Xiaomi Mi4c Kamu Tidak Bisa Install Custom Rom Based Android Nougat? Coba Tutorial Update Bootloader Berikut Ini!

Padahal Xiaomi Mi4c kamu sedang menggunakan Miui 8 based android Nougat namun tidak bisa menginstall custom rom, menggunakan custom TWRP recovery yang based androidnya adalah Lollipop? atau malah sebaliknya Mi4c kamu sedang menggunakan rom miui 8 based Android Lollipop namun tidak bisa menggunakan custom rom Based Nougat? Apa yang salah sebenarnya? Menurut admin sih kamu harus melakukan update dan downgrade Bootloader. Selengkapnya akan admin bahas berikut ini.

Xiaomi Mi4c Kamu Tidak Bisa Install Custom Rom Based Android Nougat? Coba Tutorial Update Bootloader Berikut Ini!

Xiaomi Mi4c Kamu Tidak Bisa Install Custom Rom Based Android Nougat? Coba Tutorial Update Bootloader Berikut Ini!
Xiaomi Mi4c Kamu Tidak Bisa Install Custom Rom Based Android Nougat? Coba Tutorial Update Bootloader Berikut Ini!

Kasus seperti yang admin sudah jelaskan di atas memang cukup unik dan bisa jadi tidak semua orang sadar pernah mengalaminya kemudian melewatkan hal tersebut sehingga masalah seperti ini tidak pernah terselesaikan. Admin sendiri secara pribadi pernah mengalami situasi seperti ini, namun bukan pada Xiaomi Mi4c, tepatnya pada Mi5 pro yang pernah admin buat tutorial cara penyelesaiannya di sini. Secara garis besar memang masalah yang pernah admin temui tersebut, cara penyelesaiannya adalah dengan melakukan update bootloader. Hal ini didasari oleh perbedaan based file/bootloader yang berbeda antara versi android Lollipop dan Nougat. CMIIW

Agar perbedaan ini bisa dihilangkan, maka yang perlu kamu lakukan ialah mengganti bootloader sebelumnya dengan bootloader yang baru. Hanya saja untuk bisa melakukan instruksi ini, Xiaomi Mi4c kamu harus sudah dalam keadaan unlock bootloader terlebih dahulu, jadi buat yang Mi4c nya masih locked bootloader, bisa mengikuti tutorial unlock nya di sini. Jika syarat unlock bootloader tadi sudah terpenuhi, mari kita mulai.

Bahan:
- Firmware Update 7.2.9 di sini
- Firmware Update 7.2.16 di sini
- Firmware Update 7.2.23 di sini

Cara: Update Bootloader Android 7 Nougat MIUI
1. Ambil salah satu Firmware update di atas, kemudian install seperti biasa melalui custom TWRP recovery
2. Lanjut install TWRP yang cocok untuk bootloader Nougat, contohnya TWRP 3.0.3.1 by AndropaX yang bisa kamu ambil di sini atau juga bisa TWRP ZCX, tapi ingat yang basednya itu android Nougat (untuk tutorial cara install TWRP tanpa komputer dapat kamu ikuti caranya di sini)
3. Silahkan install custom rom yang kamu kehendaki

Cara: Downgrade Bootloader ke Android 5 Lollipop (Buat yang ingin kembali lagi ke based Android Lollipop)
1. Ambil Firmware Downgrade 6.12.22 di sini, kemudian pindahkan ke internal memory Mi4c
2. Masuk ke mode TWRP kemudian flashing seperti biasa
3. Lanjut install custom TWRP based Android Lollipop, bisa ZCX dan lainnya
4. Baru kamu install custom rom based Lollipop

Catatan:
- Segala resiko wajib ditanggung penumpang
- Kredit to TØMMÝ ÖCÉ@FacebookgrupMi4c

Apabila kamu menemui kendala semisal Xiaomi Mi4c kamu tidak bisa masuk mode TWRP atau bahkan tidak bisa menginstall TWRP itu sendiri seperti pada gambar di bawah ini:

Xiaomi Mi4c Kamu Tidak Bisa Install Custom Rom Based Android Nougat Coba Tutorial Update Bootloader Berikut Ini!

coba cek status bootloader kamu (cara ceknya ada di sini), jika benar memang sudah ter-locked lagi, coba unlock melalui mi unlock tool. Sejatinya inti dari tutorial ini adalah me-replace file bootloader sebelumnya dengan yang baru atau yang kamu inginkan. Namun memang dalam prosesnya terkadang menemui kendala semisal Bootloader terkunci kembali. Sekian tutorial kali ini, silahkan follow akun google plus admin agar notifikasi komentar masuk, +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url