Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Bagaimana Cara Disable DM-Verity dan Forced Encryption pada Smartphoen Xiaomi serta Apa Fusnginya? Berikut Penjelasannya!

Apakah semua Smartphone Xiaomi punya DM-Verity and Forced Encryption? Kalau punya apa sebenarnya fungsi dari kedua fitur di atas tadi? Kenapa terkadang pada saat selesai install rom malah muncul masalah Encryption unsuccessful atau internal 0 MB? bagaimana cara disable DM-Verity and Forced Encryption? Simak penjelasan lengkapnya berikut.

Bagaimana Cara Disable DM-Verity dan Forced Encryption pada Smartphoen Xiaomi serta Apa Fusnginya? Berikut Penjelasannya!

Bagaimana Cara Disable DM-Verity dan Forced Encryption pada Smartphoen Xiaomi serta Apa Fusnginya? Berikut Penjelasannya!
Bagaimana Cara Disable DM-Verity dan Forced Encryption pada Smartphoen Xiaomi serta Apa Fusnginya? Berikut Penjelasannya!

Tak dapat ditampik lagi jika Android adalah Sistem operasi yang sangat populer di kalangan pengguna Smartphone dunia. Buktinya bisa kamu lihat banyaknya perangkat elektronik yang menggunakan sistem operasi Android, mulai dari Jam tangan pintar (Smartwatch), kulkas, Smart TV, Stup Box TV, hingga mobil. Kenapa sistem Android begitu mudah diadopsi oleh perangkat elektronik?

Itu tidak lain karena Sistem operasi Android bersifat terbuka, bebas dikembangkan oleh siapa saja (bahasa kerennya itu open source). Karena kelebihannya itu banyak vendor Smartphone dunia berlomba-lomba menggunakan Android plus kustomisasi yang sudah didesigns sedemikian rupa supaya tampilan Smartphone bikinan mereka jadi tampil lebih cantik.

Okey yang di atas tadi adalah hal baiknya. Memang apa kabar buruknya? Sudah bisa ditebak jika sesuatu yang populer akan banyak mengundang orang untuk berpartisipasi atau malah memanfaatkan kepopuleran tersebut untuk menguruk untung bahkan merusak. Yup karena menjadi sistem operasi mobile yang paling banyak serta mendominasi perangkat elektronik dunia maka tidak heran jika sistem operasi Android banyak menjadi tujuan para hacker untuk menyuntikkan virus, malware, adware dan lain sebagainya.

Google dan para vendor Smartphone Android termasuk Xiaomi di dalamnya bukan tidak menyadari akan ancaman berbahaya seperti ini, oleh karena itu semenjak Android v4.4 diberlakukanlah DM-Verity and Forced Encryption dan Xiaomi turut andil dalam sistem keamanan ini.
Apa itu DM-Verity and Forced Encryption?

Kita mulai dari DM-Verity adalah semacam fitur verifikasi yang terdapat pada kernel yang mana fungsinya untuk mengecek integritas atau kaitan antara block device. DM-Verity ini juga membantu mencegah rootkits agar dapat menahan hak root. Fitur DM-Verity ini juga membantu pengguna Smartphone Xiaomi untuk memastikan bahwa pada saat booting ponsel Xiaomi mereka berjalan lancar tanpa ada kendala. Fitur DM-Verity ini juga membantu Smartphone Xiaomi untuk terhindar dari malware dan sebagainya.

Forced Encryption adalah sebuah fitur yang disuntikkan pada kernel (sama seperti DM-Verity) yang mana fungsinya untuk menerapkan proses enkripsi setelah proses dari DM-Verity selesai. Misalkan saja ditemukan ketidak cocokan antara DM-Verity dengan rom Miui atau AOSP yang sedang dipasang pada Smartphone Xiaomi maka secara otomatis fitur Forced Encryption akan bekerja langsung mengenskripsi internal memory dari ponsel Xiaomi. Ujung-ujungnya fitur Forced Encryption ini ditambahkan untuk melindungi data-data penting yang ada ponsel Xiaomi.

Kendengarannya fitur DM-Verity and Forced Encryption sangat keren serta begitu bermanfaat bagi pengguna Smartphone Xiaomi. Yup benar sekali karena tujuan mereka dibuat untuk melindungi pengguna Xiaomi, namun di satu sisi fitur ini justru terkadang menjadi batu sandungan buat para opreker Xiaomi. Admin sendiri yang cukup sering membuat tutorial sekaligus mempraktekkannya pernah menemui masalah Encryption unsuccessful atau internal 0 MB (cek di sini untuk tutorialnya)

Supaya kejadian seperti ini tidak kamu alami juga, maka pada tutorial kali ini admin akan membagikan cara disable atau mematikan fitur DM-Verity and Forced Encryption yang ada pada Smartphone Xiaomi. Caranya juga terbilang sangat mudah yaitu cukup ponsel Xiaomi kamu sudah dalam keadaan unlock bootloader plus terpasang custom TWRP. Kemudian ambil No Verity Opt Encrypt di bawah ini:
- No-verity-opt-encrypt-3.1.zip di sini
- No-verity-opt-encrypt-3.2.zip di sini
- No-verity-opt-encrypt-4.0.zip di sini
- No-verity-opt-encrypt-4.1.zip di sini
- No-verity-opt-encrypt-5.0.zip di sini
- No-verity-opt-encrypt-5.1.zip di sini

Setelah itu install menggunakan Custom TWRP tadi. Seperti biasa yang namanya tindakan mod akan selalu ada resiko sekecil apapun jadi usahakan untuk membackup rom Miui yang sedang kamu gunakan. Oh iya, selain cara ini sebenarnya ada cara lain namun baru sebatas untuk pengguna Xiaomi Redmi Note 3 PRO saja yaitu dengan menggunakan Custom TWRP Inline yang pernah admin post di sini.

Sedangkan cari ini bisa kamu terapkan pada semua lini ponsel Xiaomi mulai dari Redmi 1s, Redmi 2/Prime, Redmi 3/Pro, Redmi 3s/x/prime, Redmi 4/A/prime/X, Redmi Note 2/Prime, Redmi Note 3 MTK/PRO, Redmi Note 4 MTK/PRO/X, Mi3, Mi4, Mi4c, Mi4s, Mi4i, Mi5, Mi5c, Mi5x, Mi5s/Plus, Mi6, Mi MAX/2, Mi MIX/2, Mi Note/PRO, Mi Note 2, Mi Note 3 dan lain sebagainya.

Sekian tutorial cara Disable DM-Verity and Forced Encryption pada Smartphone Xiaomi. Jika ada yang kurang dipahami mari berdiskusi di kolom komentar dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya