Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Sensor Accelerometer Xiaomi Redmi 4A/Prada/Prime/X Kamu Error Sehingga Tidak Bisa Rotasi? Coba 7 Cara Ini

Beberapa hari belakangan ini admin menjumpai banyak keluhan dari pengguna Xiaomi Redmi 4 series, entah itu Redmi 4 Prada, Redmi 4A, Redmi 4 Prime maupun Redmi 4X. Satu keluhan yang sama mereka temui adalah fitur auto rotasi tidak berfungsi dengan baik sehingga dalam momen-momen tersebut, layar Redmi 4 series tidak dikembalikan ke posisi semestinya atau bahkan ketika diaktifkan mode rotasi pun tidak berfungsi.

Sensor Accelerometer pada Xiaomi Redmi 4A/Prada/Prime/X Kamu Error Sehingga Tidak Bisa Rotasi? Coba 7 Cara Ini

Sensor Accelerometer pada Xiaomi Redmi 4A/Prada/Prime/X Kamu Error Sehingga Tidak Bisa Rotasi? Coba 7 Cara Ini
Sensor Accelerometer pada Xiaomi Redmi 4A/Prada/Prime/X Kamu Error Sehingga Tidak Bisa Rotasi? Coba 7 Cara Ini

Fitur rotasi pada sebuah Smartphone dikendalikan oleh sensor yang bernama Accelerometer. Secara umum fungsi dari sensor Accelerometer adalah untuk mengukur derajat kemiringan dari sebuah Smartphone Xiaomi. Sederhananya dengan adanya sensor Accelerometer maka tampilan layar Smartphone Xiaomi kamu akan ikut berubah sesuai dengan orientasi layar, semisal di posisi berdiri maka layar akan tegak lurus dan ketika di miringkan 90 derajat akan ikut landscape.

Apa jadinya jika sensor Accelerometer mengalami eror? pastinya akan cukup mengganggu dari kenyamanan si pengguna Smartphone Xiaomi tersebut, contohnya saja seperti yang di alami oleh pengguna Redmi 4A, Redmi 4X, Redmi 4 Prada, dan Redmi 4 Prime. Sebenarnya pada artikel sebelumnya di sini, admin sudah pernah membahas bagaimana cara memperbaiki sensor Accelerometer yang error namun memang untuk Xiaomi Redmi Note 3. Akan tetapi sebenarnya sama saja dan bisa diterapkan pada Smartphone Xiaomi tipe lain termasuk Redmi 4 series ini.

Guna melengkapi tutorial sebelumnya, admin akan coba tambahkan beberapa tips atau cara yang bisa kamu tempuh guna memperbaiki sensor Accelerometer yang error pada Xiaomi Redmi 4 series:

1. Reboot
Walaupun kedengarannya sepele, tapi apa salahnya untuk dicoba mereboot Xiaomi Redmi 4 kamu. Hal ini sudah pernah dicoba sendiri oleh salah seorang member forum en-Miui yang bisa kembali normal sensor Accelerometer nya setelah reboot

2. Factory Reset
Apabila reboot tidak menyelesaikan masalah error Accelerometer pada Redmi 4 kamu, beberapa pengguna lain menyarankan untuk melakukan factory reset. Sebelum menjalankan factory reset, pastikan semua data-data penting yang ada dalam Redmi 4 series kamu sudah di backup ke komputer. Sekalian itu factory reset lebih direkomendasikan untuk pengguna Redmi 4 non root, sedangkan untuk yang sudah root dan terpasang custom TWRP bisa melakukan wipe cache dan dalvic.

3. Update Rom Miui Terbaru
Rom Miui versi terbaru pastinya akan membawa perbaikan bug pada versi sebelumnya, usahakan kamu sebagai pengguna Xiaomi untuk aktif mengecek pembaruan rom melalui updater. Namun perlu diingat, mengingat Smartphone Xiaomi yang di jual di pasar Indonesia itu kebanyakan melalui jalur distributor, maka pastikan terlebih dahulu jika rom Miui yang kamu gunakan sekarang adalah rom Miui official, jika masih terpasang rom distributor abal-abal, maka mau sampai kapanpun kamu tidak akan pernah bisa mendapatkan notifikasi update.

4. Flashing Ulang
Hampir sama dengan factory reset tadi, namun flashing ulang lebih merujuk kepada install ulang sehingga benar-benar OS yang ada di dalam Xiaomi Redmi 4 kamu akan di pasang ulang. Umumnya cara flashing ini menggunakan Mi Flashtool namun juga bisa melalui TWRP recovery. Flashing ulang bisa kamu tempuh dalam memperbaiki sensor Accelerometer yang error pada Redmi 4 series. Namun perlu diingat, keseringan melakukan flashing ulang juga bisa berdampak pada durabiliti eMMC. Buat yang belum tahu cara flashing ulang bisa membaca tutorialnya di sini

5. Lakukan Kalibrasi Ulang
Pada point ini sebenarnya sudah pernah admin bahas pada link yang admin kasih di atas. Intinya kamu diminta untuk masuk ke mode hardware test. Caranya cukup mudah, tinggal tap beberapa kali kernel version yang ada di about phone. Nah di situ kamu cari Accelerometer, lalu tekan tombol kalibrasi. Sebelum itu letakkan redmi 4 kamu pada bidang datar. Jika berhasil maka sensor Accelerometer pada Xiaomi Redmi 4 bisa berfungsi kembali.


6. Coba Diingat Apakah Pernah Jatuh
Untuk yang satu ini coba diingat-ingat lagi, jangan-jangan error sensor rotasi pada Xiaomi redmi 4 kamu gegara sebelumnya pernah terjatuh. Nah kalau yang satu ini admin tidak bisa kasih saran kecuali bawa ke tempat servis atau beli baru.

7. Klaim Garansi
Apabila kesemua cara di atas sudah kamu coba namun belum membuahkan hasil juga, ada baiknya coba lakukan klaim garansi ke tempat dimana kamu membeli Smartphone Xiaomi tersebut. Jika membeli online, coba kontak seller dan tanya tempat dimana garansinya. Untuk yang tinggal di kota besar terutama pulau Jawa akan lebih dimudahkan lagi karena tempat Service Center biasanya pada ngumpul di sana.

Berdasarkan yang admin baca-baca di forum, kasus error sensor Accelerometer ini juga dialami oleh pengguna Xiaomi di negara lain. Umumnya mereka mengeluhkan jika orientasi layar mati ketika digunakan dalam 2 hingga 3 jam. Sedangkan ketika baru pertama kali dinyalakan, sensor Accelerometer berjalan lancar dan tidak ada masalah sama sekali. Admin berspekulasi mungkin cacat produksi.

Sejauh ini, cara tersebut yang bisa admin bagikan ke kamu guna memperbaiki sensor Accelerometer yang error pada Xiaomi Redmi 4A, Redmi 4 Prime, Redmi 4 Prada, dan Redmi 4X. Jika kamu punya cara lain yang lebih mudah, silahkan tulis di kolom komentar, +1 like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya