Dicari Hingga Ke Ujung Dunia Pun: Engineering Mode di Smartphone Xiaomi Kamu Hilang? Ini Tutorial Cara Mengembalikannya

Apa itu engineering mode? Buat pengguna Smartphone Xiaomi berbasis prosesor Mediatek pasti sudah tidak asing lagi dengan menu engineering. Nah masalahnya ialah apa jadinya jika menu sakral ini malah hilang bin lenyap dari Smartphone Xiaomi? Padahal melalui engineering mode tersebut pengguna ponsel xiaomi bisa melakukan banyak hal. Lantas bagaimana cara memunculkannya kembali? Melalui tutorial ini admin akan kasih tips singkatnya, simak berikut ini.

Dicari Hingga Ke Ujung Dunia Pun: Engineering Mode di Smartphone Xiaomi Kamu Hilang? Ini Tutorial Cara Mengembalikannya

Dicari Hingga Ke Ujung Dunia: Engineering Mode di Smartphone Xiaomi Kamu Hilang? Ini Tutorial Cara Mengembalikannya
Dicari Hingga Ke Ujung Dunia: Engineering Mode di Smartphone Xiaomi Kamu Hilang? Ini Tutorial Cara Mengembalikannya

Akhir-akhir ini admin sudah cukup jarang melihat mod Xiaomi yang menggunakan prosesor Mediatek, entah itu karena pihak Xiaomi lebih suka menggunakan prosesor Snapdragon by Qualcomm atau memang lantaran Mediatek pelit source. Intinya sih memang admin sudah jarang lihat. Kalau benar-benar hilang sih engga, mengingat baru-baru ini admin membuat tutorial cara mengatasi error Unknown Device MT67xx melalui tutorialnya di sini. Sekali muncul bukan tentang mod tapi malah masalah baru, seperti yang akan admin bahas kali ini yaitu cara memunculkan kembali opsi engineering mode pada device Mediatek.

Secara umum engineering mode adalah semacam menu yang dikhususkan untuk device Mediatek, dalam hal ini adalah Xiaomi yang fungsinya untuk melakukan test pada hardware yang sudah terpasang pada perangkat. Selain hardware, pengujian juga bisa dilakukan pada software terkait. Adapun pengujian hardware yang dimaksud meliputi panel display, sensor, module kamera, speaker, baterai, wifi, lampu, kartu sim dan sebagainya. Nah jadi sekarang kamu sudah tahu kan pengertian serta fungsi dari engineering mode tersebut. Buat sebagai besar pengguna awam sih tidak jadi masalah jika engineering mode ini hilang, tapi kalau sudah terjadi apa-apa semisal Imei hilang alias Imei Null, baru dech pada gelagapan mencarinya, haha.. Agar bisa menjalankan tutorial ini, pastikan Smartphone Xiaomi kamu sudah dalam keadaan root superSU, jika belum bisa mampir ke kategori cara root di sini. Adapun cara memunculkan kembali engineering mode tersebut sebagai berikut:

Bahan
- Root explorer ++ di sini atau juga bisa menggunakan Solid Explorer di sini

Caranya
1. Ini satu lagi yang penting, dalam proses mengembalikan engineering mode ini, usahakan ponsel Xiaomi kamu dalam mode Pesawat, karena jika tidak bisa berisiko menghilangkan IMEI kamu
2. Ambil salah satu aplikasi explorer di atas kemudian install aplikasi tersebut
3. Pergi ke direktori /data/nvram/APCFG atau di /nvdata/APCFG/APRDCL (cek keduanya)
4. Buka folder "APRDCL" lalu backup folder tersebut ke Micro SD atau ke komputer kamu agar jika terjadi sesuatu bisa dengan mudah merestorenya.
5. Hapus folder "APRDCL"
6. Reboot ponsel Xiaomi
7. Nah biasanya pengaturan engineering mode akan kembali lagi (*#*#64663#*#* atau *#*#6484#*#*)
8. Selesai

Segala resiko dari tutorial ini ditanggung penumpang. Biasakan untuk membacanya hingga selesai, setelah yakin baru dipraktekkan. Silahkan tulis di kolom komentar jika ada yang kurang dipahami terkait tutorial cara memunculkan kembali engineering mode pada smartphone Xiaomi berprosesor Mediatek seperti Redmi Note 3 Mediatek, Redmi Pro, Redmi Note 4 Mediatek, Redmi Note 3G Wcdma. Bantu admin untuk selalu +1, like dan bagikan tutorial ini. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url