Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Bagaimana Cara Meningkatkan Kualitas Suara Musik Smartphone Xiaomi Tanpa Root SuperSU Seperti Dolby Atmos?

Pingin pasang Dolby Atmos di smartphone Xiaomi tapi bingung lantaran semua tutorial yang pernah dibuat oleh miuitutorial.com dikhususkan untuk pengguna yang sudah root superSU? Padahal ponsel Xiaomi kamu belum root lantaran memang karena suatu alasan semisalnya agar dapat update OTA, atau suka bermain game seperti pokemon GO, dan lain sebagainya yang secara sengaja memang memblokir para pengguna root superSU. Apakah ada cara lain meningkatkan kualitas suara musik pada ponsel Xiaomi tanpa harus repot root segala? Tentunya ada dan ini yang akan admin bahas.

Bagaimana Cara Meningkatkan Kualitas Suara Musik Smartphone Xiaomi Tanpa Root SuperSU Seperti Dolby Atmos?

Bagaimana Cara Meningkatkan Kualitas Suara Musik Smartphone Xiaomi Tanpa Root SuperSU Seperti Dolby Atmos?
Bagaimana Cara Meningkatkan Kualitas Suara Musik Smartphone Xiaomi Tanpa Root SuperSU Seperti Dolby Atmos?

Buat yang sudah lama kenal dengan dunia audio, kebanyakan memandang jika kualitas suara musik yang dikeluarkan oleh perangkat seluler seperti Xiaomi ini kurang begitu mumpuni, sehingga dibutuhkan seperangkat pemutar musik khusus beserta DAC dan AMP nya plus IEM atau Earbud yang mumpuni. Kalau yang punya uang banyak sih tidak apa-apa. Nah bagiamana dengan kaum kere hore yang kalau bisa tidak membeli perangkat-perangkat mahal tadi (seriusan harga DAC dan AMP yang standar aja di kisaran 1jt-an seperti fiio, JDSLabs CmoyBB, belum lagi yang tingkat advanced Seperti mojo 8 hingga 9 juta, picollo kisaran 5 juta dan sebagainya. Belum lagi harga kabel penyambungnya yang akalu orang awam lihat bakal ngira Rp 10.000,- padahal ada di kisaran 300rb hingga 500rb. Pokoknya beli yang seperti itu jangan sampai tahu bini dech, hahaha..). Tentu saja ada yaitu dengan menginstall mod Dolby Atmos seperti yang sudah admin bagikan beberapa tutorialnya di sini, di sini, dan di sini.

Nah masalahnya ialah agar bisa menginstall mod Dolby Atmos tadi, smartphone Xiaomi kamu harus sudah dalam keadaan root, belum lagi sekarang ini semua bootloader ponsel Xiaomi secara default sudah dikunci. Jadilah jika ingin root superSU maka kamu diharuskan untuk unlock bootloader terlebih dahulu seperti tutorial yang pernah admin bagikan di sini. Lantas bagaimana dengan pengguna non root? Admin punya solusinya yaitu dengan menginstal aplikasi Amp digital bernama Noozxoide EIZO-rewire PRO plus sedikit pengaturan manual dibagian equalizer dan audio enhancement. Admin sudah test sendiri aplikasi ini di Xiaomi Mi5 Pro dan hasilnya cukup memuaskan. Di dalam aplikasi Noozxoide EIZO-rewire PRO juga memberikan banyak pengaturan yang bisa disesuaikan dengan selera telinga kamu.

Bahan:
- Noozxoide EIZO-rewire PRO di sini

Caranya:
1. Ambil aplikasi di atas lalu install seperti biasa di ponsel Xiaomi kamu
2. Sambungkan Headset ke lubang jack Xiaomi
3. Masuk ke aplikasi musik lalu tekan titik tiga (di bawah cover album) > pilih Headphone & Efek Audio > Equalizer > lalu lakukan pengaturan seperti pada gambar di bawah ini:

Bagaimana Cara Meningkatkan Kualitas Suara Musik Smartphone Xiaomi Tanpa Root SuperSU Seperti Dolby Atmos

4. Pada bagian Mi Sound enhancement, pilih Mi Earbuds

Bagaimana Cara Meningkatkan Kualitas Suara Musik Smartphone Xiaomi Tanpa Root SuperSU Seperti Dolby Atmos

5. Jalankan aplikasi Noozxoide EIZO-rewire PRO > pilih Line Out > kemudian silahkan kamu atur sendiri sesuai selera
- Deliver balanced natural soundstage and premium bass: dicentang
- Digital presets: Gaming (PSYC) (VSUR)
- Create VSUR on prectical monitors and widen the soundstage: dicentang
- Create room size: Live II
6. Kemudian putar musik yang kamu sukai
7. Untuk mengembalikan pengaturan tadi, pilih Load Laboratory Default
8. Supaya lebih mudah dipahami, sudah admin buatkan juga tutorialnya dalam bentuk video di bawah ini:


Catatan:
- Rentang Equalizer di atas bisa kamu sesuaikan sendiri

Tutorial mod tuning musik Xiaomi di atas akan efektif jika kamu menggunakan IEM original Xiaomi atau yang berkualitas sperti Sony, Philips, Zero Audio, Sabia dan lainnya, bukan yang KW 30rb-an di konter. Mungkin dari kamu banyak yang mengatakan, pakai saja Aplikasi Musk PowerAmp yang ada di Playstore dari pada harus repot-repot install ini itu dan setting ini itu. Tapi memang ada orang yang lebih suka player musik bawaan Miui karena alasan tidak mau banyak player musik atau lebih suka karakter suaranya. Oh iya, dikarenakan tutorial ini tidak memerlukan akses root sama sekali, jadi bisa diterapkan juga pada Xiaomi tipe lain seperti Redmi Note 3 PRO, Redmi 2/prime, Redmi 3/PRO, Redmi 3s/x/Prime, Redmi 4/A/X/prime, Mi5s/Plus, Mi Note 2, Mi Note/PRO, Mi Mix, Mi MAX, Redmi 1s, Redmi Note 4x, Redmi Note 4 MTK, Redmi Note 3 MTK, Redmi Note 2/Prime, Redmi pro, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa +1, like dan bagikan. Salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya