Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Bisa Install Substratum & Andromeda di Xiaomi Mi A1 Android OREO Tanpa Root SuperSu Lagi? Kalau Tidak Percaya Kenapa Tidak Coba Sendiri!

Apakah Substratum juga bisa dipasang pada Xiaomi Mi A1 yang sudah menggunakan rom Android OREO? Soalnya tutorial yang kemarin dipraktikkannya di Android Nougat. Kalau bisa apakah caranya sama saja atau ada tambahan aplikasi khusus? Tolong dong min buatkan tutorial Substratum khusus untuk Mi A1 yang sudah menggunakan Android OREO. Okey request Approve.. cek selengkapnya berikut!

Bisa Install Substratum & Andromeda di Xiaomi Mi A1 Android OREO Tanpa Root SuperSu Lagi? Kalau Tidak Percaya Kenapa Tidak Coba Sendiri!

Bisa Install Substratum & Andromeda di Xiaomi Mi A1 Android OREO Tanpa Root SuperSu Lagi? Kalau Tidak Percaya Kenapa Tidak Coba Sendiri!
Bisa Install Substratum & Andromeda di Xiaomi Mi A1 Android OREO Tanpa Root SuperSu Lagi? Kalau Tidak Percaya Kenapa Tidak Coba Sendiri!

Setelah sebelumnya admin membuat tutorial bagaimana cara mengganti tema sesuka hati di Xiaomi Mi A1 menggunakan tools bernama Substratum di sini. Nampaknya memang masih ada beberapa kekurangan, diantaranya adalah rom yang dicoba atau di test pada saat itu adalah rom yang masih berbasis Android Nougat.

Yah memang pada saat itu Xiaomi Mi A1 memang belum mendapatkan rom Android 8.0 Oreo karena belum diluncurkan versi stabilnya. Namun sekarang secara resmi Xiaomi Mi A1 sudah mendapat notifikasi update ke Android OREO. Jadi buat kamu yang belum dapat notifikasi update ke rom OREO juga bisa ikuti langkah-langkahnya di sini.

Substratum sendiri adalah sebuah tool yang dikembangkan oleh salah seorang developer dari komunitas pengembang bernama XDA-Developer. Misi utama dari Substratum adalah bisa mengganti tema dari Rom Android sesuka hati dengan berbagai pilihan tema Add on yang sediakan via Market Substratum atau Google Playstore.

Selain itu dengan menggunakan Substratum kita bisa dengan mudah menginstall tema yang diinginkan tanpa harus memberikan akses root superSU terlebih dahulu. Yup dengan kata lain sekalipun Xiaomi Mi A1 kamu masih dalam keadaan locked bootloader, belum root sekalipun maka dengan mudah bisa menjalankan tools bernama Substratum ini.

Karena kita tahu bahwa rom stock android memang tidak menyediakan opsi untuk menggonta-ganti tema. Beda cerita dengan rom custom Android seperti Miui yang memang diberikan tambahan berupa thememanager. Nah masalahnya mungkin adalah di Android Nougat 7.0 sendiri tidak sepenuhnya didukung oleh Substratum karena tidak adanya sebuah nativ OMS. Sedangkan Substratum sangat membutuhkan itu. Jadi jangan heran jika di tutorial sebelumnya yang membahas tentang Substratum ini, Xiaomi Mi A1 admin harus dalam keadaan root superSU terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya.

Karena Xiaomi Mi A1 sekarang sudah dapat Android OREO maka admin akan coba membuat yang versi OREO nya sekalian nanti akan dibuatkan videonya. Setelah admin amati ternyata ada satu komponen tambahan agar Substratum bisa dijalankan lancar di Mi A1 yaitu Andromeda. Nah kedua tools ini harus sudah terpasang di Mi A1, baru bisa dieksekusi. Lengkapnya akan admin jabarkan di bawah ini.

Bahan:
- Andromeda khusus OREO di sini
- Substratum di sini
- Andromeda Client: Windows di sini | Linux di sini | MAC Apple di sini

Caranya:
1.Silahkan ambil Andromeda dan Substratum di atas kemudian taruh di internal memory Mi A1 > setelah itu install seperti biasa kamu menginstall aplikasi Android lainnya
2.Ambil Andromeda Client di atas kemudian ekstrak > sambungkan Mi A1 ke komputer menggunakan kabel USB. Pastikan USB Debugging sudah diaktifkan sebelumnya. Buat yang belum tahu caranya bisa tonton video di bawah ini:


3.Di dalam hasil ekstrak Andromeda Client tadi akan ada file bernama start_andromeda > klik 2x file tersebut > lalu ikuti instruksi yang ada di dalamnya
4.Perhatikan juga layar Xiaomi Mi A1 satu kamu karena nantinya akan ada permintaan ijin akses > jika muncul ijin akses > segera tekan yes
5. Secara otomatis nantinya Substratum akan jalan sendiri
6. Silahkan kamu pilih theme mana yang ingin diinstall


Pada saat menjalankan tutorial Substratum di atas, pastikan Xiaomi Mi A1 kamu dalam keadaan belum root, karena admin mencobanya juga di posisi unroot. Untuk info tambahannya nanti apakah Substratum bisa dijalankan pada device sudah root, akan admin post di sini. Selain itu setiap kali selesai reboot atau restart, maka Substratum tadi akan nonaktif sendiri sehingga harus diaktifkan ulang melalui komputer.

Yah memang jadinya merepotkan dan untuk saat ini belum bisa membuat Andromeda dan Substratum di install secara permanen di Xiaomi Mi A1. Jadi tunggu saja update berita selanjutnya dari dev. Oh iya aplikasi Andromeda tersebut adalah aplikasi berbayar, jadi kalau tertarik silahkan beli di Playstore. Pada saat menulis tutorial ini harga Aplikasi Andromeda for Substratum di Rp 16.000,- saja dan bebas kamu update kapan pun.

Okey sekian tutorial menginstall Substratum di Xiaomi Mi A1 yang sudah menggunakan rom Android 8.0 OREO tanpa Root superSU sama sekali. Semoga tutorial ini menjawab pertanyaan kamu terkait apakah Mi A1 sudah OREO bisa tetap menjalankan Substratum ini. Jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin Miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya