Yang Bener Nih? Xiaomi Redmi Note 4X/PRO Sudah Ada Custom Kernel Vulcan? Bagaimana Cara Installnya? Simak Tutorial Berikut Ini!

Gimana gan, sudah siap dengan yang hal baru serta lebih memantang? Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan sesuatu yang beda dari biasanya yaitu custom kernel khusus untuk Xiaomi Redmi Note 4X/PRO atau Redmi Note 4 with Snapdragon. Yup kamu tidak sedang salah membaca. Agar tutorial ini berfungsi penuh, pastikan kamu baca tutorial ini secara lengkap hingga selesai, baru kemudian dipraktekkan. Okey.. Let’s get started!!

Yang Bener Nih? Xiaomi Redmi Note 4X/PRO Sudah Ada Custom Kernel Vulcan? Bagaimana Cara Installnya? Simak Tutorial Berikut Ini!

Yang Bener Nih? Xiaomi Redmi Note 4X/PRO Sudah Ada Custom Kernel Vulcan? Bagaimana Cara Installnya? Simak Tutorial Berikut Ini!
Yang Bener Nih? Xiaomi Redmi Note 4X/PRO Sudah Ada Custom Kernel Vulcan? Bagaimana Cara Installnya? Simak Tutorial Berikut Ini!

Beberapa waktu yang lalu pihak Xiaomi secara resmi membagikan source kernel untuk Xiaomi Redmi Note 4X/PRO. Ini pastinya bakal menjadi kabar baik buat para pengguna Mido, pasalnya dengan pengumuman source kernel ini dapat dipastikan agan banyak sekali custom kernel bermunculan yang dikembangkan oleh para developer pihak ketiga. Jadi pengguna Redmi Note 4 with Snapdragon tidak akan hanya berkutat pada Tweak, root, twrp dan custom rom saja, melainkan juga custom kernel. Lantas apa itu custom kernel dan apa manfaat serta fungsinya jika dipasangkan pada Xiaomi Redmi Note 4X/PRO?

Admin kurang begitu lihai menjelaskan definisi lengkap dari custom kernel. Sederhananya kernel itu mirip bios pada komputer. Nah kernel atau bios yang diinstall atau ditambahkan oleh pabrik pastinya hanya mendukung fitur-fitur umum saja atau fitur dasar, sedangkan untuk fitur khusus cuma kamu dapatkan jika membeli motherboard seri tertentu (tertinggi - baca:mahal) sedangkan untuk kernel harus di custom sendiri. Source kernel sendiri biasanya dibagikan paling terakhir kepada developer, admin kurang tahu juga alasannya kenapa tapi melihat dari fungsinya, tugas kernel memang sangat fatal karena berhubungan langsung dengan yang namanya Hardware smartphone, jadi mungkin wajar jika pabrikan prosesor sangat berhati-hati dalam membagikan Source kernel mereka. Okey setelah semua penjelasan tersebut, mari kita mulai tutorialnya.

Bahan:
Custom Kernel Special for Xiaomi Redmi Note 4X/Pro:
- AOSP/Lineage OS roms di sini
- MIUI Nougat based roms di sini
- MIUI marshmallow based roms di sini

Caranya:
1. Pastikan Xiaomi Redmi Note 4X/PRO kamu sudah dalam keadaan unlock bootloader,buat yang masih locked bootloader bisa ikuti tutorial unlock di sini
2. Setelah itu juga pastikan Mido kamu sudah terpasang custom TWRP recovery. Tutorialnya ada di sini
3. Jika kesemua syarat tadi sudah terpenuhi, langsung ambil custom kernel di atas lalu pindahkan ke internal memory redmi note 4x/pro
4. Masuk ke mode custom TWRP > install > arahkan ke file custom kernel tadi
5. Swipe ke kanan untuk memulai proses instalasi
6. Jika sudah langsung reboot saja tanpa perlu wipe cache dan dalvic
7. Selesai
8. Untuk memaksimalkan penggunaan, bisa kamu gabungkan dengan kernel adiutor

Adapun fitur dari custom kernel ini ialah:

VULCAN™
revision1 - RB Beta
FEATURES:
- CPU
Toggle to switch input boost
Toggle to enhance workqueues for longer battery life
*- Governors:
ElementalX
Blu_active
and the default ones
- GPU
Adreno Idler

- Battery
USB ForceFastCharge (for when you charge via PC/Mac)

- Display
KCAL support

- IOSchedulers
Default ones and
BFQ, FIOPS, SIO, ZEN

- Filesystems
default ones (f2fs,ext*,ntfs)
exFAT FS
SDCardFS (upstreamed from Linaro Stable Kernel)
- Misc
Wakelock toggles
FSYNC control
Vibration Control
TCP Cubic - upstreamed
cmdline hacks for CTS/SafetyNet Bypass (not entirely dependent on kernel but) for removal of verifiedbootstate, dm-verity and etcetra

- Tree
Merged CAF Tag: LA.UM.5.6.r1-04700-89xx.0 (June 1st; msmtitanium_64; Android on MSM)
Upstreamed Kernel Tree: Linux 3.18.55 (May 25th; linux-3.18.y; kernel.org)
- Toolchain:
Compiled with VULinaro Toolchain based off Linaro-patches on GNU/GCC 7.1.1 from 201705 release

Catatan:
- Kredit to amit56@enMiuiForum
- vulcan rb v1 di sini

"Min, custom kernel Xiaomi Redmi Note 4 Mediatek mana? Kok selalu yang Snapdragon saja" Agan baru gabung dengan Android ya? Admin informasikan jika semenjak admin menggunakan Xiaomi Redmi Note 3G WCDMA, Redmi Note 3 MTK, hingga jaman Redmi Note 4 MTK yang sudah pakai prosesor X20, belum ada satupun source kernel yang dipublikasikan oleh Mediatek. Soal source kernel, Mediatek terkenal paling pelit. Sedangkan Qualcomm paling sering mengeluarkan source kernel mereka, jadi jangan heran jika smartphone Xiaomi yang menggunakan prosesor Snapdragon banyak sekali tutorial mod nya. Oleh karena itu juga buat pengguna prosesor Mediatek harus puas sampai custom rom saja. Sebenarnya tidak terlalu berpengaruh buat pengguna biasa apalagi yang tidak terlalu suka dunia oprek, tapi bagi pengguna Enthusiast sangat berpengaruh karena dapat meningkatkan performa harian juga ketika dipakai untuk bermain game. So sedikit banyak kamu sudah tahu apa itu kernel, fungsi serta manfaatnya, jika ada yang kurang dipahami terkait tutorial ini silahkan tulis di kolom komentar. Bantu admin untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url