Lakukan Hal Ini Sebelum IMEI Xiaomi Redmi 4X Kamu terlanjur Hilang: Tutorial Backup NVRAM dan IMEI

Admin yakin, pada saat Xiaomi Redmi 4x kamu hilang IMEI,tidak bisa menangkap sinyal operator lagi, baru mencari tutorial cara mengembalikan IMEI, NVRAM dan sebagainya di mbah google. Nah yang jadi pertanyaan admin sekarang adalah kemarin-kemarin kamu kemana saja? Kalau butuh baru dicari.. huh.. dasar ga peka.. hahaha..

Lakukan Hal Ini Sebelum IMEI Xiaomi Redmi 4X Kamu terlanjur Hilang: Tutorial Backup NVRAM dan IMEI

Lakukan Hal Ini Sebelum IMEI Xiaomi Redmi 4X Kamu terlanjur Hilang: Tutorial Backup NVRAM dan IMEI
Lakukan Hal Ini Sebelum IMEI Xiaomi Redmi 4X Kamu terlanjur Hilang: Tutorial Backup NVRAM dan IMEI

Tak dapat dielakkan, mau secanggih apapun spesifikasi yang dibawa oleh sebuah smartphone semisal Quad Core, Octa Core, Adreno 540, RAM 8 GB tapi jika tidak bisa digunakan untuk menelepon dan berinternet ria, maka tak ubahnya Smartphone tersebut mirip sebuah MP4 player biasa. Kenapa itu bisa terjadi, kenapa tidak bisa menangkap sinyal operator? Tidak lain karena IMEI dan juga NVRAM yang ada pada Smartphone tersebut error, Null dan sebagainya. Lantas bagaimana cara memperbaikinya?

Sudah menjadi kebiasaan admin sedari punya Smartphone Xiaomi untuk membiasakan diri membackup IMEI sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan semisal hilang IMEI dan NVRAM tadi bisa dengan mudah direstore. Buat kamu pengguna Xiaomi Redmi 4x Santoni juga ada baiknya membiasakan diri untuk membackup IMEI dan NVRAM secara rutin, atau setidaknya 1x untuk satu versi Miui. Sehingga jika sinyal hilang tiba-tiba bisa dengan direstore.

Adapun bahan dan cara dari backup plus restore IMEI & NVRAM Xiaomi Redmi 4X sebagai berikut:
- QPST 2.7.437 di sini
- USB Driver di sini
- Kabel USB

Caranya:
1. Install QPST yang sudah kamu ambil di atas beserta driver USB nya
2. Sambungkan Xiaomi Redmi 4x ke komputer dalam keadaan menyala menggunakan kabel USB
3. Bukan papan telepon lalu dial *#*#13491#*#
4. Nanti secara otomatis akan dibawa pada sebuah menu, lalu pilih DIAG > SERIAL_SMD > RMNET_BAM > ADB
5. Buka device manager pada Windows, dan pastikan Xiaomi Redmi 4X kamu terdeteksi sebagai Qualcomm HS-USB Diagnostics 9091
6. Jalankan aplikasi QPST > lalu pilih tools > QCN Backup Restore
7. Kemudian pilih jendela Backup QCN dan silahkan Backup seperti biasa
8. Nah untuk melakukan restore QCN tinggal lakukan hal yang sama namun pilih jendela restore


Pada saat merestore IMEI nanti, usahakan untuk pada versi yang sama atau setidaknya pada rom Miui versi yang sama. Misalkan backup IMEI nya di Miui 8 maka restore lah di Miui 8. Hal itu juga sebaliknya jika backup IMEI pada Miui 9. Jika setelah restore IMEI namun masih saja Redmi 4X kamu tidak bisa menerima sinyal. Coba diingat-ingat lagi, apakah sebelumnya pernah terbanting? Ini penting karena Smartphone yang sering terjatuh lebih rawan hilang sinyal.

Kalau sudah rusak ke hardware, mau tidak mau harus segera dilakukan penggantian sparepart ke tukang service atau ke service center. Syukur-syukur jika masih dalam masa garansi karena akan lebih mudah. Sekian tutorial cara backup dan restore IMEI pada Xiaomi Redmi 4x, jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url