Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Panduan Cara Pasang TWRP + Root SuperSU Miui 9 Xiaomi All Type Khusus Pemula: Berani Coba?

Bagaimana cara root superSU pada rom Miui 9 Nougat Xiaomi? Apakah caranya masih sama saja dengan Rom Miui 8? dan Apakah Masih bisa menggunakan TWRP lama? Atau memang caranya sudah beda? Yuk simak penjabaran lengkapnya berikut ini.

Panduan Cara Pasang TWRP + Root SuperSU Miui 9 Xiaomi All Type Khusus Pemula: Berani Coba?

Panduan Cara Pasang TWRP + Root SuperSU Miui 9 Xiaomi All Type Khusus Pemula: Berani Coba?

Admin ingin tanya dulu, siapa saja yang sudah melakukan update dari Rom Miui 8 ke Miui 9? Nah buat yang belum update atau masih bingung cara update rom Miui 9 tanpa bantuan komputer, bisa ikuti link artikel tutorialnya di sini. Di situ sudah admin jelaskan secara lengkap cara instal rom Miui 9 beserta link rom recovery Miui 9. Jika masih kurang paham juga, sudah admin buatkan tutorial tersebut dalam bentuk video.

Okey, kali ini buat yang sudah melakukan update ke rom Miui 9. Admin akan bagikan cara root nya. Cara root ini pastinya untuk Smartphone Xiaomi yang sudah dalam keadaan unlock bootloader dan juga sudah terpasang custom TWRP. Buta para masta operekers pasti senyum-senyum baca artikel ini, namun di luar sana masih ada cukup banyak juga kok yang masih belum tahu cara root superSU Miui 9, sekalipun sudah baca-baca dan bahannya juga sudah siap tapi masih ragu untuk take Actionnya.

Nah dari pada ragu, serta mubazir saja bahan untuk root Miui 9 nya, mending baca sampai tuntas artikel ini. Cara root Miui 9 ini sudah admin praktekkan pada Xiaomi Mi5 PRO. Kenapa harus Mi5 PRO? karena cuma itu yang admin punya, namun cara root miui 9 itu sebenarnya hampir sama saja yaitu melalui custom TWRP Recovery. kalaupun tidak ada fasilitas auto root, kamu juga bisa menginstall root tersebut secara manual melalui TWRP official.

Buat pengguna rom Miui 9 developer china, tidak perlu lagi root, karena secara native rom Miui 9 china dev mendukung root melalui fitur security, namun buat pengguna developer global atau global stabil, wajib menginstall root superSU melalui TWRP. Pesan dari admin untuk menggunakan TWRP yang khusus dirancang untuk based Android kamu. Misalkan Mi5 PRO punya Miui 9 based Android 7 Nougat 7.0, maka gunakan TWRP based Nougat. Sama halnya dengan Redmi Note 3 PRO Miui9 Based Marshmallow, maka tetap bisa menggunakan TWRP lama (ZCX).

Hal yang harus Kamu persiapkan sebagai berikut:
- Custom TWRP:
+ Mi5c di sini
+ Mi5 Gemini di sini
+ untuk TWRP versi lain coba cek di sini

- File Root superSU di sini (jika di dalam TWRP nanti tidak ada fasilitas auto Root)

Caranya:
1. Masuk ke mode TWRP recovery
2. Buat yang masih belum tahu. Silahkan matikan ponsel Xiaomi kamu lalu tekan dan tahan tombol Power beserta volume atas. Apabila sudah muncul logo MI, segera dilepaskan
3. Setelah masuk mode TWRP, coba masuk ke Advanced lalu cari superSU. Biasanya opsi ini ada pada TWRP ZCX. Namun jika kamu menggunakan TWRP Cofface, coba pilih reboot atau setelah selesai flashing, nanti tekan back atau tekan reboot System. Nanti akan dikasih opsi untuk menginstall root superSU.
4. Root superSU via TWRP ZCX biasanya secara otomatis akan juga menginstall superSU APK, namun untuk TWRP Cofface biasanya harus install superSU lagi dari Playstore. Ingat ini hanya biasanya saja, bisa jadi TWRP Cofface juga sudah mendukung superSU APK untuk saat ini
5. Bagi pengguna TWRP official dari Team Win, wajib menginstall file superSU tadi yang sudah admin sediakan di atas
6. Proses booting biasanya memakan waktu yang cukup lama setelah menginstall root superSU tadi, jadi tunggu saja hingga Smartphone Xiaomi kamu masuk ke Homescreen
7. Untuk Device Xiaomi tipe lain silahan request di kolom komentar
8. Agar lebih mudah dipahami, sudah admin sertakan videonya di bawah ini:


Sejauh pengalaman admin, cuma TWRP official dari TeamWin yang tidak disertai auto root, sedangkan untuk TWRP Cofface, Inline, ALKA, apalagi ZCX. Keempat TWRP tadi sudah disematkan fitur Auto root. Jadi setelah selesai menginstall rom Miui 9, kamu bisa dengan mudah menginstall root superSU.

Apabila pada saat selesai menginstall root superSU tadi namun Smartphone Xiaomi kamu tidak bisa membaca kartu SIM. Jangan buru-buru panik, coba cari TWRP lain yang benar-benar bebas bug No SIM Card. Hal ini admin alami sendiri pada saat melakukan root superSU pada Xiaomi Mi5 PRO, dan bisa diperbaiki dengan cara flashing ulang menggunakan TWRP khusus Nougat Mi5, cek link artikelnya di sini.

Buat kedepannya misalkan ada Miui 10 sekalipun, jika ingin root, cukup menginstall file root superSU melalui TWRP. metodenya tetap sama saja. Okey mari berdiskusi di kolom komentar jika ada yang kurang dipahami dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya