Mix tidak pernah dibekali kemampuan tahan air. Kalaupun ternyata masih hidup, lebih dikarenakan air belum sampai masuk ke komponen atau bisa juga komponen tersebut masih mentoleransi. Namun tetap saja kedepannya nanti akan terjadi korosi pada komponen tersebut sehingga bisa saja tiba-tiba mati sendiri. Kalaupun kamu melihat ada orang yang menyiramkan air di atas layar ponsel xiaomi semisal redmi note 3 pro atau redmi 3/pro seperti gambar di bawah ini:

Benarkah Xioami Redmi Note 3 Pro dan Redmi 3/Pro Tahan Terhadap Air/Bisa Diajak Berenang? Mari Kita Ulas Sama-sama

Ya jelaslah tahan air, lah cuma disiram dari atas gitu. Ponsel manapun juga tahan air, hehehe..

Kesimpulannya smartphone xiaomi sampai saat ini, terutama pada saat menulis artikel ini baik itu redmi note 3 pro, redmi 3/pro atau jenis ponsel xioami manapun belum ada sertifikat IP6 yang bisa tahan air. Jadi jangan pernah coba-coba untuk menyiramkan air atau bahkan sampai dengan sengaja menceburkan ponsel xiaomi kamu ke kolam renang. Dijamin modar..!!! hahaha.. Video smartphone xiaomi tahan air yang kamu lihat di youtube tersebut lebih semata-mata buat tujuan hiburan, menunjukkan bahwa jika dalam keadaan darurat semisal tidak sengaja terkena air hujan, komponen smartphone xiaomi masih bisa untuk mentoleransi, atau mungkin anak sultan yang sudah kebanyakan uang. Jadi bingung mau diapain uangnya. hehehe... Ingat!! jangan pernah dicoba!!

Namun apabila smartphone xiaomi kamu sudah terlanjur atau tidak sengaja terkena siraman air atau bahkan tidak sengaja tercebur ke air. Langkah-langkah berikut ini yang dapat kamu lakukan:

1. Segera Matikan Ponsel Xaiomi Kamu
Langkah awal yang haru kamu lakukan jika tanpa sengaja terendam air adalah mematikan perangkat tersebut dan jangn pernah kamu hidupkan dulu karena dikhawatirkan dapat membuat konslet komponen yang ada pada ponsel xiaomi. Namun jika ternyata sudah mati duluan. langkah pertama ini bisa kamu lewatkan

2. Jangan Direndam ke dalam Beras
Sudah dari jaman kapan admin juga kurang begitu tahu, tapi kebiasaan orang ketika mendapati perangkat elektronik mereka terkena air langsung di rendam kedalam beras kemudian di didiamkan semalam. Admin tidak mengatakan cara ini salah atau tidak benar. Namun kurang efektif karena beras tidak teralalu bisa diandalkan untuk menyerap cairan yang ada pada komponen elektronik.

Apabila secara tidak sengaja smartphone xiaomi kamu terkena air/terendam air, segera bongkar atau pretelin komponennya lalu keringkan dengan kain kemudian rendam di dalam silika gel. Apa itu silika gel? itu tuh yang biasanya ada di dalam kotak sepatu. bentuknya seperti biji berwarna bening. Silika gel diyakini lebih efektif dalam menyerap air.

3. Keringkan dengan Menggunakan Hairdrayer
Untuk langkah ketiga ini apabila kamu punya hairdrayer (pengering rambut yang sering digunakan di salon-salon). Kamu lepaskan komponen-kompenen pada ponsel xiaomi lalu keringkan menggunakan lap kering, setelah itu hembuskan udara panas dengan bantuan hairdrayer tadi. Ingat jangan terlalu dekat, kasih jarak sehingga tidak merusak komponen elektronik itu sendiri.

4. Bila Perlu Jemur di bawah Sinar Matahari
Lanjutan dari langkah ketiga adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Proses penjemuran jangan terlalu lama apalagi di tengah terik matahari (pas jam 12 siang ke atas) bisa-bisa merusak komponen. Dikira-kira saja untuk lama penjemuran.

5. Yakinkan Benar-benar Kering Baru di Rakit Kembali Komponennya
Setelah dijemur/dikeringkan, segera pasang/rakit kembali komponen ponsel xiaomi kamu yang terkena air tadi. Sebelum itu yakinkah bahwa sama sekali tidak ada yang masih basah atau lembab

6. Lakukan Penggantian komponen Jika Diperlukan
Apabila langkah 1 sampai 5 di atas sudah dilakukan namun setelah dirakit kembali/disatukan kembali, smartphone xiaomi kamu tetap saja tidak menyala atau layarnya blank namun indikator softbutton/lampu masih menyala. Berarti harus dilakukan penggantian komponen.

Umumnya komponen ponsel xiaomi yang sering rusak/bermasalah setelah terkena siraman air adalah bagian layar, namun tidak menutup kemungkinan juga sudah menjalar ke komponen lain semsial kamera, dan baterai.

7. Banyak-banyak Berdoa
Langkah ketujuh ini sudah pasti berdoa, hehe.. sudah admin tidak perlu jelaskan lagi.

Inti dari artikel ini adalah jangan nekad dan mudah percaya terhadap apa yang kamu lihat di youtube atau media online lain! kecuali kamu anak sultan yang banyak uangnya. Kalaupun masih hidup setelah ponsel xiaomi tersebut terendam air, lebih dikarenakan faktor keberuntungan. Fitur tahan air bersertifikat IP6 atau IP apapun itu dibuat dengan tujuan untuk menghadapi kondisi tidak terduga semisal tidak sengaja tersiram air, tercemplung ke air. Sehingga ada batasan tertentu dalam sertifikat IP, semisal maksimal kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Sekian artikel kupas tuntas apakah memang benar smartphone xiaomi semisal redmi note 3 pro dan redmi 3/pro tahan terhadapa air dan bisa diajak berenang. Tulis di kolom komentar jika kamu pernah mengalami musibah seperti ini dan lebih bagus lagi jika punya solusi bagus buat mengatasi ponsel xiaomi yang tercebur ke dalam air. Bantu admin untuk +1, like dan bagikan. Salam sesama pengguna xiaomi admin miuitutorial.com

Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya