Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Muncul Panas Berlebih pada Xiaomi Mi4s Kamu? Coba Ikuti Tutorial Cara Mengatasi Thermal Overload Berikut Ini

Pernah mengalami kondisi dimana Xiaomi Mi4s kamu terasa panas untuk dipegang? Bahkan panasnya api cemburu lihat gebetan didekati teman sendiri pun tak bisa menandingi panasnya suhu Xiaomi Mi4s mu? Jadinya sering tidak nyaman mengoperasikan Mi4s ya? Jangan khawatir, sebenarnya hampir semua pengguna smartphone dewasa ini mengalami hal tersebut. Dari pada Xiaomi Mi4s dijual lantaran panas berlebih, mending coba tutorial cara memperbaikinya berikut ini.

Muncul Panas Berlebih pada Xiaomi Mi4s Kamu? Coba Ikuti Tutorial Cara Mengatasi Thermal Overload Berikut Ini

Muncul Panas Berlebih pada Xiaomi Mi4s Kamu? Coba Ikuti Tutorial Cara Mengatasi Thermal Overload Berikut Ini
Muncul Panas Berlebih pada Xiaomi Mi4s Kamu? Coba Ikuti Tutorial Cara Mengatasi Thermal Overload Berikut Ini

Kode name saja Aqua yang berarti air, tapi kenapa bisa sampai hati Xiaomi Mi4s mengeluarkan panas berlebih? hemm.. pasti ada kekeliruan nih dalam pemberian code namenya.. hehe.. Apakah cuma Xiaomi Mi4s saja yang mengalami Thermal Overload ini? Nyatanya tidak kok, karena selama admin menggunakan smartphone Xiaomi terhitung dari Xiaomi Redmi Note 3G WCDMA yang pada saat itu body nya masih sangat didominasi oleh plastik pun juga menghantarkan panas yang berlebih, setelah berpindah ke Xiaomi Redmi Note 3 Mediatek pun rasanya tangan admin mau terbakar lantaran Hennesy ini sudah seperti panggangan daging berjalan. Lanjut ke Redmi Note 3 PRO lumayan sedikit adem. Terakhirnya sekarang adalah Xiaomi Mi5 Pro yang juga mengalami panas ketika dioperasikan dalam mode penuh.

Pada sistem operasi Android apalagi yang sudah dikustomisasi oleh Xiaomi menjadi Miui (baca : Miui 8) sebenarnya sudah ada semacam notifikasi atau peringat dari Miui 8 itu sendiri jika terjadi Thermal Overload. Secara default ambang batas suhu tertinggi yang akan di informasikan ke pengguna adalah 45 derajat celcius. Nah jika sudah mencapai suhu tersebut maka Miui akan mengirimkan notif untuk segera mendinginkan perangkat dengan cara membersihkan aplikasi yang terlalu banyak berjalan, menurunkan tingkat kecerahan layar, mematikan fitur GPS dan sebagainya. Nah harusnya dengan adanya fitur peringatan suhu tersebut, smartphone xiaomi terkhusus dalam bahasan ini adalah Xiaomi Mi4s tidak mengalami panas berlebih, lantas jika masih juga mengalami Thermal Overload, bagaimana cara memperbaikinya?

Adapun cara yang dapat kamu lakukan sebagai pengguna Xiaomi mi4s adalah melakukan pengeditan terhadap script berisikan konfigurasi yang bertugas mengatur suhu di dalam sistem Mi4s itu sendiri. Baut kamu yang tidak terlalu paham mengedit script ini, silahkan ambil sricpt yang sudah diatur sedemikian rupa di bawah ini:

Bahan:
- Root Explorer di sini
- Thermal configuration khusus untuk Xiaomi Mi4s di sini

Caranya:
1. Ambil script konfigurasi di atas lalu pindahkan ke internal memory Mi4s kamu
2. Install juga aplikasi root explorer di atas
3. Pergi ke direktori root/etc/ kemudian taruh di folder etc tersebut (replace dengan file thermal-engine-8992.conf yang lama). Perhatikan juga set permissionnya
4. Reboot Mi4s kamu

Adapun tujuan dari thermal-engine-8992.conf yang baru ini adalah:
- Menaikan pembatasan suhu (throttle) bawaan dari MIUI stable/xiaomi eu. karena panas sedikit mi4s jadi terasa lagi, terlebih ketika dipakai untuk main game seperti: Line lets get ritch saja ngelag, Asphalt 8 lancar tapi kadang ada terasa ada frame drop pas setting high. oleh karena itu Thermal enginenya di mod.
- Bebas lag, main game berat lancar, tapi suhu tetap terjaga. tidak mudah overheat. Panas dikit wajar, tidak masalah. Memang kelemahan Snapdragon 808 panas, makanya di throttle lewat Thermal engine agar tidak kepanasan.
- Daya tahan baterai/SOT yang didapat relatif sama dengan yang pakai Thermal engine bawaan. Jadi tidak ada alasan untuk tidak pakai Thermal engine mod ini untuk performa lebih terutama main game, namun suhu masih ambang batas "oke".
- Cara kerjanya agak berbeda dari thermal-engine bawaan. Kalau yang bawaan cpu mencapai panas tertentu maka Big-core-nya sleep. yang jalan cuma 4 little core yang frekuensinya juga diturunkan. makanya main game (misal line lets get ritch) ngelag parah. Makanya kalau yang ini sedikit berbeda.
- GPU (grafis) dibuat full freq, suhu cpu mencapai 52 derajat, freq turun jadi 367 MHz.
- suhu cpu mencapai 35, core 3 sleep
- suhu cpu mencapai 36, core 2 sleep
- suhu cpu mencapai 37, freq perf_floor turun jadi 960 MHz (little core)
- suhu cpu mencapai 40, core 1 sleep
- Core 0 Always on,
- BIG core Always on freq max, tapi pas suhu 40, turun jadi 1,44 GHz saja.
Pas baterai dibawah 10%, hanya core 0 yang aktif (freq 960 MHz). selain itu sleep semuanya. jangan heran ngelag. waktunya ngecas baterai.

Catatan:
- Kredit to agan Rida Angga Kusuma@facebookgrupmi4s

Oh iya, panas berlebih seperti kasus di atas tidak hanya kamu temui pada Smartphone Xiaomi saja namun juga smartphone dari vendor lain. Bahkan untuk sekelas Apple iPhone pun masih saja diterpa masalah panas berlebih ini. Terlebih smartphone jaman sekarang kebanyakan menggunakan bahan dari metal, walhasil soal penyaluran panas bakal jadi lebih cepat karena bahan metal sudah terbukti menjadi konduktor panas yang baik. Iya baik maksudnya buat mendinginkan perangkat secara cepat tapi berimbas juga pada kenyamanan pengguna. Oleh karena itu smartphone sekarang ini sudah bisa lepas dari yang namanya case tambahan.Okey sekian tutorial cara memperbaiki panas berlebih pada Xiaomi Mi4s, jangan lupa +1, like serta bagikan tutorial ini. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya