Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Setelah Root SuperSU di Miui 9: Xiaomi Mi5 Kamu Tidak Bisa Membaca Kartu SIM? Coba Solusi yang Satu Ini!

Apa jadinya jika Xiaomi Mi5 PRO yang sudah kamu update ke Rom Miui 9 tidak bisa membaca kartu SIM sama sekali setelah di root superSU? Jadi dengan kata lain tidak bisa menerima sinyal operator. Buat yang sudah pusing dengan masalah ini serta mencarinya ke berbagai forum namun tetap saja belum membuahkan hasil. Coba Tutorial yang satu ini: Cara memperbaiki Xiaomi Mi5 tidak bisa baca kartu SIM setelah root superSU di Miui 9.

Setelah Root SuperSU di Miui 9: Xiaomi Mi5 Kamu Tidak Bisa Membaca Kartu SIM? Coba Solusi yang Satu Ini!

Setelah Root SuperSU di Miui 9: Xiaomi Mi5 Kamu Tidak Bisa Membaca Kartu SIM? Coba Solusi yang Satu Ini!
Setelah Root SuperSU di Miui 9: Xiaomi Mi5 Kamu Tidak Bisa Membaca Kartu SIM? Coba Solusi yang Satu Ini!

Tak dapat dipungkiri, mau secanggih apapun Smartphone saat ini, entah itu dibekali core banyak, Snapdragon 835 lah atau Mediatek Helio x25, dual Camera, RAM 6GB sampai ada yang 8GB, tetap saja esensi dari sebuah Smartphone adalah digunakan sebagai alat komunikasi.

Walau memang sekarang yang namanya komunikasi tidak harus lagi menggunakan telepon suara dan SMS karena sudah digantikan dengan video serta chatting call berbasis aplikasi semisal whatsapp, BBM, Line, Skype dan lain sebagainya. Namun yang namanya Telepon dan SMS tidak akan pernah bisa tergantikan, namun apa jadinya jika ponsel Xiaomi kamu malah tidak bisa membaca kartu SIM operator?

Nah akhir-akhir ini Xiaomi sudah mulai gencar memberikan update rom dari Miui 8 ke Miui 9 untuk jajaran Smartphone mereka seperti tutorial yang pernah admin post di sini, bahkan untuk seri lawas pun tetap bisa dapat, contohnya saja ada Redmi 2, Redmi 3/Pro bahkan Redmi Note 4G nya saja masih dapat Miui 9. Namun begitu banyak dari rom Miui 9 tersebut masih berstatus beta alias belum benar-benar stabil karena masih terindikasi bug di dalamnya.

Sudah menjadi kebiasaan bagi pengguna Xiaomi jika ada update rom terbaru, contohnya Miui 8 ke Miui 9 ini bakal mencari cara root superSU yang baru, admin termasuk salah seorangnya yang kemarin update dari Miui 8 ke Miui 9 di Mi5 PRO. Setelah update langsung di root superSU, tapi apesnya malah setelah root kartu SIM Mi5 PRO sama sekali tidak terdeteksi. Sudah dicoba lakukan penggantian kartu SIM lainnya namun tetap saja Mi5 PRO tidak bisa mendeteksi kartu SIM operator.

Walhasil admin coba flash ulang rom Miui 9 tersebut supaya kelihatan, masalahnya ada di software atau hardware dan setelah di flashing ulang kartu SIM kembali bisa terdeteksi serta langsung bisa menangkap sinyal operator. Hem.. admin berspekulasi jika masalah ini ada pada root superSU nya atau dari TWRP. Benar saja setelah admin coba lakukan penggantian custom TWRP Recovery yang khusus untuk Nougat, masalah Xiaomi Mi5 PRO yang tidak bisa membaca kartu SIM sudah bisa teratasi.

Jadi buat kamu yang punya masalah yang sama pada Xiaomi Mi5 dimana tidak dapat membaca kartu SIM setelah di root superSU pada rom Miui 9, silahkan coba gunakan TWRP khusus Nougat berikut:
- Custom TWRP ZCX support Nougat Miui 9 di sini

Caranya:
1. Silahkan ambil file di atas kemudian ekstrak menggunakan winrar
2. Sambungkan Mi5 kamu ke komputer menggunakan kabel USB Type-C
3. Klik 2x file bernama aneh yang ada di dalam folder hasil ekstrakan tadi
4. Nanti secara otomatis Xiaomi Mi5 akan mati dan masuk ke mode fastboot
5. Proses flashing TWRP akan berjalan dan akan masuk ke mode TWRP lagi
6. Selamat, sekarang Mi5 Pro kamu sudah terpasang TWRP ZCX khusus Nougat Miui 9
7. Silahkan install ulang rom Miui 9 yang kamu gunakan tadi


Sejauh yang sudah admin coba, root pada Miui 9 di Mi5 PRO sama sekali tidak terkendala dan sukses membaca kartu SIM dan penerimaan sinyal juga kuat. Dari segi fitur yang ada pada Custom TWRP Recovery juga bisa lancar digunakan tanpa ada kendala. Karena ini adalah TWRP ZCX maka dengan mudah bisa kamu gunakan untuk menginstall pembaruan rom jika ada notif update dari Xiaomi.

Sekian Tutorial kali ini, silahkan tulis di kolom komentar jika ada yang kurang kamu pahami dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya