Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Bagaimana Caranya Menambahkan Watermark Di Foto yang Diambil Menggunakan Kamera Xiaomi? [Tanpa Root Sama Sekali]

Kok saya lihat ada yang membagikan foto di grup facebook tapi disertai dengan tulisan Xiaomi? Itu cara menambahkannya gimana? Saya cari-cari tidak ada di pengaturan, apakah harus root atau pakai custom rom? Ow itu namanya Watermark. Mudah kok, tidak perlu root superSU segala jika ingin menambahkan Watermark di setiap foto. Jika kamu tertarik, silahkan baca tutorialnya berikut ini.

Bagaimana Caranya Menambahkan Watermark Di Foto yang Diambil Menggunakan Kamera Xiaomi? [Tanpa Root Sama Sekali]

Bagaimana Caranya Menambahkan Watermark Di Foto yang Diambil Menggunakan Kamera Xiaomi? [Tanpa Root Sama Sekali]
Bagaimana Caranya Menambahkan Watermark Di Foto yang Diambil Menggunakan Kamera Xiaomi? [Tanpa Root Sama Sekali]

Apa itu watermark? hem.. buat yang suka cari-cari gambar di Google pasti paham apa yang dimaksud dengan Watermark. Itu tuh sebuah gambar, tulisan, atau logo yang biasanya diletakkan di atas suatu gambar atau foto. Watermark biasanya berupa tanda yang mencirikan seseorang, perusahaan dengan maksud untuk melindungi hak cipta atau memang ingin mencirikan dari mana asal foto atau gambar tersebut. Dengan menggunakan Watermark setidaknya bisa mengurangi dari yang namanya kejahatan pencurian karya atau klaim karya atau istilah kerennya itu adalah plagiat.

Namun sekarang Watermark tidak lagi menjadi suatu perlindungan pada suatu karya tapi juga digunakan bisa digunakan untuk mencirikan foto atau gambar tersebut di ambil (capture) menggunakan device jenis apa. Salah satu yang menjadikan Watermark pada Smartphone adalah Xiaomi. Yah lebih tepatnya ini adalah trend yang dibuat oleh Mi Fans nya, bukan Xiaomi nya. Jadi beberapa bulan yang lalu admin Miuitutorial.com sering sekali melihat beberapa member yang membagikan foto-foto hasil bidikan kamera Smartphone Xiaomi mereka namun dengan ditambahi Watermark Capture by Xiaomi Redmi Note 3 PRO, Redmi 4X, Redmi 4 Prime, dan Redmi Note 4X/PRO.

Secara resmi Smartphone-Smartphone Xiaomi tadi sebenarnya tidaklah dibekali kemampuan untuk menabahkan Watermark pada setiap hasil bidikan kamera, namun Watermark tersebut ditambahkan secara manual dengan menggunakan bantuan sebuah aplikasi pihak ketiga yaitu PicsArt. Sepertinya pihak Xiaomi melihat ini sebuah peluang untuk menaikkan pamor, sehingga pada Smartphone Xiaomi generasi berikutnya hadirlah fitur penambahan watermark secara otomatis melalui kamera bawaan Xiaomi.

Sejauh yang admin tahu sudah ada 4 tipe Smartphone Xiaomi yang dilengkapi penambah Watermark yaitu Xiaomi Mi A1, Mi6, dan Mi Note 3 serta Mi MIX 2. Secara default tulis Watermark yang ada di Smartphone tersebut tidak bisa diganti, jadi misalkan di capture menggunakan Mi A1, maka yang muncul pada foto adalah Mi A1, sebaliknya juga pada Mi6, Mi Note 3 dan Mi MIX 2. Namun begitu namanya Xiaomi pasti banyak developer pihak ketiga yang mau menyediakan modifikasi watermark, sehingga lahirlah tutorial cara mengganti Watermark tersebut sesuka hati di sini.

Min, lantas bagaimana dengan Smartphone Xiaomi keluaran lama seperti Redmi Note 3 PRO, Mi 4s, Redmi Note 4X, Redmi Note 4 PRO, Redmi 4A, Redmi 4X, dan lain sebagainya. Tenang, tetap bisa ditambahkan kok, tapi seperti yang sudah admin bilang di atas tadi, penambahan watermark tersebut harus dilakukan secara manual.

Adapun caranya sebagai berikut:
1. Silahkan ambil koleksi Watermark khusus untuk Xiaomi di sini
2. Install PicsArt, cek langsung di Google Playstore
3. Pindahkan file Watermark tadi ke internal atau Micro SD
4. Jalankan aplikasi PicsArt > tekan tombol + yang ada di tengah layar bawah > pilih edit > pilih foto yang akan ditambahkan Watermark > lalu pilih tambahan foto > arahkan tempat dimana kamu menyimpan watermark > Silahkan atur ukuran, letak dan opacity atau transparannya
5. Jika sudah langsung save saja
6. Selamat foto kamu sudah ditambahkan Watermark
7. Supaya lebih mudah dipahami, sudah admin buatkan tutorial ini dalam bentuk video:


Apa sih min manfaatnya menambahkan watermark seperti yang sudah admin jelaskan di atas? hem.. lebih ke gaya saja gan. Jadi orang lain tahu kalau foto tersebut diambil menggunakan device Xiaomi. Selebihnya mungkin ke kreasi saja. Karena Watermark yang admin bagikan di atas tadi masih dalam mode standar. Jadi buat kamu yang suka kreasi bisa dengan mudah mengedit watermark tersebut. Misalkan ditambahi logo sendiri dan sebagainya.

Kalau ada waktu luang, akan admin buatkan video khusus tutorial untuk cara menambahkan Watermark Xiaomi ini. Silahkan +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya