Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Muncul Suara Kletek-Kletek Aneh dari Module Kamera Smartphone Xiaomi? Itu Rusak Kah?!! Ini Penjelasannya

Pernah dari kamu Mi Fans Indonesia yang menyadari atau mungkin tidak sengaja mengguncangkan, menggoyangkan Smartphone Xiaomi (shake) atau menggeletakkannya di atas permukaan data dan keras terdengar suara aneh seperti ada sesuatu yang bergerak, copot atau lepas? Setelah diselidiki ternyata suara tersebut berasal dari module kamera Xiaomi. Apakah itu normal atau memang ada sesuatu yang lepas alias rusak?

Muncul Suara Kletek-Kletek Aneh dari Module Kamera Smartphone Xiaomi? Itu Rusak Kah?!! Ini Penjelasannya

Muncul Suara Kletek-Kletek Aneh dari Module Kamera Smartphone Xiaomi? Itu Rusak Kah?!! Ini Penjelasannya
Muncul Suara Kletek-Kletek Aneh dari Module Kamera Smartphone Xiaomi? Itu Rusak Kah?!! Ini Penjelasannya

Nah hal ini juga admin alami semenjak menggunakan Xiaomi Redmi Note 3 PRO Kenzo yang pada saat itu admin ingin jual karena mau upgrade ke Mi5 PRO. Pada awalnya admin belum begitu menyadari ada suara aneh dari module kamera Redmi Note 3 PRO, namun entah karena sesuatu apa gitu jadi terdengar lebih jelas. Admin khawatir jika ada yang copot dari module kamera tersebut. Mana mau dijual lagi ke orang lain, kalau sampai dikomplain kan bisa berabe.

Namun pada saat admin cek sendiri dengan menggunakan kamera Redmi Note 3 PRO tersebut secara konstan serta merekam video, sama sekali tidak ada hal yang aneh atau terjadi kerusakan. Terus kletak-kletak dari module kamera Xiaomi itu apa? Sampai disitu admin belum mencari tahu penyebab dari suara aneh yang muncul dari module kamera Xiaomi. Hingga pada saat membeli Xiaomi Mi5 dan Mi A1 ini admin rupanya juga menemukan suara yang sama. Akan tetapi untuk Mi5 PRO sendiri tidak terlalu kuat suaranya, sedangkan module kamera Xiaomi Mi A1 terdengar lebih berisik ketika ditepukkan ke telapak tangan.

Padahal hal ini belum pernah admin temui sebelumnya pada Xiaomi Redmi Note 3 Mediatek dan Redmi Note 3G WCDMA. Apakah semua module kamera Xiaomi sekarang semua berbunyi kletak-kletak ketika ditepukkan? Admin sendiri berinisiatif membuat artikel ini karena pernah baca ada yang punya pertanyaan sama di grup, mumpung ingat jadi admin bahas saja serta coba cari-cari informasi mengenai suara aneh dari module kamera Xiaomi.

Namun kebanyakan di Google yang dibahas malah cara menghilangkan suara kamera pada saat mengambil foto. Mau mengetikkan suara kletak-kletak module kamera Smartphone Android juga tidak ketemu. Jadilah admin coba cari-cari dengan kata kunci bahasa inggris yaitu "Weird Sound When Shake Smartphone from Camera Lens" dan hasilnya admin mendapati pertanyaan yang mirip dengan apa yang admin cari.

Akan tetapi di situ tertulis untuk Smartphone Samsung, berikut adalah kutipannya:
"Ask: What is the rattling sound I hear when I shake my Samsung Galaxy S5?
Answer: The device supports a high speed shutter function that automatically focuses the camera. The sound you hear is the camera lens shutter moving inside the barrel and it's a normal sound. When you turn the camera on the sound will stop as it is actively focusing. Sometimes the device makes this sound when you vibrate or lightly shake the device.
Important: The Camera module has a part installed that limits lens unit movement in the space for the camera module so the part will not break when you shake the device."


Jadi sederhananya suara aneh yang berasal dari module kamera Smartphone Xiaomi tersebut berasal dari pergerakan auto fokus kamera dan itu tidak perlu dikhawatirkan karena normal saja. Selain itu pergerakan auto fokus tersebut juga sudah dalam taraf normal karena sudah diberi pembatas.
Akhirnya admin bisa tidur dengan nyenyak hehe..

Jadi buat kamu yang punya pertanyaan serupa terkait suara aneh yang muncul dari kamera Xiaomi tidak perlu merasa khawatir lagi karena itu normal. Ini sejauh yang admin tahu saja, namun jika kamu punya informasi tambahan silahkan tulis di kolom komentar, like, +1 dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya