Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Bagaimana Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi A1? Apakah Harus Tunggu SMS Persetujuan Dulu? Stop Menunggu!

Bisakah Xiaomi Mi A1 di unlock bootloader dan apakah caranya sama dengan Smartphone Xiaomi lainnya? Mengingat Mi A1 tidak lagi menggunakan Rom Miui tetapi dari pabriknya sudah terinstall Rom Murni Android Nougat 7. Jika beda bagaimana caranya serta apakah masih harus menunggu persetujuan dari Xiaomi terlebih dahulu? Dari pada bingung, mending simak tutorial yang satu ini.

Bagaimana Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi A1? Apakah Harus Tunggu SMS Persetujuan Dulu? Stop Menunggu!

Bagaimana Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi A1? Apakah Harus Tunggu SMS Persetujuan Dulu? Stop Menunggu!
Bagaimana Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi A1? Apakah Harus Tunggu SMS Persetujuan Dulu? Stop Menunggu!

Apa yang akan kamu lakukan setelah berhasil membeli Xiaomi MI A1? Langsung beli case, pasang Tempered Glass? Wah..wah..wah... sangat mudah sekali untuk ditebak ya. Kalau admin sih so pasti beli kedua benda tadi dan memang menjadi benda wajib untuk melindungi Xiaomi Mi A1 dari segala benturan serta goresan. Secara masih hape baru kan.. hehehe..

Setelah itu apalagi yang akan kamu lakukan pada Mi A1? Masih bingung? Nih admin kasih sedikit pencerahan. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah segera unlock bootloader. Nah loh, memang kenapa dengan unlock bootloader? Ya dengan meng-unlock bootloader maka kamu dengan bebas bisa menginstall custom TWRP, custom kernel, root superSU, Xposed Framework, Magisk, custom rom dan lain sebagainya.

"Lah memangnya sudah ada beberapa hal yang admin sebutkan tadi?" Mengingat Xiaomi Mi A1 adalah Smartphone Xiaomi keluaran terbaru maka masih sedikit tutorial mod nya namun ini hanyalah masalah waktu saja. Apalagi Xiaomi Mi A1 menarik banyak perhatian para Mi Fans dunia terkhusus untuk Indonesia, jadi wajar saja jika kedepannya nanti akan ada banyak tutorial mod terkait Xiaomi Mi A1.

Pada kesempatana kali ini, admin akan bagikan tutorial cara unlock bootloader pada Xiaomi Mi A1. Buat kamu yang sudah lama berkecimpung di dalam dunia Mod Xiaomi, pasti akan terpikir sebuah tool yang selalu digunakan untuk meng-unlock bootloader ponsel Xiaomi. Yup!! Apalagi kalau bukan Mi Unlock tool. Namun untuk Xiaomi Mi A1 ini sungguh berbeda. Walaupun sama-sama ponsel Xiaomi namun Mi A1 secara pabrikan dibekali sistem operasi Android Murni (bukan Miui), dengan kata lain cara unlocknya pun agak berbeda.

Kabar baiknya buat kamu yang sudah terbiasa dengan ADB Command Promp, maka cara unlock bootloader Xiaomi Mi A1 ini terbilang sangat mudah, bahkan tidak perlu lagi harus menunggu persetujuan dari Xiaomi berupa SMS. Sehingga kapanpun dan dimanapun kamu bisa meng-unlock bootloader Mi A1. Adapun bahan-bahan yang harus kamu butuhkan ialah:
- Minimal ADB dan Fastboot di sini
- Kabel USB Type-C
- Xiaomi Mi A1

Caranya:
1. Ada baiknya backup dulu semua data-data penting yang ada di internal memory Mi A1. Walaupun sudah berapa kali admin melakukan unlock bootloader dan belum pernah kejadian hilang data-data di internal, namun ada baiknya kamu backup saja terlebih dahulu
2. Install Minimal ADB dan fastboot tadi ke komputer kamu, nanti secara otomatis akan terbuat shortcut di desktop
3. Sebelum Xiaomi Mi A1 di sambungkan ke komputer, aktifkan terlebih dahulu mode developer dengan cara masuk ke pengaturan > about phone > lalu tap beberapa kali pada Build number hingga muncul tulisan "kamu sekarang sudah menjadi pengembang"
4. Tekan tombol back > developer mode > centang USB debugging dan centang juga Unlocking OEM atau bisa tonton videonya di bawah ini:


5. Matikan Mi A1 kamu, lalu setelah mati, tekan dan tahan tombol Power beserta volume bawah secara bersamaan hingga muncul logo Mi bunny (mode fastboot)
6. Sambungkan Xiaomi Mi A1 ke komputer via kabel USB
7. Jalankan Minimal ADB dan Fastboot melalui shortcut di desktop
8. Ketikkan perintah fastboot devices > kemudian tekan enter
9. Apabila muncul kombinasi huruf dan angka, maka Mi A1 kamu berhasil terdeteksi di komputer
10. Lanjut ketikkan perintah fastboot oem unlock lalu tekan enter
11. Jika muncul tulisan finished. Selamat Xiaomi Mi A1 kamu berhasil ter unlock bootloader

Bagaimana Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi A1? Apakah Harus Tunggu SMS Persetujuan Dulu? Stop Menunggu!

12. Agar lebih meyakinkan, silahkan kamu cek status bootloader tersebut melalui tutorial yang ada di sini
13. Tutorial dalam bentuk videonya akan segera admin upload setelah unit Mi A1 nya di tangan. Update, cek di bawah ini:


Kalau ditanya apakah dengan meng-unlock bootloader akan menghanguskan garansi? Nah jawabannya adalah abu-abu. Dari dulu Smartphone Xiaomi itu terkenal akan kebebasannya dalam mengkustomisasi sistem. Dengan demikian para pengguna bisa dengan bebas menginstall custom mod, unlock bootloader, root superSU, Magisk, Xposed dan lain sebagainya tanpa harus takut hilang garansi.

Admin sendiri selama menggunakan Xiaomi bergaransi resmi pernah 1 kali klaim garansi dan unit yang admin klaim diganti mesin secara total dan tidak ada pertanyaan apakah unit tersebut pernah di unlock atau pernah di root. Asalkan tidak ada tanda-tanda terkena air, dibongkar sendiri maka Xiaomi Indonesia akan menggantinya. Oh iya, sudah admin buatkan juga F.A.Q seputar Xiaomi Mi A1 yang sering ditanyakan oleh calon pembeli di sini

Nampaknya hal ini juga besar kemungkinan akan berlaku juga pada Xiaomi Mi A1. Jadi tidak perlu khawatir lagi untuk urusan unlock bootloader. Sampai di sini dulu tutorial cara unlock bootloader Xiaomi Mi A1. Semoga saja admin bisa membeli Smartphone yang satu ini sehingga makin banyak tutorial dalam bentuk videonya. Bantu admin untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya