Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Lampu Display Xaiomi Mi5 Mati Tapi Suara Notifikasi Masih Terdengar: Apa Ini yang Dinamakan Error Deep Sleep? Bagaimana Cara Memperbaikinya?

Pernah mengalami situasi dimana smartphone Xiaomi Mi5 kamu tidak bisa dinyalakan? dalam artian Mi5 tersebut sebenarnya menyala namun ketika ditekan tombol Home, tombol Power dengan maksud untuk membuka kunci layar (lockscreen) tapi layar Xiaomi Mi5 kamu tidak mau menyala? Sekalipun menyala lampu LED display nya tidak hidup dan hanya menampilkan layar putih ketika dilihat menggunakan bantuan lampu atau cahaya matahari? Sebagai catatan lampu pada softbutton (back dan recent apps) menyala. Apakah ini yang dinamakan Deep Sleep? Bagaimana cara memperbaikinya? Yuk kita cari tahu sama-sama!

Lampu Display Xaiomi Mi5 Mati Tapi Suara Notifikasi Masih Terdengar: Apa Ini yang Dinamakan Error Deep Sleep? Bagaimana Cara Memperbaikinya?

Lampu Display Xaiomi Mi5 Mati Tapi Suara Notifikasi Masih Terdengar: Apa Ini yang Dinamakan Error Deep Sleep? Bagaimana Cara Memperbaikinya?
Lampu Display Xaiomi Mi5 Mati Tapi Suara Notifikasi Masih Terdengar: Apa Ini yang Dinamakan Error Deep Sleep? Bagaimana Cara Memperbaikinya?

Kejadian ini admin alami ketika berselancar internet di area wifi gratisan haha.. Maksud hati memang berencana ingin mengunduh game yang sudah admin beli di steam sekalian mau update beberapa aplikasi playstore yang ada di Xiaomi Mi5 Pro. Setelah berhasil tersambung, admin coba geletakkan saja hingga layar Mi5 PRO admin redup sendiri, namun ketika admin coba nyalakan lagi dengan cara menekan tombol Home, layar Xiaomi Mi5 Pro tidak mau menyala. Sekalipun menyala cuma softbutton nya saja. Admin coba perhatikan dengan seksama, apakah Xiaomi MI5 pro admin masih dalam keadaan menyala atau memang reboot sendiri, dengan menggunakan bantuan cahaya matahari, admin lihat ternyata layar Mi5 Pro masih menyala namun berwarna putih. Sekalipun dalam keadaan seperti itu, notifikasi yang masuk semisal facebook, instagram, dan whatsapp masih bisa terdengar. apakah ini yang dinamakan bug Deep sleep? Posisi dimana sebuah perangkat elektronik dalam hal ini adalah Smartphone yang sebenarnya dalam kondisi menyala namun tidak dapat dibangunkan dari kondisi tidur/sleep.

Sebelum ke langkah mainstream seperti flashing ulang rom miui via mi flashtool. Admin coba lakukan wipe cache dan dalvic cache, akan tetapi hasilnya tetap sama saja yaitu Mi5 pro admin masuk dalam mode sleep setelah proses booting. Admin coba ingat-ingat lagi, aplikasi atau module xposed apa yang admin pasang terakhir kali. Sepengingat admin ada module untuk download video dan foto di instagram dan youtube dan karena tidak terlalu berguna module tersebut, maka admin nonaktifkan.

Apakah kedua module tersebut penyebab Depp sleep pada Xiaomi Mi5 pro admin? untuk membuktikannya, admin coba uninstall framework xposed dengan menggunakan uninstaller yang ada di sini. Hasilnya setelah framework xposed terhapus, Xiaomi mi5 pro admin tetap saja setelah booting malah layar redup sendiri tidak bisa diapa-apakan. Admin sempat coba cari-cari terkait kasus Deep sleep pada Xiaomi Mi5 ini melalui kata kunci "en miui mi5 got blackscreen after boot" dan hasil yang admin menemukan cukup banyak yang mengalami kasus Deep sleep tersebut.

Di antaranya ada yang menyarankan untuk melakukan penggantian part display. Karena dia sendiri sudah mengganti display + Touchscreen dan terbukti berhasil. Namun ada juga yang menyarankan untuk coba flashing rom ulang lagi. Karena posisi admin yang tidak dalam kondisi ingin melakukan flashing rom. Maka admin coba cari cara yang lebih efisien. Karena ketika kamu memilih opsi flashing ulang, bisa dipastikan bakal repot karena harus menginstall aplikasi pihak ketiga satu persatu, belum lagi mengatur tata letak baik secara manual maupun melalui module xposed. Syukur admin masih menyimpan rom miui 8 hasil backup sebelumnya melalui custom TWRP Recovery ZCX. Walhasil admin coba untuk melakukan restore terlebih dahulu dan hasilnya setelah restore, Xiaomi MI5 Pro admin bisa dinyalakan dan ketika masuk ke homescreen tidak redup sediri layarnya. Buat yang belum tahu cara backup dan restore rom miui 8 via custom TWRP recovery, bisa tonton videonya di bawah ini:


Kesimpulan dari tutorial kali ini adalah biasakan untuk backup rom miui 8 via custom TWRP, karena jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan kedepannya pada smartphone Xiaomi kamu bakal lebih mudah memperbaikinya sehingga bisa terkurangi dari penggunaan Mi flashtool dan komputer. Belum lagi kamu bisa menghemat penggunaan waktu dari kerepotan mengatur aplikasi, tampilan dan setting lainnya. Buat yang tahu apa penyebab dari ponsel xiaomi masuk ke mode Deep sleep, silahkan komentar di bawah serta +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya