Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Kamera Xiaomi Mi4 Kamu Blur, Sulit Mendapatkan Fokus Ketika Membidik Objek? Ini Solusi Memperbaikinya (X4 V07 atau IMX214)

Sekalipun sudah dilakukan berbagai macam pengaturan hingga sampai dibersihkan pula lensa kamera pada Xiaomi Mi4, namun hasilnya tetap saja objek yang kamu bidik tidak pernah bisa fokus, bahkan cenderung blur atau berbayang? Sehingga 90% kamera belakang atau kamera utama Mi4 tidak bisa digunakan. Padahal kamera Xiaomi Mi4 yang kamu miliki sudah menggunakan module kamera buatan Sony yaitu tipe X4 V07 atau IMX214, yang aman dengan module kamera X4 V07 ini sudah bisa mengambil Long Exposure selama 32 detik, selain itu untuk urusan ketajaman gambar sudah perlu dipertanyakan lagi. Lantas bagaimana cara memperbaikinya? Simak berikut ini!

Kamera Xiaomi Mi4 Kamu Blur, Sulit Mendapatkan Fokus Ketika Membidik Objek? Ini Solusi Memperbaikinya (X4 V07 atau IMX214)

Kamera Xiaomi Mi4 Kamu Blur, Sulit Mendapatkan Fokus Ketika Membidik Objek? Ini Solusi Memperbaikinya (X4 V07 atau IMX214)
Kamera Xiaomi Mi4 Kamu Blur, Sulit Mendapatkan Fokus Ketika Membidik Objek? Ini Solusi Memperbaikinya (X4 V07 atau IMX214)

Aslinya Xiaomi Mi4 ini bukanlah kepunyaan admin tapi kepunyaan adik. Jadi selama ini admin tidak menyebutkan pernah punya Mi4, hanya pernah oprek Mi4. Kalau device resmi yang admin miuitutorial.com miliki sendiri ialah Redmi Note 3G, Redmi Note 3 PRO, Redmi Note 3 MTK, dan Mi5 Pro. Sebenarnya ini bukan masalah pertama yang menimpa Mi4 tersebut, sebelumnya Xiaomi Mi4 milik adik ini pernah bermasalah di pengisian baterai (mirip seperti Xiaomi Mi5 admin di sini), namun masalahnya bukan pada kabel USB melainkan pada unit baterai. Sehingga perlu dilakukan penggantian unit (tutorialnya sudah pernah admin buat di sini)

Kali ini masalah baru muncul lagi yaitu pada kamera Mi4 yang mana ketika ingin mengambil gambar maka objek yang dibidik tidak pernah bisa fokus atau bahkan cenderung blur. Kondisi seperti ini admin anggap awalnya bermasalah pada pengaturan kamera yang diotak-atik tapi setelah dilakukan reset pabrik, hasilnya tetap saja seperti itu. Kamera menjadi blur. Admin coba perhatikan dengan seksama pada bagian lensa kamera namun sama sekali tidak ditemui benda atau objek asing seperti yang pernah menimpa beberapa pengguna Redmi 3/PRO yang mana mereka melaporkan kesulitan untuk mendapatkan fokus objek ketika menggunakan kamera.

Setelah gagal mengotak atik bagian setting kamera, admin berspekulasi jika masalah sulit fokus pada kamera Xiaomi Mi4 ini karena unit module kameranya yang bermasalah. Setelah cari sana-sini seller yang menjual module kamera Sony IMX214 atau yang lebih dikenal X7 V07, akhirnya ketemu juga. Berikut adalah gambar dari module kamera lama mi4 beserta penggantinya:

Kamera Xiaomi Mi4 Kamu Blur, Sulit Mendapatkan Fokus Ketika Membidik Objek? Ini Solusi Memperbaikinya (X4 V07 atau IMX214)

Untuk cara penggantian module kamera ini terbilang cukup mudah, apalagi buat kamu yang sering bongkar pasang komponen elektronik. Setelah module kamera dipasang, sama sekali tidak ada pengaturan khusus yang perlu kamu lakukan, cukup memasangkan module kamera Sony IMX214 pada motherboard Xiaomi mi4, lalu pasang kembali semua baut, penutup komponen beserta back cover. Lalu nyalakan MI4 dan test kameranya.

Terbukti dengan melakukan penggantian module kamera Sony X4 V07 ini, Xiaomi mi4 milik adik admin bisa dengan mudah mengeksekusi fokus objek yang dibidik dengan sangat mudah. Berikut adalah video proses disassembly Xiaomi mi4 beserta cara pemasangan module kameranya:


Apabila kamu mengalami masalah serupa pada Mi4, ada baiknya coba periksa terlebih dahulu pengaturan pada kameranya, jika tidak kunjung memperbaiki masalah, coba perhatikan lensa kamera Mi4. Karena dengan adanya sedikit kotoran atau benda (debu) yang menghalangi lensa kamera maka kamera tersebut akan kesulitan untuk mendapatkan fokus sempurna pada objek yang dituju. Namun ternyata jika tidak ada benda asing yang menghalangi, berarti perlu dilakukan penggantian unit module kamera. Untuk Xiaomi Mi4 sendiri punya dua versi module kamera yaitu X4 V07 yang merupakan sensor kamera buatan SONY, sedangkan jika kamu mendapati kode S5K3M2 atau Samsung s5k berarti module kamera tersebut buatan Samsung. Adapun kelebihan dari module kamera SONY IMX214 adalah bisa menggunakan fitur Long Exposure selama 32 detik sehingga bisa menghasilkan foto Light Trail plus untuk urusan bidikan foto bakal lebih jernih (Sony sudah sangat terkenal sekali soal kamera sehingga banyak dipakai oleh vendor ponsel ternama). Sekian tutorial kali ini, jika ada yang kurang dipahami silahkan tulis di kolom komentar. Jangan lupa +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya