Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Bagaimana Cara Menambahkan Fitur Auto Cut Pada Charger Smartphone Xiaomi Ketika Proses Pengisian Baterai Penuh?

Amankan meninggalkan ponsel Xiaomi dalam keadaan proses pengisian baterai dan apakah sudah ada cara memutuskan proses charging baterai Smartphone Xiaomi secara otomatis ketika baterai sudah penuh sehingga bisa ditinggal tidur? Ada kok, dan sudah admin coba sendiri. seperti apa dan bagaimana caranya, silahkan disimak.

Bagaimana Cara Menambahkan Fitur Auto Cut Pada Charger Smartphone Xiaomi Ketika Proses Pengisian Baterai Penuh?

Bagaimana Cara Menambahkan Fitur Auto Cut Pada Charger Smartphone Xiaomi Ketika Proses Pengisian Baterai Penuh?
Bagaimana Cara Menambahkan Fitur Auto Cut Pada Charger Smartphone Xiaomi Ketika Proses Pengisian Baterai Penuh?

Siapa yang suka charging baterai Smartphone Xiaomi di malam hari kemudian pagi-pagi sudah terisi penuh? Pernahkah kamu bertanya-tanya apakah charge ditinggal tidur aman buat ponsel Xiaomi? Apakah memang benar jika baterai sudah penuh maka proses pengisian akan terhenti secara otomatis? Serta jika ini terus berlanjut apakah akan berisiko buat baterai Xiaomi cepat soak, bocor hingga meledak?

Sebetulnya jika kamu adalah seorang yang sering berkunjung ke situs www.miuitutorial.com, admin pernah membahas topik ini dalam sebuah artikel lengkap, namun jika kamu kebetulan belum membacanya, monggo dibaca artikelnya di sini. Pada artikel sebelumnya juga sudah pernah admin buatkan tentang review sebuah kabel USB Type-C dari MCdodo yang punya fitur Autocut. Dengan kata lain secara otomatis arus listrik akan terputus secara otomatis jika proses pengisian penuh.

Memang sih kelemahannya adalah harga kabel USB dari MCdodo tersebut mahal tapi sangat berguna sekali ketimbang khawatir yang berujung Smartphone kamu rusak. Jika tertarik, sudah admin buatkan ulasan beserta video tentang kabel USB Type-C MCdodo di sini. "Terus kalau tidak punya cukup uang dan ingin punya fitur Autocut di kabel USB nya bagaimana min? Masak cuma buat fitur otomatis mati saja harus keluar uang sampai ratusan ribu?"

Tenang-tenang, kamu sedang membaca artikel yang tepat kok, karena di sini admin mendapatkan suatu cara agar proses pengisian baterai pada Smartphone Xiaomi terhenti secara otomatis jika sudah penuh tanpa harus membeli kabel USB dari MCdodo. Jadi bisa menghemat uang kamu plus tidak harus sengsara lagi makan nasi kecap di akhir bulan.

Caranya adalah dengan menginstall sebuah aplikasi bernama battery Charge Limit. Yup, itu saja yang kamu perlukan, namun dengan syarat dan ketentuan Smartphone Xiaomi kamu harus sudah dalam keadaan root superSU. Jadi buat yang belum root silahkan mampir ke sini untuk tutorialnya. Okey admin anggap sudah root dan lanjut ke sesi berikutnya.

Bahan:
- Battery Charge Limit di sini

Caranya:
1. Ambil aplikasi di atas kemudian install seperti biasa di Smartphone Xiaomi kamu
2. Jika muncul permintaan akses root, silahkan tekan yes
3. Centang Enable Battery Charge Limit
4. Tentukan nilai "Limit Charging to" berapa persen. set saja ke 99%
5. Nah untuk "Recharge below" nya boleh kamu set 99% juga atau 2% hingga 5%. Misal set ke 95% (sesuaikan dengan keinginan saja)
6. Silahkan sambungkan Smartphone Xiaomi kamu langsung ke colokan charger via kabel USB
7. Dan lihat hasilnya sendiri
8. Untuk tutorial dalam bentuk videonya, silahkan tonton di bawah ini:


Sejatinya jika kamu menggunakan charger pihak ketiga seperti Aukey Charger station maka proses pengisian baterai jika ponsel Xiaomi sudah penuh akan terhenti secara otomatis. Terhenti di sini tidaklah bisa dibilang 100% karena masih ada arus berapa 0,00..% yang mengalir namun itu tujuannya untuk menjaga energi yang terbuang akibat dari proses standby saja.

Pada charger bawaan Xiaomi sendiri admin kurang begitu tahu apakah sudah terdapat fitur Autocut karena cuma tertera indikator dan tulisan biasa saja, sedangkan untuk charger Aukey contohnya memang sudah disematkan fitur AIO. Lengkapnya bisa kamu lihat di sini, dan untuk penjelasan tentang charger original Xiaomi di sini.

Karena ini basednya adalah dari aplikasi maka tidak terbatas hanya pada satu model Smartphone Xiaomi saja namun juga bisa diterapkan pada seluruh tipe Smartphone Xiaomi mulai dari kasta paling bawah Xiaomi Redmi 1s, Redmi 2/Prime, Redmi 3/PRO, Redmi 3s/x/prime, Redmi 4 prada/A/prime/X, Redmi Note 3G, Redmi Note 4G, Redmi Note 3 Mediatek, Redmi Note 2/Prime, Redmi Note 3 PRO, Redmi Note 4X/PRO, Redmi Note 5A, Mi3, Mi4, Mi4i, Mi4c, Mi4s, Mi5, Mi5s/Plus, Mi6, Mi Note/PRO, Mi MAX, Mi MAX 2, Mi Note 3, Mi A1, Mi MIX, Mi MIX 2, Mi5c dan lain sebagainya. Okey Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya