Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Xiaomi Mi5 Kamu Tidak Muncul Suara? Play Lagu FLAC Tidak Ada Suara? Dari Pada ganti Chip Audio, Coba Tutorial FIX Satu Ini!

Bagaimana cara memperbaiki Xiaomi Mi5 yang tidak ada suaranya? Dalam artian ketika memainkan lagu dalam format FLAC tidak muncul suara sama sekali, sedangkan untuk lagu berformat MP3 lancar-lancar saja? Buat kamu yang punya masalah seperti admin, silahkan simak cara penyelesaiannya berikut.

Xiaomi Mi5 Kamu Tidak Muncul Suara? Play Lagu FLAC Tidak Ada Suara? Dari Pada ganti Chip Audio, Coba Tutorial FIX Satu Ini!

Xiaomi Mi5 Kamu Tidak Muncul Suara? Play Lagu FLAC Tidak Ada Suara? Dari Pada ganti Chip Audio, Coba Tutorial FIX Satu Ini!
Xiaomi Mi5 Kamu Tidak Muncul Suara? Play Lagu FLAC Tidak Ada Suara? Dari Pada ganti Chip Audio, Coba Tutorial FIX Satu Ini!

Beberapa hari lalu Smartphone Xiaomi Admin sempat tidak mengeluarkan suara ketika memainkan musik, baik itu menggunakan speaker internal Mi5 PRO maupun menggunakan Headset Mi Piston IV. Jadilah admin beberapa hari tersebut absen mendengarkan musik. Memang sih DAP (Digital Audio Player) sudah digantikan dengan Sony Xperia Z1 Compact, namun karena suatu hal tidak bisa gunakan dulu lantaran dipinjam.

Okey, awalnya admin berpikir jangan-jangan hilangnya suara ini dikarenakan Chip Audio pada Xiaomi Mi5 PRO hangus alias rusak namun ketika digunakan untuk nonton Youtube, nonton film, Ringtones panggilan telepon, semuanya berfungsi normal baik menggunakan speaker internal maupun via headset. Anehnya lagi ketika play lagu lain ternyata masih bisa nyala suaranya, namun ketika memutar lagu berformat selai mp3 semisal FLAC sama sekali tidak ada suara (Aoi Shiori).

Padahal sebelumnya lagu berformat FLAC, WAV , ACC dan sebagainya bisa dieksekusi dengan baik oleh Mi5 PRO. Namun sekarang untuk lagu dengan format tertentu sama sekali tidak bisa diputar. Terkadang bar musiknya jalan namun tidak ada suara sama sekali, atau sama sekali bar musiknya tidak jalan. Admin sudah coba play musik tersebut di Aimp Player laptop dan berjalan dengan baik lagu tersebut.

Oleh karena itu admin coba lakukan beberapa langkah percobaan supaya Xiaomi Mi5 PRO admin kembali bisa memainkan lagu dengan format FLAC, WAV, ACC dan sebagainya, namun dengan catatan semua aplikasi, segala pengaturan dan data tidak hilang. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Siapkan recovery rom sesuai dengan versi yang sudah terbackup via custom rom TWRP. Buat yang belum punya recovery rom bisa ambil di sini. Dalam kasus ini admin menggunakan rom Miui 8 v8.1.4.0 based Android Marshmallow
2. Simpan recovery rom tadi di internal memory Mi5 PRO
3. Silahkan masuk ke mode TWRP
4. Setelah masuk ke TWRP, pilih wipe > advanced wipe > centang dalvic, cache, cust, system dan data
5. Swipe ke kanan untuk memulai proses wiping
6. Setelah itu kembali ke menu utama > pilih install > arahkan ke recovery rom > lanjut swipe ke kanan > tunggu proses instalasi hingga selesai
7. Setelah selesai pilih menu restore > pilih rom yang sudah dibackup sebelumnya > centang hanya system dan data > swipe ke kanan untuk memulai proses pemulihan
8. Jika sudah langsung reboot saja tanpa wipe cache
9. Selesai
10. Sekarang coba kamu mainkan lagu yang tidak bisa diplay sebelumnya
11. Biar lebih paham lagi sudah admin buatkan tutorial ini dalam bentuk video:


Masalah ini admin alami setelah sebelumnya menginstall Magisk Systemless yang pernah admin post di sini, dalam prakteknya admin backup terlebih dahulu rom Miui 8 via custom TWRP ZCX (cek di mari). Pada saat ingin backup rom, admin juga mencentang opsi DSP dan setelah proses pembuatan tutorial Magisk serta ingin kembali lagi ke rom sebelum di mod, admin merestore Rom Miui 8 tadi Ke Mi5 PRO termasuk DSP di dalamnya.

Setelah selesai restore rom serta dinyalakan, barulah ketahuan jika format lagu tertentu semisal FLAC tidak bisa dimainkan. Oleh karena itu admin coba lakukan eksperimen seperti yang sudah admin sebutkan di atas tadi dan ternyata berhasil 100%. Semua format lagu baik itu MP3, FLAC, WAV, ACC dan lain-lain semuanya bisa dimainkan. Terlebih admin tidak harus mengganti IC atau chip audio yang sering kali hinggap pada masalah ponsel Xiaomi (cek artikelnya di sini).

Buat kamu baik itu seri Mi5 maupun untuk seri lain semisal Redmi, jika menemui kendala di atas, jangan panik dulu dan langsung bawa ke tukang servis. Siapa tahu masalahnya bisa diselesaikan seperti yang sudah admin paparkan di atas dan kamu bisa menghemat uang. Lumayan kan bisa dibelikan nasi ama kerupuk plus kecap buat di akhir bulan hahaha..

Sekian tutorial cara memperbaiki Xiaomi Mi5 PRO yang tidak bisa play musik berformat tertentu. Mari berdiskusi di kolom komentar jika ada yang kurang dipahami dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya