Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Layakkan Xiaomi Mi A1 Dijadikan Digital Audio Player (DAP)? Bagaimana Impresi Audionya?

Bingung nih, di satu sisi kamu ingin bisa dapat sebuah Smartphone kekinian dual camera tapi juga sekaligus ingin bisa mendapatkan kualitas musik yang mumpuni. Ngelihat Xiaomi ngeluarin Xiaomi Mi A1, apakah Smartphone yang satu ini layak guna dijadikan DAP (Digital Audio Player)? Yuk simak sama-sama pengalaman admin miuitutorial.com selama menggunakan Xiaomi Mi A1 untuk Player musik.

Layakkan Xiaomi Mi A1 Dijadikan Digital Audio Player (DAP)? Bagaimana Impresi Audionya?

Layakkan Xiaomi Mi A1 Dijadikan  Digital Audio Player (DAP)? Bagaimana Impresi Audionya?
Layakkan Xiaomi Mi A1 Dijadikan  Digital Audio Player (DAP)? Bagaimana Impresi Audionya?

Tahun 2017 merupakan ajang dimana banyak vendor Smartphone dunia berlomba-lomba menelurkan jagoan mereka dan yang menjadi Hits di tahun 2017 ini adalah dual camera. Jangankan Smartphone Android, ponsel sekelas iPhone besutan Apple melalui iPhone 7 Plus dan iPhone 8 Plus juga tidak mau kalah dengan fitur dual kameranya. Namun begitu bukan berarti semua penikmat Smartphone dunia dan tanah air ikut arus akan hype dual camera ini. Masih ada banyak kok yang justru lebih tertarik pada segmen lain.

Segmen yang admin maksud adalah audio. Sebut saja ada LG v20, HTC 10, LG v10, ZTE Axon 7, LG G6, Vivo V7+ dan yang tak mau ketinggalan adalah Xiaomi Mi A1 melalui Project Google One nya. Memang sih kalau fitur audio plus di sebuah Smartphone saat ini masih dianggap sebagai gimmick dan belum bisa menandingi sebuah audio Player yang benar-benar didedikasikan untuk audio. Sebut saja ada Sony sebagai pemain lama melalui seri Walkman nya, Fiio, Pioneer, dan lain sebagainya.

Kalau diadu head to head sih memang tidak sepadan antara Smartphone yang diberi label Audio plus dengan Digital Audio Player yang memang ditujukan untuk Audio Enthusiast. Hal bisa dilihat dari pemilihan komponen DAP yang sedari awal sudah dikhususkan untuk memproduksi audio superior dibandingkan Smartphone yang terbagi-bagi fungsinya. Selain dari segi jeroan, body DAP untuk Audio Enthusiast juga terlihat lebih tebal dimana hal ini berbanding terbalik dengan body Smartphone saat ini justru semakin tipis nan ramping.

Namun begitu Smartphone d tahun 2017 bukan tidak membawa harapan buat para pecinta audio. Salah satunya yang admin coba sendiri dan memang sudah admin incar sebelumnya adalah Xiaomi Mi A1, yang mana Mi A1 Tissot ini dibekali dengan 10v Smart Power Amplifier with Dirac HD Sound Algoritm. Xiaomi mengklaim jika Xiaomi Mi A1 mampu mendrive Haedphone 600 ohm.

Well itu kan cuma klaim saja, bagaimana dengan performa aslinya? Sepengalaman admin menggunakan Smartphone Xiaomi dimulai dari Xiaomi Redmi Note 3G, Redmi Note 3 Mediatek, Redmi Note 3 PRO, Mi5 PRO hingga Xiaomi Mi A1 ini. Memang Mi A1 memberikan Power yang lebih. Contohnya ketika dipasangkan pada Headset Mi Piston IV Dual Driver. Yang mana pada saat menggunakan Mi5 PRO, untuk bisa merakan suara dentuman Bass, admin harus menaikkan volume ketingkat 50%, sedangkan pada saat menggunakan Mi A1 cukup hingga 30% saja.

Selain itu mungkin karena menggunakan rom stock Android sehingga ketiadaan Sound enhachment yang biasanya ada di Rom Miui. Ketika dikolaborasikan dengan aplikasi pemutar musik populer seperti PowerAMP juga terdengar lebih baik dan harmonis sekali. Bandingkan ketika admin menggunakan PowerAMP pada Mi5 PRO. Keluaran suara jadi kacau.

So dengan klaim amplifiernya ini, admin akui Mi A1 bisa dimasukkan ke dalam daftar DAP (Digital Audio Player) untuk tahun 2017 ini serta tidak hanya sekedar Gimmick belaka. Namun admin perlu akui, semua yang admin tulis ini bersifat subjektif dan murni berdasarkan pengalaman admin selama menggunakan Xiaomi Mi A1. Terlebih admin bukanlah orang yang paham betul dunia Audio, hanya sebatas mencoba apa yang dipunya saja, serta belum pernah mencoba DAP lain yang punya kemampuan mumpuni.

Sehingga apa yang admin paparkan cukup dijadikan referensi awam saja, misalkan kamu sedang ingin mencari DAP yang mumpuni baik dari segi harga, design, juga fungsinya sebagai sebuah Smartphone, Xiaomi Mi A1 layak untuk dipertimbangkan. Namun jika ingin merasakan lebih pengalaman mendengarkan musik,coba lirik Digital Audio Player sesungguhnya macam Fiio, Sony Walkman dan sebagainya.

Well, dalam dunia audio tidak ada yang benar-benar absolut bagus pada sebuah merek DAP maupun Cans (Headset, Headphone). Semuanya itu kembali lagi pada selera masing-masing. Ada orang yang suka musik tipe bright alias jernih karena ingin mengejar detail baik itu dari segi instrument musik maupun vokal. Namun ada juga orang yang lebih suka karakter Warm, dengan maksud lebih nyaman didengar dalam waktu yang lama, contohnya admin lebih suka karakter Warm.

So, mau merek DAP semahal apapun, tetap percayalah pada telinga sendiri. Karena dia adalah raja yang menentukan selera musik. Okey sekian pembahasan admin tentang apakah Xiaomi Mi A1 layak untuk dijadikan Digital Audio Player. Jika kamu punya pendapat lain silahkan tulis di kolom komentar dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya