Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

"Smartphone Xiaomi Saya Tidak Mau Dicharge: Apa yang Harus Dilakukan?" Simak Tips Berikut

"Sudah coba gonta-ganti kabel USB dan kepala charger tadi hasilnya tetap nihil. Smartphone Xiaomi saya tetap tidak bisa dicharge. Memang awalnya muncul indikator petir tanda proses pengisian berjalan namun lama-kelamaan hilang dan akhirnya ponsel Xiaomi saya tidak bisa diisi ulang lagi baterainya. Lantas apa yang harus saya lakukan?" Simak tipsnya berikut ini.

"Smartphone Xiaomi Saya Tidak Mau Dicharge: Apa yang Harus Dilakukan?" Simak Tips Berikut

"Smartphone Xiaomi Saya Tidak Mau Dicharge: Apa yang Harus Saya Lakukan?" Simak Tips Berikut
"Smartphone Xiaomi Saya Tidak Mau Dicharge: Apa yang Harus Saya Lakukan?" Simak Tips Berikut

Admin dan kamu yang pernah lama menggunakan Smartphone Xiaomi pasti sedikit banyak pernah mengalami masalah dimana Smartphone Xiaomi tidak mau di charge atau diisi ulang daya baterainya dan yang lebih lucunya lagi ketika dicharge bukannya bertambah malah berkurang.. Yup benar, malah berkurang. Hal ini pernah admin alami pada Xiaomi Mi5 PRO melalui artikel yang ada di sini.

Baru-baru ini ada teman admin yang berkunjung ke rumah dan punya masalah yang sama yaitu Xiaomi Redmi Note 3 PRO nya tidak dicharge, padahal belum lama ini dia sudah memasukkannya ke tempat servis kemudian dilakukan penggantian sparepart, namun setelah kurang dari sebulan digunakan, penyakit Redmi Note 3 PRO nya yang tidak bisa dicharge kambuh lagi.

Admin sudah coba beberapa cara seperti mengganti kabel USB, menggunakan kepala charger lain, pakai station charger khusus dari AUKEY (cek reviewnya di sini), hingga coba membongkar Redmi Note 3 PRO dengan maksud mengganti PCB port USB juga hasilnya sama. Dugaan awal, mungkin saja yang bermasalah ini ada pada PCB port USB namun setelah dilakukan penggantian, kami berkesimpulan jika yang bermasalah ada pada chip atau IC charging.

Dikarenakan kekurangan alat, teman admin memutuskan untuk membeli unit baru saja sebagai pengganti dari Redmi Note 3 PRO yaitu Redmi Note 4 PRO. Tidak lain karena kebutuhan pekerjaan yang menuntut komunikasi cepat. Sembari mencari tempat servis yang mumpuni. Dari beberapa pengalaman tersebut, admin akan coba rangkum, apa saja yang dapat kamu lakukan jika suatu saat nanti Smartphone Xiaomi kamu tidak mau dicharge:

Cek Kabel USB
Hal yang paling awal kamu lakukan jika Smartphone Xiaomi tidak mau dicharge adalah dengan mengecek kabel USB. Lihat apakah kondisi kabel masih bagus semisal tidak ada yang robek,putus atau tertekuk. Bisa saja dari luar kabel USB nampak terlihat baik-baik saja namun ternyata pada bagian kabel tembaganya sudah putus. Untuk itu coba ganti dengan kabel USB yang lain.

Cek Slot USB
Seiring lamanya usia penggunaan, yang namanya barang elektronik pasti ada saja ditemui masalah contohnya slot USB. Karena keseringan digunakan maka slot USB bisa saja kendur.

Selain usia pemakaian, faktor sering gonta-ganti kepala USB yang berbeda- beda ditambah oleh kebiasaan yang kurang baik semisal ujung kepala Micro USB sering tertekuk, membuat slot USB atau port USB semakin kendur. Solusinya bisa dengan mengganti slot USB atau pakar cara legend yaitu dengan menggerak-gerakkannya ke lain arah hingga proses pengisian berhasil terdeteksi.

Cek Kepala Charger
Admin yakin, sebelum membaca artikel ini, sudah berapa kepala charger yang kamu gonta-ganti tapi hasilnya tetap saja nihil. Namun begitu, cobalah pada kepala charger original. Tidak harus dari Xiaomi kok tapi bisa juga dari brand lain yang penting original. Syukur-syukur kalau kamu punya charger station yang sudah besertifikat dari Qualcomm

Cek Arus Listrik yang Mengalir
Jika yang terjadi adalah pada saat proses pengisian baterai malah terus berkurang hingga akhirnya sama sekali tidak mengisi, coba gunakan Ampere meter untuk mengecek berapa arus yang masuk dari sekian banyak Ampere meter, admin merekomendasikan merek Keweisi yang bisa kamu lihat ulasan plus videonya di sini.

Jika belum punya Ampere meter, bisa juga menggunakan aplikasi Ampere meter yang bisa kamu unduh di Playstore

Cek Kondisi Baterai
Ada dua cara untuk mengetahui kondisi baterai yaitu bisa dengan melihat secara fisik langsung atau juga bisa melalui software. Untuk melihat dari kondisi langsung bisa dengan mudah yaitu memperhatikan apakah ukuran baterai menjadi tidak normal semisal menggembung, bocor dan sebagainya. Sedangkan via software bisa dengan dial number *#*#4636#*#* > info baterai > kondisi baterai. Apabila kondisi baterai sudah tidak layak lagi, berarti memang perlu dilakukan penggantian

Ganti PCB/board port USB
Lakukan penggantian PCB atau board port USB jika memang kamu yakin masalah tersebut ada pada unit PCB USB nya. Memang sih sifatnya masih spekulasi. Namun apa salahnya untuk dicoba. Harga board PCB USB Xiaomi sendiri dikisaran 50rb ke atas.

Sekedar saran saja, coba beli PCB dari hasil kanibalan Xiaomi yang satu model sehingga lebih terjamin orisinalitasnya dan satu lagi yang perlu kamu ingat bawah dengan mengganti PCB USB maka secara tidak langsung sudah menghanguskan garansi.

Klaim Garansi
Ini langkah terakhir sekaligus pamungkas dari kesemua cara yang belum membuahkan hasil juga yaitu dengan melakukan klaim garansi. Pastikan nota pembelian masih ada karena biasanya pihak SC akan meminta Nota pembelian untuk persyaratan klaim garansi. Jika lancar biasanya SC akan mengganti mesin ponsel Xiaomi kamu sepenuhnya.

Itulah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan ketika dihadapkan masalah ponsel Xiaomi tidak bisa dicharge. Apabila kesemua cara di atas tidak bisa menyelesaikan masalah, mau tidak mau berarti harus dibawa ke tukang Service. Saran dari admin carilah tukang Service yang dapat dipercaya atau kalau memang kamu belum pernah Service sebelumnya, carilah tempat Service yang punya reputasi baik.

Kalaupun tidak ada dan mengaruskan untuk servis di luar kota, maka carilah yang sudah banyak ulasannya. Admin sendiri hingga sekarang ini belum pernah servis ponsel di luar kota karena faktor kepercayaan tadi, tapi kalau sudah punya tempat servis bagus di luar kota yah monggo. Okey,!! Bantu admin untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya