Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Sering Muncul Pesan "Tunggu sebentar atau Just a Sec" di Smartphone Xiaomi Kamu? Coba 8 Tips Berikut Ini!

Kenapa sering muncul pesan loading "Tunggu sebentar atau Just a Sec" di Smartphone Xiaomi saya ya? Bahkan untuk kembali ke homescreen saja sering muncul seperti itu. Belum lagi terkadang susunan icon yang sudah saya atur kembali lagi ke bentuk semula. Lantas bagaimana caranya agar loading screen "Tunggu sebentar atau Just a Sec" tidak muncul lagi? Simak penjelasannya berikut.

Sering Muncul Pesan "Tunggu Sebentar atau Just a Sec" di Smartphone Xiaomi Kamu? Coba 8 Tips Berikut Ini!

Sering Muncul Pesan "Tunggu sebentar atau Just a Sec" di Smartphone Xiaomi Kamu? Coba 8 Tips Berikut Ini!
Sering Muncul Pesan "Tunggu sebentar atau Just a Sec" di Smartphone Xiaomi Kamu? Coba 8 Tips Berikut Ini!

Admin yakin tak satupun dari pengguna Smartphone Xiaomi yang tidak pernah menemui pesan loading sakral "Tunggu sebentar atau Just a Sec" di Smartphone Xiaomi mereka. Entah itu mau entri level seperti seri Redmi Hingga sekelas High end flagship Mi6 pun bakal menemui pesan atau notifikasi "tunggu sebentar". Sebenarnya apa itu "Tunggu Sebentar" dan kenapa pesan tersebut terkadang muncul secara acak di Smartphone Xiaomi?

Admin sendiri selama menggunakan Smartphone Xiaomi mulai dari seri terendah Redmi Note 3G, Redmi Note 3 MTK, Redmi Note 3 PRO hingga yang sekarang ini Mi5 PRO cukup sering walau tidak selalu menemui pesan "Tunggu sebentar atau Just a Sec". Nah biasanya pesan loading seperti ini muncul karena admin melakukan suatu pengaturan tertentu sehingga dibutuhkan restart system UI atau dari launchernya sendiri namun tidak jarang pesan loading "Tunggu sebentar atau Just a Sec" juga muncul tanpa ada tanda-tanda terlebih dahulu.

Apakah pesan "Tunggu sebentar atau Just a Sec" ini termasuk bug? hemm, kalau menurut admin sih ini semacam notifikasi loading saja kecuali memang pesan ini terus muncul bahkan ketika kamu berpindah antar aplikasi, baru bisa dikatakan bug. Buat kamu pengguna Smartphone Xiaomi yang sering menemui notifikasi "Tunggu sebentar atau Just a Sec" ini, admin ada beberapa cara meminimalisirnya.

Install Aplikasi yang Penting-Penting Saja
Dari judulnya saja pasti sudah pada tahu kan maksud admin. Admin maklumi kok terutama yang baru saja membeli Smartphone Xiaomi apalagi baru pertama kali punya hape canggih. Segala aplikasi dan game ingin diinstall semuanya sehingga memori internal sesak belum lagi penggunaan RAM yang super gila membuat ponsel Xiaomi kamu makin lemot.

Ujung-ujungnya notifikasi "Tunggu sebentar atau Just a Sec" bakal rajin menyambangi ponsel Xiaomi kamu. Oleh karena itu installah aplikasi yang berguna saja, kalaupun terpaksa harus menginstall banyak aplikasi, tapi jangan di set auto run saat awal booting.

Biasakan Untuk Membersihkan Sampah
Walau terdengar sepele tapi selama admin mempraktekkannya, bisa mengurangi munculnya notifikasi "Tunggu sebentar atau Just a Sec" pada Smartphone Xiaomi. Caranya cukup mudah tinggal masuk ke security atau keamanan lalu pilih > pembersih atau cleaner. Nanti Cleaner tersebut akan melakukan pemindaian otomatis mulai dari cache, iklan, paket, dan sebagainya.

Atur sebagai pemindai otomatis sehingga nanti jika ada file sampah yang sudah penuh terakumulasi bisa dengan mudah muncul notifikasi untuk menghapusnya. Besaran file sampah sendiri bisa hingga 1 GB loch jadi lumayan kan bisa memperluas memory penyimpanan internal kamu.

Gunakan Tema yang Ringan
Nah loch apa coba hubungannya dengan tema? Tema yang menarik dengan banyak animasinya memang begitu banyak disukai oleh pengguna Smartphone Xiaomi, entah itu animasinya, efek transisi dan lain sebagainya, namun kesemua itu membawa konsekuensi yaitu besarnya kapasitas dari tema itu sendiri. Coba saja kamu bandingkan antara tema yang full animasi dengan tema standar. Pasti tema yang full animasi akan memiliki ukuran yang besar sedangkan tema standar memiliki ukuran yang kecil.

Efek dari tema berat ini akan memunculkan notifikasi "Tunggu sebentar atau Just a Sec" terutama pada saat kamu selesai mengaplikasikan tema tersebut. Walau mungkin cuma sekali muncul pesan loading tersebut, namun suatu saat jika RAM pada ponsel Xiaomi kamu penuh besar kemungkinan akan terjadi reload. Nah proses reload ini yang akan memunculkan kembali pesan "Tunggu sebentar atau Just a Sec".

Gunakan Launcher Default
Wah kalau ingin mungkin kembali ke selera masing-masing yah. Dari sekain banyak launcher yang sudah admin coba, mau gimanapun memang akan kembali lagi pada default launcher. Menurut admin default launcher lebih bagus dalam pengintegrasian dengan system dari rom itu sendiri, seperti halnya antara default laucher Xiaomi dengan Rom Miui.

Namun begitu kembali lagi ke selera masing-masing. Kalaupun mau menggunakan laucher pihak ketiga yang ada di Playstore, usahakan untuk memilih launcher yang ringan sehingga tidak terlalu memberati sistem. Lebih bagus lagi jika kamu tetap menggunakan default launcher Xiaomi.

Aktifkan Mode Tetap Aktivitas
Opsi "Mode Tetap Aktivitas" ini jarang dijamah pengguna Xiaomi terkhusus yang kurang perhatian dengan ponsel mereka. Caranya cukup mudah yaitu aktifkan terlebih dahulu mode pengembang dengan cara tap sebanyak 7x kali pada Miui version yang ada di about phone, lalu masuk ke pengaturan > setelan tambahan > opsi pengembang > lalu cari jangan simpan kegiatan > centang.
Kekurangan dari cara ini adalah setiap aplikasi yang selesai kamu buka bakal tertutup sendiri dan ini sebenarnya sebuah kekurangan juga karena bisa saja notifikasi dari aplikasi sosial media kamu seperti facebook, line, whatsapp, instagram, bigoo, dan sebagainya akan tertunda. Jadi gunakan sebaiknya.

Update ke Miui Versi Terbaru
Usahakan untuk menggunakan rom Miui versi terbaru karena akan memperbaiki bug-bug yang sudah ada pada rom sebelumnya. Namun begitu untuk rom versi stabil tidaklah bisa setiap minggu ada update rom terbaru. Yah bisa jadi sebulan sekali atau lebih lama, namun untuk rom versi stabil lebih bagus digunakan buat harian.

Buat kamu yang ingin terus mendapatkan update serta fitur menarik bisa menggunakan rom Miui versi developer. Karena update terbaru akan diberikan setiap hari Jumat waktu china pastinya hahaha..

Pakai Module Xposed yang Penting Saja
Sepengalaman admin selama menggunakan Smartphone Xiaomi, module xposed yang paling banyak menyumbang munculnya notifikasi loading "Tunggu sebentar atau Just a Sec", terutama ketika kamu menggunakan sebuah module yang berhubungan dengan modifikasi tampilan, baik itu laucher maupun system UI.

Contohnya adalah module xMiui yang mana di dalamnya kamu bisa memodifikasi tampilan dari antarmuka Miui. Loading screen "Tunggu sebentar atau Just a Sec" dibutuhkan untuk menyesuaikan hasil dari pengaturan yang telah kamu lakukan tadi. Oleh karena itu gunakan module Xposed yang seperlunya saja, selain lebih efisien juga meminimalisir terjadinya bentrok antar module Xposed.

Kunci Aplikasi yang Sering Digunakan
Aplikasi apa saja yang sering kamu gunakan di Smartphone Xiaomi? Facebook, instagram, Whatsapp, Line, BBM? Nah kesemua aplikasi tadi silahkan kamu kunci melalui recent apps dengan cara menariknya ke bawah, nanti akan muncul icon kunci di pojok kanan atau aplikasi.
Cara seperti ini terbukti cukup efektif dalam mengurangi efek loading "Tunggu sebentar atau Just a Sec" yang biasanya menghinggapi ponsel Xiaomi. Selain itu juga semua notifikasi penting tidak akan tertunda karena aplikasi-aplikasi tadi sudah kamu kunci.

Besaran RAM 2 GB, 3 GB, 4 GB hingga 6 GB sudah barang wajar di Smartphone Xiaomi. Bahkan untuk seri Redmi 3/PRO yang merupakan lini terendah di tahun 2016 kemarin saja sudah dibekali RAM 2GB serta yang terbaru sekarang adalah Mi6 dengan besaran RAM 6GB, namun nyatanya masih saja ditemui pesan loading "Tunggu sebentar atau Just a Sec". Mengapa bisa demikian?
Tidak lain karena Rom Miui itu sendiri yang terkenal akan rakus RAM. Selain itu karena memang rom Miui memiliki banyak fitur tambahan yang sebagian besar disediakan atas permintaan dari Mi Fans itu sendiri. Berbeda dengan stock rom android yang terkena bersih, dan ringan.

Yah semoga saja dengan 8 Tips cara mengatasi "Tunggu sebentar atau Just a Sec" bisa mengurangi durasi dari notifikasi loading tersebut. Apabila kamu punya cara lain yang lebih mudah bisa tuliskan di kolom komentar dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya