Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Beli Xiaomi Cuma Mentingin Spesifikasi? Entar Nyesel Loch Ga Bisa 4G: Baca Ini Dulu Sebelum Beli!

​Dari spesifikasi Smartphone Xiaomi ini sudah keren, pakai prosesor Snapdragon terbaru, RAM lega, GPU Andreno High End, layar IPS, bahkan ada yang sudah OLED, tapi apakah sudah mendukung jaringan seluler di Indonesia? Semisal bisa nangkap 2G, 3G dan 4G? Nah baru kepikiran ya? dari pada tambah pusing, yuk kita bahas sama-sama.

Beli Xiaomi Cuma Mentingin Spesifikasi? Entar Nyesel Loch Ga Bisa 4G: Baca Ini Dulu Sebelum Beli!

Beli Xiaomi Cuma Mentingin Spesifikasi? Entar Nyesel Loch Ga Bisa 4G: Baca Ini Dulu Sebelum Beli!
Beli Xiaomi Cuma Mentingin Spesifikasi? Entar Nyesel Loch Ga Bisa 4G: Baca Ini Dulu Sebelum Beli!

Admin yakin banyak di antara kamu, yah termasuk admin miuitutorial.com juga yang menjadikan spesifikasi sebagai tolak ukur utama ketika ingin membeli sebuah Smartphone Xiaomi. Mulai dari pakai prosesor apa, berapa core, Snapdragon seri apa, pakai SD625, atau SD835, Ram berapa giga, internal storagenya berapa giga, kamera berapa pixel, pakai sensor kamera dari Sony IMX kah, sudah dual camera kah, hingga sudah bisa bikin foto bokeh belum.

Sebenarnya tidak ada yang salah dari pertimbangan tersebut, mengingat dari tahun 2016 akhir hingga 2017 ini atau mungkin sampai 2018 mendatang. Sudah banyak sekali seri dari Smartphone Xiaomi yang menghadirkan spesifikasi tinggi plus harga terjangkau. Namun apakah kamu mempertimbangkan 1 hal ini? Apa hal penting tersebut?

Jawabannya adalah Band. Bukan Band lagu, tapi Band frekuensi radio. Apa itu Band? kalau ditanya secara definisi, admin sendiri kurang begitu bisa menjelaskan apa itu Band, namun secara sederhananya Band itu adalah nama dari frekuensi radio. Okey masih bingung ya, sama admin juga bingung cara menjelaskannya.

Contohnya kira-kira seperti ini, pada Xiaomi Mi5 terdapat 3 jenis Band yang didukung yaitu 2G Band, 3G Band, dan 4G Band. Nah masing-masing dari Band tersebut mewakili 2G Band: GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, 3G Band: HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 & TD-SCDMA | CDMA2000 1xEV-DO - China, dan 4G Band: LTE Band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 38(2600), 39(1900), 40(2300), 41(2500) - Global | LTE Band 1(2100), 3(1800), 7(2600), 38(2600), 39(1900), 40(2300), 41(2500) - China.

Kalau kamu perhatikan, Smartphone Xiaomi sendiri memiliki penggolongan Band berdasarkan negara. Jadi ada Band frekuensi yang direkomendasikan untuk negara asalnya sendiri yaitu China dan ada juga Band frekuensi untuk pasar global (termasuk negara Indonesia di dalamnya). Di situ juga terlihat sangat jelas jika ada rentang frekuensi yang berbeda antara versi China dan versi globalnya. Sebenarnya apa dari tujuan perbedaan rentang frekuensi tersebut dana kenapa sangat penting untuk dibahas?

Kembali lagi fungsi dari sebuah Smartphone adalah sebagai alat komunikasi, jadi mau sehebat apapun spesifikasi yang diusung, tetap saja lazimnya digunakan untuk bertelepon, SMS, dan internet. Nah jika Smartphone Xiaomi yang kamu beli ternyata tidak didukung oleh operator seluler kan bisa gawat.

Misalkan saja, tertulis di box dengan jelas jika Smartphone Xiaomi kamu bisa menggunakan jaringan 4G, tapi nyatanya sama sekali tidak bisa mendeteksi jaringan 4G di Indonesia. Yah boro-boro 4G, 2G saja sudah syukur bisa. Hal ini pernah terjadi pada Redmi 2 yang ternyata punya banyak versi dan Mi5c yang dilaporkan oleh beberapa penggunanya yang kesulitan mendapatkan sinyal 3G.
Jadi apa yang perlu saya lakukan jika ingin membeli Smartphone Xiaomi?

Secara umum Xiaomi biasanya (walau tidak sering) menjual beberapa model dari Smartphone mereka yang ditujukan khusus untuk negara mereka sendiri yaitu China, namun ada juga yang dijual untuk pasar Global.

Nah buat kamu yang ingin membeli Smartphone yang hanya dijual di negara China, ada baiknya untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya dulu terkait apakah Smartphone Xiaomi tersebut benar bisa digunakan pada operator seluler Indonesia. Dijaman sekarang ini sudah banyak sekali situs Online yang mereview baik dalam bentuk artikel maupun video.

Adapun cara yang admin nilai cukup efektif yaitu dengan:
1. Kunjungi link yang ada di sini
2. Lihat pada bagian Getting started
3. Pada bagian brand > pilih Xiaomi > nanti secara otomatis akan muncul daftar model > pilih mode dari Smartphone Xiaomi kamu
4. Setelah itu pilih negara Indonesia, nanti akan muncul nama operator
5. Pilih sesuai dengan operator seluler mana yang akan kamu gunakan atau operator mana yang sudah tersedia di kota kamu
6. Setelah itu kan search
7. Secara otomatis akan tampil Band mana saja yang didukung oleh operator kamu
8. Silahkan lakukan hal yang sama pada operator lain
9. Sebagai contoh, admin menggunakan Mi5 PRO di Palembang yang ternyata sudah didukung jaringan 2G, 3G, dan 4G dari operator 3.

"Min bagaimana dengan Smartphone Xiaomi keluaran terbaru, kan belum ada di dalam daftar?"
Tenang, situs tersebut updatenya cepat kok jadi kecil kemungkinan jika tidak ada model dari ponsel Xiaomi yang belum terdaftar. Namun jika memang tidak ada, silakan kunjungi GSMarena lalu lihat detail dari jaringan yang didukung lalu coba kamu bandingan dengan Band frekuensi yang didukung oleh operator seluler Indonesia.



Sejauh ini ada Redmi Note 3 Mediatek, Mi4c, Mi4s, Mi5x, dan Mi5c, yang eksklusif dijual hanya untuk negara China. Namun baru Mi5c yang mendapatkan keluhan soal sulitnya menangkap sinyal 3G (Sinyal 2G dan 4G lancar jaya).

Melalui artikel ini admin bukan ingin menakut-nakuti kamu dalam membeli Smartphone Xiaomi, tapi untuk lebih cermat. Mengingat minat dan permintaan akan ponsel yang satu ini tinggi walau di Indonesia sendiri sudah ada vendor ponsel yang ngiklan ke 9 stasiun TV langsung, tapi tetap saja permintaan akan ponsel Xiaomi selalu tinggi. Sehingga membuat para distributor non resmi berlomba-lomba memasukkan Smartphone Xiaomi ke Indonesia tanpa peduli apakah sudah didukung jaringan seluler Indonesia atau belum.

Okey semoga artikel tentang cara menentukan Smartphone mana saja yang bisa digunakan pada operator seluler Indonesia bisa menambah wawasan kamu. Jangan lupa +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya