Xiaomi Mi5 Gemini Sekarang Bisa Menggunakan 3D Touch ala iPhone? Cek Tutorialnya Berikut Ini!

Bisakah fitur unik di Xiaomi Mi5s yaitu 3D Touch atau Force Touch digunakan juga pada Xiaomi Mi5? Pertanyaan menarik nih lantaran admin juga pengguna Xiaomi Mi5 PRO. Kalaupun bisa, apa saja syarat-syarat yang dibutuhkan agar fitur Force Touch tersebut bisa di implementasikan pada Xiaomi Mi5? "Ga sabaran banged nih dengan tutorialnya?! hehe..." yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Xiaomi Mi5 Bisa Menggunakan 3D Touch a.k.a Force Touch? Emang Bagaimana Caranya? Simak Tutorial Lengkapnya Berikut Ini!

Xiaomi Mi5 Gemini Sekarang Bisa Menggunakan 3D Touch ala iPhone? Cek Tutorialnya Berikut Ini!
Xiaomi Mi5 Gemini Sekarang Bisa Menggunakan 3D Touch ala iPhone? Cek Tutorialnya Berikut Ini!

Salah satu yang mencolok fitur unik yang dibawa oleh smartphone flagship terbaru dari Xiaomi pada Mi5s selain tombol Home nya yang tidak bisa di klik lagi seperti Mi5 adalah fitur 3D Touch atau Force Touch. Pasti sudah pada tahu kan dengan fitur 3D Touch ini?! Itu tuh fitur yang ada pada iPhone 6s dan juga generasi berikutnya iPhone 7 dan iphone 7 Plus. Sederhananya dengan fitur 3D Touch ini kamu bisa membuka shortcut atau jalan pintas terhadap aplikasi yang kamu tuju tanpa harus repot-repot membuka aplikasi tersebut dengan menekan lebih dalam pada icon aplikasinya. Buat yang masih bingung bisa melihat contoh gambar di bawah ini.

Pada smartphone Android sendiri lebih dikenal dengan istilah Force Touch (nama lain dari 3D Touch). Seperti yang sudah admin singgung di atas tadi, untuk smartphone keluaran xiaomi sendiri, baru ada Xiaomi Mi5s yang bisa menggunakan fitur Force Touch ini, hemm,,.. kayak fitur eksklusif Edge Control gitu kepunyaan Mi 4c (baca juga cara fix Ghost Touch pada xiaomi Mi 4c di sini). Sekedar info saja, tidak semua varian Xiaomi Mi5s kebagian fitur 3D Touch atau Force Touch ini, hanya versi RAM 4GB dengan memory penyimpanan internal 128GB saja yang mendapatkannya. Lantas bagaimana dengan Xiaomi Mi5? Itu tuh yang ada tombol Home dan Logo Mi nya di pojok kiri atas. Ternyata fitur Force Touch ini juga bisa diterapkan pada Gemini. Namun ada syarat khususnya yaitu panel Touchscreen dan Layarnya adalah buatan LGD. Agar bisa mengetahui panel apa yang sedang kamu gunakan sekarang pada Xiaomi Mi5, bisa dengan menginstall aplikasi bernama AIDA64 di Playstore dan jika benar menggunakan display LGD. Lanjut simak tutorial cara mengaktifkan fitur 3D Touch nya di bawah ini.

Bahan:
- Mod 3D Touch untuk Xiaomi Mi5 di sini
- SuperMod Force Touch untuk Xiaomi Mi5 di sini
- Root Explorer di sini | mirror 1 di sini | mirror 2 di sini | mirror 3 di sini

Caranya:
1. Silahkan ambil salah satu mod di atas kemudian pindahkan ke internal memory Mi5 kamu
2. Buat yang belum punya root explorer, ambil saja aplikasinya di atas
3. Jalankan root explorer lalu pergi ke direktori system/app/miuisystem/ lalu rename miuisystem.apk yang asli menjadi miuisystem.bak, lalu kamu pindahkan miuisystem.apk yang kamu ambil tadi ke direktori tersebut
4. Jangan lupa untuk merubah permissionnya menjadi -rw--r--r
5. Kemudian reboot Xiaomi Mi5 kamu

Catatan:
- Segala resiko wajib ditanggung penumpang
- Agar fitur Force Touch aktik, silhakn lakukan aktivasi via pengaturan
- Untuk saat ini baru aplikasi xiaomi saja yang bisa dimaksimalkan fitur 3D Touch nya
- Kredit to Ananda Putra@facebookgrupmi5/mi5s/mi5s+

Pertanyaan yang sering timbul dalam tutorial ini adalah apakah panel display buatan lain seperti Jdi J1 dan Sharp bisa menggunakan fitur 3D Touch atau Force Touch juga? Jawabannya adalah tidak bisa lantaran fitur Force Touch juga membutuhkan hardware display dan Touchscreen yang memang sudah mendukung sensor tekanan pada layar, seperti halnya display pada panel LGD (sikngkronisasi antara hardware dan software). Secara umum Xiaomi Mi5 memiliki 3 jenis panel layar yaitu buatan Jdi J1 yang paling sering ditemui (termasuk Mi5 PRO admin juga menggunakan panel display ini), yang kedua adalah keluaran Sharp serta yang terakhir adalah buatan LGD. "Bukannya Mi5s juga ada yang menggunakan panel buatan Jdi J1?" yup memang benar mi5s juga menggunakan panel Jdi J1, tapi kan jenis panel ini tidak hanya punya satu versi saja, nah versi panel Jdi J1 yang ada pada Mi5s itu sudah mendukung sensor tekanan jadi ada fitur 3D Touchnya. "Bagaimana kalau tetap dipaksakan menggunakan mod Force Touch ini pada Xiaomi Mi5 yang menggunakan panel Jdi J1 dan Sharp?" jawabannya adalah fitur 3D Touch akan tetap aktif sekalipun kamu tidak menekan icon tersebut agak lama.

Oh iya, fitur 3D Touch a.k.a Force Touch untuk sekarang ini masih sebuah Gimmick, apa itu gimmick? yah kayak fitur ada namun tiada, sederhananya itu juga jarang digunakan. Anggap saja sebagai pelengkap buat keren-kerenan juga. Beda cerita fitur 3D Touch pada iphone yang sepertinya cukup sukses diterapkan lantaran iOS adalah sistem operasi tertutup yang mengharuskan para developer untuk mengikuti kaidah Apple jika ingin tetap bisa bertengger di iDevice. Okey sekian tutorial dan seabrek penjelasan terkait cara menerapkan fitur 3D Touch pada Xiaomi Mi5 Gemini, silahkan tulis di kolom komentar apabila ada yang kurang dipahami, dan jangan lupa follow akun google plus admin agar notifikasi komentarnya masuk serta +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url