Baru Pertama Kali Punya Smartphone Xiaomi? Bingung Mau Ngapain? Ikuti Panduannya di sini

Mungkinkah Xiaomi Redmi Note 3 PRO Memainkan Game Berbasis Vulkan API? Ini Tutorial Cara Installnya

Pernahkah kamu bertanya-tanya, smartphone kelas mainstream seperti Xiaomi Redmi Note 3 PRO bisakah disuntikkan teknologi API terbaru yaitu Vulkan? Kalau memang ternyata Vulkan bisa dipasangkan pada Redmi note 3 pro, apa saja kelebihan yang akan didapat oleh pengguna xiaomi? Terus apa saja syarat yang dibutuhkan agar Vulkan API bisa terpasang dengan baik di Redmi Note 3 PRO? Tanpa berlama-lama lagi, yuk mari simak tutorial cara install API Vulkan di Xiaomi Redmi Note 3 PRO berikut ini.

Mungkinkah Xiaomi Redmi Note 3 PRO Memainkan Game Berbasis Vulkan API? Ini Tutorial Cara Installnya

Mungkinkah Xiaomi Redmi Note 3 PRO Memainkan Game Berbasis Vulkan API? Ini Tutorial Cara Installnya
Mungkinkah Xiaomi Redmi Note 3 PRO Memainkan Game Berbasis Vulkan API? Ini Tutorial Cara Installnya

Sudah ada yang tahu apa itu Vulkan API? Pengguna Desktop PC atau Komputer Jinjing seperti Laptop pasti sudah pada kenal dengan API Vulkan ini, apalgi suka bermain game. Vulkan API (Application Programming Interface) sendiri merupakan sebuah platform grafis 3D yang sikembangkan langsung oleh Khronos Group. Sederhananya Vulkan API ini ditujukan langsung untuk menghasilkan konten 3D yang lebih baik serta lebih memukai dari pada OpenGL ES meliputi aplikasi, video game serta platform interaktif lainnya, yang mana selama ini OpenGL ES sudah merajai pasar smartphone.

Apa saja kelebihan dari Vulkan API jika diterapkan pada Xiaomi Redmi Note 3 PRO?
Secara umum kelebihan vulkan API sendiri dapat memungkinkan sebuah smartphone seperti xiaomi menjalankan sebuah pemprosesan data yang lebih lancar namun di sisi lain juga bisa mengurangi beban pada prosesor. Selain itu dengan menggunakan API Vulkan dapat memperingan kerja developer game untuk melakukan porting pada game buatan mereka seperti dari android ke windows phone atau sebaliknya dan sebagainya. Ketika Vulkan API di aplikasikan pada Redmi Note 3 PRO tentu akan menghasilkan kinerja yang lebih baik, mengingat pada saat sekarang ini saja, smartphone Xiaomi Redmi Note 3 PRO kelas medium harga entri level bisa melibas game-game berat apalagi ditanamkan teknologi API Vulkan.

Sayangnya secara default teknologi API Vulkan ini belumlah ada di stock rom Miui 8 based android Lollipop, bahkan untuk Android Marshmallow juga belum ada. Jadi jika ingin Xiaomi Redmi Note 3 PRO kamu bisa menggunakan teknologi API Vulkan, maka harus mengguanakan custom rom based Android 7 atau Android Nougat.Oh iya, dengan menggunakn API vulkan maka Xiaomi Redmi Note 3 PRO kamu juga bisa mengunduh dan memainkan game berbasiskan vulkan di google Playstore semisal NFS No Limits Vukan, Heroes of Incredible Tales, Vain Glory Vulkan, dan berbagai macam game yang sudah men dukung API Vulkan ini. Okey kita masuk ke intei dari tutorial ini.

Bahan:
- Vulkan Installer khusus untuk Redmi Note 3 PRO di sini | Mirror di sini

Caranya:
1. Ambil vulkan installer di atas kemudian taruh di internal memory redmi note 3 pro kamu
2. Seperti biasa masuk ke mode custom TWRP
3. Pilih install > arahkan ke Vulcan installer
4. Langsung reboot saja

Nah untuk mengaktifkan vulkan ini agar bisa mengunduh game android berbasis vulkan API bisa menggunakan tutorial berikut ini.

Bahan:
- Vulkan API Enabler di sini | mirror di sini

Caranya:
1. Siapkan Vulcan Enabler di atas
2. Masuk ke mode recovery
3. Pilih install > arahkan ke vulcan enabler > swipe ke kanan untuk memulai proses instalasi
4. Reboot
5. Selesai

Catatan:
- Ada baiknya sebelum menginstall Vulkan API ini, rom yang sedang kamu gunakan sekarang dibackup terlebih dahulu vai custom TWRP
- Segala resiko ditanggung penumpang
- Kredit to Sudeep Duhoon@XDAForumDeveloper

Sejauh ini baru ada Samsung S7 yang sudah mendukung vukan API secara penuh, dalam artian secara default pun rom samsung s7 memang sudah dibenamkan Vulcan API. Nah sekarang muncul pertanyaan "Jika Xiaomi Redmi Note 3 PRO berprosesor Snapdragon 650 saja sudah bisa menggunakan API vuklcan, bagaimana dengan ponsel xiaomi kelas flagship semisal Mi5, Mi5s/Plus, Mi Note 2, dan Mi Mix yang sudah menggunakan Snapdragon 820 dan 821? So pasti bisa, tinggal tunggu saja versi Android 7 Nougat di Miui 8 terbaru sekarang. mengingat game berbasis vulkan juga belum banyak yang beredar dan masih didominasi oleh OpernGL ES. Okey sekian tutorial cara menginstall Vulkan API di Xiaomi Redmi Note 3 PRO. Jika ada yang kurang dipahami terkait tutorial ini silahkan tulis di kolom komentar dan jangan lupa untuk selalu mendukung website ini dengan cara +1, like, dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com

Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya