Keseringan Pakai Fingerprint Sampai Lupa Kunci Pola Smartphone Xiaomi Sendiri? Ini Tutorial Cara Resetnya

Saking seringnya menggunakan fitur fingerprint sampai lupa alur pola kunci yang telah kamu buat di smartphone Xiaomi? Lantaran pernah kelihatan oleh pacar (kalau istri ga apa lah yach), atau teman sehingga kamu khawatir serta ingin segera merubah pola lockscreen tersebut agar semua data-data penting yang tersimpan di dalam ponsel Xiaomi aman dari tangan-tangan jahil. Kan repot juga kalau sampai kesebar, bikin admin dan agan-agan lain buat miring-miringi monitornya, hahaha..

Keseringan Pakai Fingerprint Sampai Lupa Kunci Pola Smartphone Xiaomi Sendiri? Ini Tutorial Cara Resetnya

Keseringan Pakai Fingerprint Sampai Lupa Kunci Pola Smartphone Xiaomi Sendiri? Ini Tutorial Cara Resetnya
Keseringan Pakai Fingerprint Sampai Lupa Kunci Pola Smartphone Xiaomi Sendiri? Ini Tutorial Cara Resetnya

Hampir semua smartphone yang keluar sekarang ini sudah menjagokan yang namanya sistem keamanan menggunakan pemindai sidik jari atau yang lebih sering kita dengan sebagai fingerprint. Tidak hanya smartphone seharga 5 jutaan saja yang punya fitur fingerprint ini namun, ponsel android yang seharga sejuta saja sudah ada loch dan salah satunya adalah Xiaomi.

Pertama kali fitur fingerprint ini muncul pada Xiaomi Redmi Note 3 Mediatek. Admin salah seorang yang langsung membelinya karena ingin segera mencicipi fitur pemindai sidik jari ini. Hasilnya memang sangat memuaskan karena tidak perlu repot-repot lagi membuka lockscreen menggunakan pola atau sandi. Hal itu juga berlanjut ketika admin menggunakan Redmi Note 3 PRO hingga Mi5 PRO saat ini.

Saking seringnya menggunakan fitur sidik jari guna membuka lockscreen, hingga pada suatu masa admin sampai lupa dengan pola lockscreen sendiri. Nah loch kok bisa gitu?! Lah iya karena selalu mengandalkan si sensor sidik jari ini. Memang sih bisa dengan mudah menghapus kunci pola tersebut tapi masak iya harus pakai acara flashing ulang segala?!

Setelah admin cari-cari ternyata ada cara yang lebih mudah reset pola kunci layar ini yang dengan menghapus script penguncinya. Beruntuhlah Smartphone Xiaomi admin sudah dalam keadaan root, karena dalam proses reset pola kunci ini kamu diharuskan untuk masuk ke dalam system Miui 8. Buat yang masih belum root, silahkan coba tutorialnya di sini. Adapun caranya sebagai berikut:

1. Gunakan aplikasi explorer yang bisa masuk ke dalam sistem Miui, bisa menggunakan Root explorer ataupun Solid Explorer. Dalam prakteknya admin menggunakan Solid explorer. untuk root explorer bisa ambil di sini, sedangkan untuk Solid explorer ambil di sini
2. Setelah itu buka aplikasi explorernya, pergi ke direktori root/data/system/ kemudian cari 5 file berikut ini: gatekeeper.password.key , gatekeeper.pattern.key, locksettings.db, dan locksettings.db-shm
3. Hapus kelima file tadi kemudian reboot ponsel Xiaomi kamu
4. Hasilnya setelah masuk ke homescreen, maka pola kunci layar tadi tidak akan muncul lagi
5. Jika ingin menambahkan kembali kunci pola, langsung masuk saja ke setting
6. Agar lebih mudah dipahami, sudah admin sertakan juga tutorial ini dalam bentuk video:


Sebenarnya lupa kunci pola seperti ini bisa dihindari jika kamu tidak menggunakan alur pola yang untuk diri sendiri saja sulit mengingatnya atau malah sering-sering ganti kunci pola. Tapi yang namanya lupa, memang sulit sih sekalipun mudah diingat. Oh iya, cara ini tidak serta-merta bisa menghapus akun Mi.

Tutorial ini murni hanya bisa menghapus pola kunci saja, bukan akun MI. Jadi buat kamu pemilik sah Xiaomi tetap bisa bernafas lega, Okey! Silahkan tulis di kolom komentar jika ada yang kurang kamu pahami, +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url