Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Fitur Long Exposure Absen di Xiaomi Redmi Note 4X/PRO Kamu? Ini Tutorial Cara Menambahkannya

Bisakah Xiaomi Redmi Note 4X/PRO menghasilkan foto Light trail? Kalaupun bisa bagaimana cara menambahkan fitur Long Exposure pada Mido? Karena kalau dilihat fitur ini absen, padahal dengan fitur ini bisa menghasilkan foto Light trail yang keren seperti pada DSR, dan DSLR. Coba baca tutorial ini sampai selesai, karena admin akan bagikan cara menambahkan fitur Long Exposure pada Xiaomi Redmi Note 4 PRO.

Fitur Long Exposure Absen di Xiaomi Redmi Note 4X/PRO Kamu? Ini Tutorial Cara Menambahkannya

Fitur Long Exposure Absen di Xiaomi Redmi Note 4X/PRO Kamu? Ini Tutorial Cara Menambahkannya
Fitur Long Exposure Absen di Xiaomi Redmi Note 4X/PRO Kamu? Ini Tutorial Cara Menambahkannya

Pernah dengar Long Exposure? Buat yang hobi fotografi atau bahkan menggeluti bidang tersebut pasti sudah paham sekali pengertian serta fungsi dari Long Exposure. Menurut definisi, Long Exposure dapat diartikan sebagai perpanjangan cahaya, nah maksud dari perpanjangan ini ialah keadaan dimana kamera dapat mengambil cahaya dalam jumlah yang sangat besar.

Apa gunanya? Tidak lain untuk menghasilkan sebuah gambar yang lebih jernih, karena biasanya objek yang dieksekusi tersebut berada di kondisi minim cahaya. Ibarat meriam Beam Gundam Zero yang harus mengumpulkan energi poton sebanyak mungkin, baru kemudian menembakkannya.. haha.. penjelasan apa pula ini..ga nyambung. Yah kira-kira definisi sederhana dari Long Exposure seperti itu.

Umumnya fitur Long Exposure akan sangat sering kamu temui pada kamera profesional seperti DSR, DSLR atau yang terbaru sekarang yaitu Mirrorless. Namun sekarang fitur Long Exposure sudah jamak sekali dijumpai pada kebanyakan smartphone masa kini, tak terkecuali pada jajaran Smartphone Xiaomi.

Walau sejatinya fitur Long Exposure sudah ada pada semua smartphone bahkan feature sekalipun karena memang fungsi dari Long Exposure itu sendiri adalah untuk mengumpulkan cahaya dalam jumlah banyak agar objek yang dibidik bisa dieksekusi menjadi sebuah foto atau gambar. Namun pada Smartphone jaman sekarang sudah ada pengaturan manualnya. jadi kamu bisa dengan leluasa mengatur berapa lama fitur Long Exposure diaktifkan.

Pada Smartphone Xiaomi terkhusus pada seri Mi, fitur Long Exposure akan diberikan lebih komplit ketimbang seri Redmi. Kenapa seperti itu? Alasannya bisa kamu simak di sini. Kalaupun ada fitur Long Exposure pada seri Redmi, bakal dikasih batasan, celakanya lagi fitur ini absen alias tidak ada sama sekali, seperti yang terjadi pada salah satu smartphone Xiaomi terbaru di tahun 2017 yaitu Redmi Note 4X dan Redmi Note 4 PRO with Snapdragon Prosesor.

Buat kamu yang suka bereksperimen kamera di Xiaomi Redmi Note 4, kali ini admin akan membagikan sebuah mod kamera khusus untuk Mido. Mod Kamera Long Exposure ini dibuat oleh salah seorang member forum en-Miui bernama kashyapshashank. Jika kamu berkenan silahkan donasikan juga sejumlah dana melalui akun paypal nya di kashyapshashank@live.com

Sebelum melangkah lebih jauh, ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi untuk bisa menggunakan Mod Long Exposure ini di Redmi Note 4X/PRO yaitu, pastikan terlebih dahulu jika sensor kamera yang sedang dipakai Mido adalah Sony IMX258, karena memang mod ini dirancang untuk sensor Sony. Buat Mido yang menggunakan sensor kamera Samsung S5k318 silahkan dicoba sendiri. Selain harus menggunakan sensor Sony, juga harus sudah dalam kondisi unlock bootloader plus terinstall custom TWRP recovery.

Jika belum unlock, silahkan ikuti caranya di sini, dan untuk pasang custom TWRP recoverynya lihat di sini. Buat yang belum tahu cara cek jenis sensor kamera:
1. Masuk ke pengaturan
2. Pilih about phone atau tentang ponsel
3. Cari kernel version lalu tap beberapa kali hingga muncul sebuah menu testing (CIT) atau uji perangkat keras
4. Pilih periksa info versi lalu cari Camera informatioan sepeti gambar di bawah ini:
5. Jika hasilnya adalah IMX258, maka kamu bisa melanjutkan tutorial ini.

Bahan:
- Mod Long Exposure Kamera Tweak khusus Mido di sini untuk Miui 8 dan Miui 9 di sini
- Ofilm_imx258 mod di sini
- Root Explorer di sini

Caranya:
1. Ambil mod di atas kemudian pindahkan ke internal memory Redmi Note 4X/ PRO
2. Install kamera Tweak menggunakan Custom TWRP recovery
3. Replace file yang adi direktori system/vendor/lib/ dengan file ofilm_imx258 via root explorer
4. Jangan Set Permissions menjadi rw-r--r--
5. Lalu Reboot Mido

Fitur Long Exposure ini akan efektif jika digunakan pada mode manual walau sebenarnya pada mode auto juga tetap berfungsi. Walaupun begitu Long Exposure pada Redmi Note 4 PRO ini belum bisa sebanyak pada seri mi yang hingga 32 detik. Namun begitu masih tetap bisa menghasilkan foto yang cukup baik di kondisi minim cahaya.

Sekian tutorial cara mengaktifkan fitur Long Exposure pada Xiaomi Redmi Note 4X dan 4 PRO. Mod ini sudah di test pada rom Miui official dan berjalan stabil tanpa kendala. Mari berdiskusi di kolom komentar jika ada yang kurang kamu ketahui serta jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya