Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Sudah Dicharge Lebih Dari 5 Hingga 6 Jam tapi Baterai Xiaomi Mi MAX Kamu Tak Kunjung Penuh Juga? Coba 3 Tips Berikut

Biasanya butuh 4 hingga 5 Jam saja untuk bisa mengisi penuh baterai Xiaomi Mi MAX. Tapi kenapa hingga 6 Jam seperti ini tetap tidak penuh-penuh juga? Apakah sudah saatnya baterai Mi MAX Diganti atau Memang ada yang salah dengan Hardwarenya? Tolong dong kasih saran untuk kasus seperti ini. Okey admin accept. Silahkan dibaca baik-baik.

Sudah Dicharge Lebih Dari 5 Hingga 6 Jam tapi Baterai Xiaomi Mi MAX Kamu Tak Kunjung Penuh Juga? Coba 3 Tips Berikut

Sudah Dicharge Lebih Dari 5 Hingga 6 Jam tapi Baterai Xiaomi Mi MAX Kamu Tak Kunjung Penuh Juga? Coba 3 Tips Berikut
Sudah Dicharge Lebih Dari 5 Hingga 6 Jam tapi Baterai Xiaomi Mi MAX Kamu Tak Kunjung Penuh Juga? Coba 3 Tips Berikut

Pastinya sudah pada tahukan jika salah satu kelebihan dari Smartphone Xiaomi seri Mi MAX adalah baterainya yang super Jumbo. Pada Mi MAX pertama saja sudah dibekali baterai berkapasitas 4850mAh. Bayangkan tuh bisa dapat berapa jam untuk Screen on Time (SOT). Belum lagi jika digunakan hanya untuk kebutuhan multimedia ringan saja seperti bermain game sebentar, browsing dan nonton film. Mungkin bisa seharian penuh Xiaomi Mi MAX jauh dari colokan charger.

Tradisi baterai berkapasitas besar juga terus berlanjut pada Mi MAX Generasi Kedua atau yang lebih dikenal dengan code name Oxygen. Yup tak tanggung-tanggung, kali ini Mi MAX 2 bahkan mendapatkan kapasitas baterai upgrade menjadi 5300mAh. Bisa dibayangkan tuh kan, Mi MAX 1 saja bisa tahan seharian, apalagi Mi MAX 2, bakalan lebih lama lagi. Kerennya lagi Xiaomi Mi MAX 2 juga sudah dilengkapi dengan Quick Charge dari Qualcomm versi 3.0 melalui Port USB Type-C.

Okey, melihat dari fitur yang tertanam pada Xiaomi Mi MAX 2, sepertinya tidak ada alasan untuk mengecharge Smartphone ini dalam waktu yang lama, tapi bagaimana dengan Mi MAX 1? Secara teori sih Xiaomi Mi MAX 1 butuh waktu 4 hingga 5 jam untuk bisa mengisi baterai dari posisi kosong ke posisi penuh 100% melalui kabel Micro USB. Hal ini bisa dimaklumi karena Xiaomi Mi MAX 1 pada saat diluncurkan juga memang tidak disertai teknologi pengisian baterai cepat atau Fast Charging dari Qualcomm, jadi untuk durasi seperti itu sudah terbilang normal.

Namun apa jadinya jika Xiaomi Mi MAX 1 kamu sudah di charge lebih dari 5 Jam bahkan hingga 6 Jam namun tidak kunjung penuh juga? Muncul pertanyaan besar kan? Pakah ada yang rusak pada Mi MAX 1 kamu atau memang kondisi baterai yang sudah mulai drop. Semua kemungkinan itu bisa saja terjadi. Mengingat Mi MAX generasi pertama diluncurkan pada bulan Mei tahun lalu yaitu 2016. Jadi menurut tutorial yang pernah admin jelaskan terkait berapa lama usia pakai baterai Smartphone Xiaomi di sini, seharusnya sih memang sudah saatnya untuk ganti.

Akan tetapi, bagaimana kalau ternyata waktu pembelian Xiaomi Mi MAX 1 kamu juga masih terhitung baru beberapa bulan saja? Apakah masih juga dikarenakan baterai yang sudah drop? Berikut admin rangkum beberapa kemungkinan yang bisa kamu selidiki terkait Smartphone Xiaomi Mi MAX 1 yang tidak pernah penuh-penuh di charge lebih dari 5 jam ke atas:

Kondisi Kabel USB
Padahal paling sering digunakan baik untuk transfer data, juga termasuk isi daya baterai tapi sadar atau tidak, sering kali kita mengabaikan kondisi dari kabel USB. Yup, sering tergeletak begitu saja di lantai setelah selesai dipakai, kabel tertekuk, hingga terkelupas. Jadi jangan heran jika suatu hari kamu mendapati jika Xiaomi Mi MAX 1 kamu tak kunjung penuh diisi baterainya.

Ganti Kepala Charger
Sebenarnya kepala charger yang disertakan dalam paket pembelian Xiaomi Mi MAX 1 sudah termasuk baik. Pastinya juga sudah melalui quality control. Kecil kemungkinan untuk charger bawaan bisa cepat rusak kecuali memang dari pabriknya sudah mengalami defact lalu lolos quality control. Namun begitu jika kamu mendapati charger Mi MAX sudah tidak bagus lagi performanya, ada baiknya untuk mengganti ke charger third party semisal Aukey, angker yang pernah admin bahas di sini

Matikan Koneksi data atau Mode Pesawat
Koneksi internet yang terus terhubung, pastinya memberi andil besar dalam menguras baterai Smartphone Xiaomi kamu, apalagi pada saat proses charging, yang mana seharusnya murni hanya melakukan pengisian daya namun karena koneksi data yang masih tersambung maka butuh waktu lama untuk bisa terisi penuh. Ada baiknya pada saat proses charging juga posisi Mi MAX 1 kamu sedang tidak tersambung ke internet, sehingga pengisian baterai benar-benar optimal.

Beberapa bahasan di atas bisa juga kamu temukan pada artikel di sini, di sini, dan di sini. Setiap barang elektronik pastinya memiliki usia pakai, termasuk Smartphone Xiaomi Mi MAX 1 ini. Jadi apabila kamu menemukan penurunan performa baterai atau semakin lama di charge, maka bisa jadi memang dibutuhkan penggantian baterai baru dan itu normal kok. Admin saja yang punya Xiaomi Mi5 PRO juga sudah memulai merasakan penurunan performa baterai.

Okey sekian tutorial bagaimana cara memperbaiki Xiaomi Mi MAX 1 yang mulai lama di charge hingga 5 - 6 jam pun tak kunjung penuh. Silahkan tulis di kolom komentar jika kamu punya pengalaman serupa. Bantu admin untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin Miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya