Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Pingin Beli Powerbank Xiaomi tapi Khawatir Dapat yang Palsu/Fake? Ini Beberapa Tips Cara Membedakannya!

Kapasitas baterai smartphone xioami kamu diarasa masih kurang dan berencana dalam waktu dekat ini ingin membeli powerbank keluaran xiaomi? Namun gegara banyaknya produk fake atau powerbank palsu keluaran xioami, membuat kamu khawatir serta bingung bagaimana cara membedakan mana power xiaomi yang original dan mana yang palsu? Okey bersama admin miuitutorial.com, mari kita bahas tuntas perbedaan keduanya secara mendetail.

Pingin Beli Powerbank Xiaomi tapi Khawatir Dapat yang Palsu/Fake? Ini Beberapa Tips Cara Membedakannya!

Pingin Beli Powerbank Xiaomi tapi Khawatir Dapat yang Palsu/Fake? Ini Beberapa Tips Cara Membedakannya!
Pingin Beli Powerbank Xiaomi tapi Khawatir Dapat yang Palsu/Fake? Ini Beberapa Tips Cara Membedakannya!

Di jaman serba internet ini, smartphone sudah menjadi sebuah kebutuhan wajib bagi setiap orang. Fenomena semacam ini tidak hanya berlaku di kota-kota saja, melainkan juga untuk orang yang tinggal di pinggiran kota, bahkan yang tinggal di daerahpun sudah tidak asing lagi dengan yang namanya smartphone. Bisa dibilang smartphone sudah 11-12 lah dengan nokia 3310 haha.. Saking sudah menjadi barang yang lumrah, setiap orang bisa memiliki lebih dari 1 smartphone.

Penggunaan smartphone yang meningkat tajam ini juga diimbangi dengan kebutuhan akan powerbank. Yup powerbank, sebuah alat atau device yang fungsinya menyimpan sejumlah daya listrik yang bisa digunakan untuk mentransfer daya yang sudah disimpan sebelumnya melalui proses charging ke beberapa device eletronik semisal smartphone, smartwatch, mp3 player, bluetooth headset, bahkan ada yang sampai bisa ngecharge laptop loch! Sudah menjadi rahasia umum jika smartphone rakus akan daya baterai. Nah kebutuhan akan powerbank ini dimanfaatkan oleh sejumlah vendor besar bahkan sampai yang kecil untuk memproduksi powerbank versi mereka. Beberapa diantaranya adalah Asus Zenpower, powerbank AUKEY, UNEED, dan Anker.

Nah buat pengguna smartphone xiaomi pasti sudah tidak asing lagi dengan powerbank keluaran xiaomi, mulai dari varian 5000 mAH, 10400 mAh, 10000 mAH, 20000 mAH, Xiaomi powerbank PRO with USB type-C 10000 mAH, dan yang terakhir adalah xiaomi powerbank PRO 2 10000 mAH with micro USB version. Untuk lebih jelasnya bisa kamu lihat beberapa gambar di bawah ini:

Pingin Beli Powerbank Xiaomi tapi Khawatir Dapat yang Palsu/Fake? Ini Beberapa Tips Cara Membedakannya!

Semua orang pasti sudah tahu jika smartphone xioami itu asalnya dari negeri china, diproduksi juga di china, prusahaan asli china, bahkan sering disebut sebagai apple dari china tapi lucunya powerbank keluaran xiaomi juga ada loch yang versi kloningannya atau versi palsu a.k.a fake dan yang membuat versi fake tersebut juga orang dari negaranya sendiri. Padahal kita tahu bersama bahwa hampir semua produk xiaomi memiliki harga yang kompetitif bahkan bisa dibilang murah, lah versi KW nya kek gimana lagi? Sebagai perbandingan harga sebuah powerbank original xiaomi 10000 mAh berkisar di antara Rp 110.000,- hingga Rp 160.000,- sedangkan untuk yang versi KW bisa lebih gila lagi yaitu Rp 50.000,-an saja, tapi tidak menutup kemungkinan power xiaomi yang palsu/fake juga memiliki rentang harga yang sama loch!

Nah jika sudah tahu seperti itu, agar tidak mudah tertipu dengan iming-iming powerbank murah dari xiaomi, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membedakan mana power xiaomi original dan mana yang palsu atau fake.

1. Rentang Harga
Seperti yang sudah admin singgung di atas tadi, rantang harga baik powerbank xiaomi kapasitas 10000 mAH dan 10400 mAh berkisar di antara Rp 110.00,- sampai Rp 160.000,- sedangkan untuk kapasitas 20000 mAh bisa sampai Rp 300.000,- hingga Rp 380.000,-. Untuk yang versi 5000 mAh di kisaran Rp 150.000,-an dan yang terbaru adalah xiaomi powerbank pro with type-C adalah Rp 200.000,- hingga Rp 400.000,-. Dengan rentang harga seperti itu kamu sudah mengetahui secara kasat mata mana powerbank xaiomi yang asli/original dengan powerbank xiaomi abal-abal

2. Perbedaan Ciri Fisik pada Indikator lampu dan warna slot USB
Perhatikan gambar di bawah ini. Apabila kamu teliti, pada powerbank xiaomi fake memiliki ukuran indikator lampu yang kecil ketimbang yang original. Memang cukup sulit untuk membedakannya terlbih jika kamu belum melihat yang original dengan yang fake, namun dengan gambar ini sudah cukup bisa memberikan perbedaan keduanya. Selain itu untuk urusan warna, powerbank original xioami memiliki plastik slot USB berwana agak putih gelap, sedangkan yang fake memiliki warna plastik slot USB terang.

Pingin Beli Powerbank Xiaomi tapi Khawatir Dapat yang PalsuFake Ini Beberapa Tips Cara Membedakannya!

3. Warna Tulisan Pada Label Kapasitas
Pada bagian label kapasitaspun bisa kamu perhatikan bahwa powerbank original xiaomi memiliki gradasi warna yang cukup mencolok, selain itu tulisan kapasitasnya beserta tulisan lain agak timbul sehingga kamu bisa merasakannya melalui sentuhan tangan,

sedangkan powerbank xiaomi palsu tulisan kapasitas serta yang lainnya terlihat kabur, jadi boro-boro bisa dirasakan tulisan timbulnya dengan sentuhan tangan. Tapi jangan juga terkecoh, ada juga powerbank fake xiaomi yang tulisannya terang tapi lagi-lagi tidak timbul tulisannya.


Pingin Beli Powerbank Xiaomi tapi Khawatir Dapat yang Palsu/Fake? Ini Beberapa Tips Cara Membedakannya!

4. Ketajaman Warna Logo Mi
Seperti halnya gradasi warna tulisan kapasitas tadi, untuk urusan logo Mi pada powerbank xiaomi juga berbeda antara yang original dengan yang fake. Dimana powerbank original xiaomi memiliki warna yang jelas/terang sehingga dengan mudah kamu dapat membacanya, sedangakan logo Mi pada powerbank palsu terlihat samar.
Pingin Beli Powerbank Xiaomi tapi Khawatir Dapat yang Palsu/Fake? Ini Beberapa Tips Cara Membedakannya!

5. Nomor Serial pada Cell Baterai
Kalau yang satu ini memang cukup sulit untuk dilihat, mengingat untuk bisa melihat serial pada cell baterai kamu harus melakukan pembongkaran pada powerbank xiaomi tersebut. Powerbank original xiaomi selalu menggunakan cell baterai berkualitas buatan Samsung, LG. Selain itu disetiap baterainya terdapat nomor serial beserta kapasitas tiap-tiap baterai, sedangkan cell baterai yang digunakan oleh powerbank fake xiaomi tidak memiliki nomor serial sama sekali. Selain itu powerbank xiaomi palsu juga terdiri dari 2 baterai asli dan 2 baterai lainnya adalah dummy. Ya jadi 50% asli 50% dummy. Jika kamu buka cell baterai tersebut menggunakan tang atau obeng, maka kamu akan mendapati sejumlah pasir di dalamnya. Yup!! pasir.. bukan cairan atau komponen menyusun baterai. Ngenes banged kan!?

Pingin Beli Powerbank Xiaomi tapi Khawatir Dapat yang Palsu/Fake? Ini Beberapa Tips Cara Membedakannya!

6. Kompleksitas Sircuit atau Motherboard Powerbank
Soal komplkesitas motherboad juga bisa kamu bandingkan antara powerbank original xiaomi dengan yang palsu. Yang mana motherboard asli memiliki kompleksitas yang tinggi selain itu juga dilengkapi dengan beberapa sirkuit pengaman arus pendek berkualitas tinggi sehingga terhindar dari konsliting. Selain itu juga dilengkapi dengan chip autocut power. Jadi semisal smartphone xioami kamu sudah terisi penuh maka secara otomatis daya yang disalurkan dari powerbank ke smartphone akan terputus sendiri.

Pingin Beli Powerbank Xiaomi tapi Khawatir Dapat yang Palsu/Fake? Ini Beberapa Tips Cara Membedakannya!

Sekarang coba kamu bandingjkan dengan powerbank xiaomi fake, pokoknya asal jalurnya kesambung saja, juga tidak dilengkapi pengaman daya, sekalipun ada pasti menggunakan komponen kualitas rendah. Sehingga rawan akan terjadinya over charge maupun konsleting.

7. Adanya Logo Mi Kecil di dalam Slot USB
Ini yang bisa dibilang ciri yang paling mudah membedakan. Setiap powerbank xiaomi original pasti di dalam slot USB nya itu terdepat logo mi kecil, sedangkan yang palsu polosan tidak ada sama sekali. Hal ini sudah admin buktikan sendiri pada powerbank Xiaomi 10000 mAh yang admin beli.

Okey, setelah mengetahui perbedaan antara powerbank xiaomi original dengan yang palsu, sekarang giliran alasan kenapa kamu harus membeli powerbank xiaomi ketimbang memilih powerbank dari vendor lain. Berikut adalah kelebihan dari power xiaomi orirginal:

1. Kapasitas powerbank real atau sesuai dengan yang tertera di kemasan
Sudah pasti! salah satu kelebihan membeli powerbank original xiaomin adalah kapasitas yang tertera sama dengan aslinya. Jadi memang benar-benar bisa digunakan untuk melakukan pengisian daya beberapa kali. Berbeda dengan powerbank palsu yang label kapasitanya wah banged, hampir sudah ngalahin mensin genset tapi nyatanya cuma bisa digunakan 1 atau 2x pengecasan saja. Selebihnya wassalam. Contoh nyatanya powerbank dengan embel-embel merek samsung (pastinya sudah pada tahu ini kan) hahaha..

2. Terhindar dari resiko konsleting atau arus pendek
Dikarenakan powerbank xiaomi menggunakan komponen yang berkualiatas seperti adanya fitur autocut sehingga bisa terhindar dari over charge membuat smartphone Xioami kamu terhindar dari masalah arus pendek

3. Build Quality yang Bagus
Point ketiga ini juga tak bisa dipungkiri. Powerbank original xioami kualitasnya bangus bnged, admin sudah punya satu versi 10000 mAh dan benar-benar solid. Kalau tidak percaya coba kamu bandingkan dengan powerbank abal-abal ke samsung berkapasitas segede genset wkwkwk..

4. Harga yang Bersahabat
Sudah dari smartphonenya memang terkenal dengan harga murah plus spesifikasi tinggi, jadi jika ditarik garis lurus dengan powerbank nya juga sama. Bahkan powerbank original pun jika di diskon udah berasa beli yang fake aja, soalnya harganya jadi murah banged. Contohnya admin pas beli powerbank original xiaomi 10000 mAh sudah termasuk ongkir kena cuma Rp 110.000,-

5. Punya Integrasi yang Baik dengan Gadget Xiaomi Lainnya
Jika kamu punya xiaomi LED yang original juga pastinya, coba sekarang kamu sambungkan ke xiaomi powerbank, pasti secara otomatis akan menyala lampu LED nya dan ketika kamu tekan tombol power di powerbank tersebut maka secara otomatis juga xiaomi LED akan padam.

6. Lebih keren dan Percaya Diri
Hehehe.. kalau point ke-6 ini sudah pasti pada tahulah ya..

Agar terhindar dari membeli powerbank xiaomi palsu, berikut beberapa tips cara membeli powerbank xiaomi original:

1. Belilah di Penjual Terpercaya
Ini point penting, belilah powerbank xiaomi di penjual yang terpecaya, entah itu toko offline maupun online. Bagaimana caranya mengetahui apakah penjual tersebut terpecaya atau tidak yaitu dengan melihat reputasinya, mulai dari total transaksi yang berhasil, dan jumlah ulasan positif. Selain itu tanyakan juga bagaimana proses retur sehingga memudahkan kamu dalam proses claim garansi.

2. Cek Barcode
Hampir semua powerbank original xiaomi memiliki barcode yang berisi 20 angka unik yang fungsinya untuk mengecek apakah powerbank xioami yang kamu beli original atau palsu.

3. Cek via Ampere Meter
Agar lebih yakin lagi, silahkan untuh ampere meter di Playstore kemudian cek apakah arus yang keluar sama dengan yang tertera di kemasan. Umunya powerbank xioami sekarang sudah mendukung quick charge 2.0

Berikut ini adalah video unboxing powerbank original xiaomi 10.000 mAh dan coba kamu bedakan dengan powerbank xiaomi yang sudah kamu miliki sekarang. Apabila memiliki ciri-ciri yang sama berarti bisa dipastikan powerbank xiaomi yang kamu miliki tersebut adalah original

Sekian kupas tuntas perbedaan antara power xiaomi original dengan yang palsu atau fake, semoga tips ini bermanfaat buat kamu yang sedang ingin membeli powerbank terkhusus keluaran xiaomi. Apabila kamu memiliki tips lain terkait cara membedakannya, silahkan tulis di kolom komentar. Jangan lupa follow, +1, like dan bagikan. Tetap semangat di hari senin, salam admin miuitutorial.com

Sekian kupas tuntas perbedaan antara power xiaomi original dengan yang palsu atau fake, semoga tips ini bermanfaat buat kamu yang sedang ingin membeli powerbank terkhusus keluaran xiaomi. Apabila kamu memiliki tips lain terkait cara membedakannya, silahkan tulis di kolom komentar. Jangan lupa follow, +1, like dan bagikan. Tetap semangat di hari senin, salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya