Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Bisakah Xiaomi Redmi Note 3 PRO Menghasilkan Foto Berekstensi RAW? Ini Tutorial Cara Aktifkan API Kameranya

Seberapa sering kamu menggunakan fitur kamera pada Xiaomi Redmi Note 3 PRO guna mengkap momen penting? Serta seberapa sering kamu mengedit hasil foto tersebut menggunakan aplikasi pengedit foto semacam photoshop, coreldraw dan sebagainya? Alangkah maksimalnya jikalau hasil tangkapan foto Xiaomi Redmi Note 3 PRO bukan dalam bentuk jpg malainkan RAW. Nah yang jadi pertanyaannya, bagaimana cara mengubah default ekstensi foto .jpg pada Redmi Note 3 PRO menjadi .raw? Untuk itu silahkan ikuti tutorialnya berikut ini.

Bisakah Xiaomi Redmi Note 3 PRO Menghasilkan Foto Berekstensi RAW? Ini Tutorial Cara Aktifkan API Kameranya

Bisakah Xiaomi Redmi Note 3 PRO Menghasilkan Foto Berekstensi RAW? Ini Tutorial Cara Aktifkan API Kameranya
Bisakah Xiaomi Redmi Note 3 PRO Menghasilkan Foto Berekstensi RAW? Ini Tutorial Cara Aktifkan API Kameranya

Sudah menjadi rahasia umum jika salah satu kelebihan dari kamera SLR dan DSLR apalagi mirror less yaitu bisa menghasilkan foto yang mereka eksekusi berupa file mentah atau RAW. Kenapa file foto berekstensi RAW dianggap sebagai sebuah kelebihan? Yup, dengan foto berekstensi RAW maka kamu memilki keleluasaan dalam mengedit foto semisal menaikan atau menurunkan White balance, adanya Highlight Recovery yang mana jika diberi over exposure maka foto akan kehilangan detail sehingga menjadi putih total, namun dengan Highlight Recovery maka kamu bisa mengembalikannya kesemula, serta masih banyak lagi kelebihan dari foto berekstensi RAW.

Sayangnya secara default Xiaomi Redmi Note 3 PRO tidak mendukung hasil foto berekstensi RAW, namun jangan khawatir! Namanya juga xiaomi, pasti para penggunanya banyak yang kreatif. Untuk itu ada caranya agar foto yang dihasilkan oleh Redmi Note 3 PRO bisa menghasilkan file RAW. Perlu diingat, cara ini membutuhkan akses root, jadi pastika Xiaomi Redmi Note 3 PRO kamu sudah dalam keadaan root SuperSU terlebih dahulu. Jika belum silahkan ke sini dulu untuk tutorial root nya. Oke jika syarat di atas sudah terpenuhi, silahkan lanjut pada tutorial di bawah ini.

Bahan:
- Root Explorer di sini | mirror 1 di sini | mirror 2 di sini | mirror 3 di sini
- Kamera FV-5 Plus di sini | mirror 1 di sini | mirror 2 di sini | mirror 3 di sini

Caranya:
1. Silahkan install Root explorer dari sumber di atas

2. Pergi ek direktori System/build.prop
3. Open as text editor lalu gulir paling bawah
4. Tambahkan script berikut ini: persist.camera.HAL3.enabled=1
5. Setelah itu silahkan simpan lalu reboot Redmi Note 3 PRO kamu
6. Setelah itu silahkan install kamera FV-5 kemudian foto mengunakan mode manual
v
Catatan:
- Segala resiko ditanggung penumpang
- Tutorial ini sudah di test pada Xiaomi Redmi Note 3 PRo Special Edition a.k.a Kate dan kemungkinan juga bisa diterapkan pada Kenzo
- Kredit to fayez.rn3@enMiuiForum

Sayangnya file foto berekstensi RAW menghasilkan ukuran file yang cukup besar sehingga bisa memakan ruang penyimpanan Xioami Redmi Note 3 PRO kamu. Untuk itu lebih baik kamu atur defaukt penyimpanan foto eksternal memory untuk berjaga-jaga dari kemungkian penuhnya memory internal. Akan tetapi proses konsekuensi darri mnegubah default penyimpanan tadi ialah proses pengambilan foto menjadi agak lambat. Saran admin coba gunakan Micro SD yang memiliki kecepatan tulis tinggi semisal Sandisk Extreme Edition.

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya