Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Xiaomi Mi5x Kamu Bootloop Gagal Booting Hingga Hardbrick? Coba Tutorial Test Point Berikut Ini

Xiaomi Mi5x kamu gagal booting sehingga hanya berputar-putar di logo Mi saja? Sudah coba disambungkan ke komputer dan hanya terdeteksi sebagai Qualcomm HS-USB Qdloader 900E? Atau malah Xiaomi Mi5x kamu tidak mau menyala sama sekali alias mati total? Admin masih punya satu solusi lagi yaitu unbrick melalui metode test point. Simak cara lengkapnya berikut.

Xiaomi Mi5x Kamu Bootloop Gagal Booting Hingga Hardbrick? Coba Tutorial Test Point Berikut Ini

Xiaomi Mi5x Kamu Bootloop Gagal Booting Hingga Hardbrick? Coba Tutorial Test Point Berikut Ini
Xiaomi Mi5x Kamu Bootloop Gagal Booting Hingga Hardbrick? Coba Tutorial Test Point Berikut Ini

Xiaomi Mi5x merupakan Smartphone seri Mi5 pertama yang mengusung dual Kamera dengan setup kepunyaan Apple iPhone 7 Plus. Mi5x juga membawa DNA design yang mirip dengan saudara pendahulunya yaitu Mi5c. Walhasil soal tampilan juga menurut selera admin sudah lebih keren dari Mi5 PRO haha..

Namun semua itu tidak akan berguna jika Xiaomi Mi5x kamu tersebut terjangkit sebuah penyakit langganan yaitu Bootloop, hardbrick atau yang paling mudahnya yaitu tidak bisa masuk ke mode EDL download. Nah loh, kenapa bisa admin sebut sebagai penyakit langganan?

Sudah menjadi rahasia umum jika mayoritas pengguna ponsel Xiaomi tuh adalah opreker, baik dari tingkat pemula hingga pro. Nah yang namanya oprek atau tindakan mod tersebut pasti memiliki resiko sekecil apapun di antaranya adalah bootloop, hardbrick alias mati total. Entah itu dikarenakan kesalahan dari pengguna itu sendiri hingga seperti persiapan flashing yang kurang lengkap hingga karena kesalahan dari rom itu sendiri.

Belum lagi kebijakan dari Xiaomi yang sudah mengunci mode download EDL mereka sehingga pengguna yang ingin melakukan flashing rom melalui MI Flashtool akan kesulitan karena diwajibkan untuk unlock bootloader terlebih dahulu. Padahal tidak semua orang mungkin membutuhkan bootloader dalam posisi unlock.

Apabila kamu menemui masalah pada Xiaomi Mi5x yang gagal booting ke homescreen atau mati total sama sekali seperti yang sudah admin sebutkan di atas, jangan buru-buru panik karena kamu sedang membaca tutorial cara memperbaikinya yaitu dengan menggunakan metode test point. Yup Dikarenakan MI5x dipersenjatai prosesor Snapdragon dari Qualcomm, maka jadilah ada titik penyelamat berupa test point.

Seperti tutorial test point yang sudah-sudah, agar bisa menjalankan tutorial ini kamu diharuskan untuk mengikhlaskan Xiaomi Mi5x kamu dibuka bagian back cover nya dan membuka sekrup yang mengunci mainboard/PCB atau dengan kata lain adalah menghanguskan garansi.

Agar tidak melukai back cover Mi5x, admin rekomendasikan tools andalan admin dalam mereparasi ponsel Xiaomi di sini. Sedangkan bahan-bahannya:
- Mi Flashtool dan Mi PC Suite terbaru di sini
- Fastboot rom khusus untuk Mi5x di sini
- Seutas serat kabel tembaga atau pinset

Caranya:
1. Silahkan buka bagian belakang Xiaomi Mi5x menggunakan tools yang sudah admin rekomendasikan di atas
2. Disable dulu driver signature yang ada pada Windows, caranya sudah admin buatkan di sini
3. Jika sudah baru kamu install Mi Flashtool dan Mi PC suite
4. Ekstrak fastboot rom Mi5x tadi menggunakan file ekstraktor
5. Lepaskan kabel flexibel pada baterai Mi5x kemudian sambungkan kembali
6. Colokkan salah satu ujung kabel USB Type-C ke komputer
7. Sambungkan kedua titik test point seperti gambar di bawah ini menggunakan pinset atau serat kabel tunggal tembaga


8. Sambungkan ujung satunya ke Mi5x
9. Buka device manager, jika tulisan Qualcomm HS-USB Qdloader 900E tadi sudah berubah menjadi Qualcomm HS-USB Qdloader 9008 maka kamu bisa menjalankan Mi Flashtool dan melakukan proses flashing seperti biasa
10. Setelah proses flashing tekan dan tahan agak lama tombol Power untuk menyalakan booting awal

Catatan:
- Kredit to Wilson@Aheibam@enMiuiorum

Salah satu hal krusial yang ada pada Smartphone Xiaomi adalah terdeteksinya sebagai Qualcomm HS-USB Qdloader 900E pada Windows sehingga ketika dilakukan proses flashing via Mi Flashtool akan muncul pesan error, sehingga Mi5x kamu bisa saja terjadi bootloop, padahal dalam keadaan normal harusnya terdeteksi sebagai Qualcomm HS-USB Qdloader 9008.

Jika kamu masih takut unbrick Xiaomi Mi5x menggunakan Test point,masih ada satu cara lagi yang lebih mudah yaitu dengan menggunakan kabel DFC atau Deep Flash Cable. Untuk tutorial yang satu ini bisa kamu lihat skema lengkapnya di sini. Kunci dari unbrick ponsel Xiaomi itu jangan keburu panik, coba buka-buka kategori unbrick yang ada pada website ini. Karena admin sendiri sudah mengelompokkannya agar lebih mudah dicari.

Sekian tutorial cara test point pada Xiaomi Mi5x, jika ada yang kurang dipahami, mari berdiskusi di kolom komentar dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya