Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Bisakah Rubah DPI Smartphone Xiaomi Tanpa Root SuperSU Sama Sekali? Tentu Bisa: Ini Tutorial Caranya!

Buat kamu yang masuk ke artikel ini, admin yakin sedang mencari-cari cara merubah DPI pada layar Smartphone Xiaomi tanpa root superSU atau bahkan unlock bootloader kan? Tenang saja, kamu masuk ke website yang tepat kok, karena sebentar lagi admin akan membahas masalah cara merubah DPI ini. Selengkapnya bisa kamu simak pada artikel berikut ini.

Bisakah Rubah DPI Smartphone Xiaomi Tanpa Root SuperSU Sama Sekali? Tentu Bisa: Ini Tutorial Caranya!

Bisakah Rubah DPI Smartphone Xiaomi Tanpa Root SuperSU Sama Sekali Tentu Bisa Ini Tutorial Caranya!
Bisakah Rubah DPI Smartphone Xiaomi Tanpa Root SuperSU Sama Sekali Tentu Bisa Ini Tutorial Caranya!

DPI atau Dot per Inch yang awalnya admin kira adalah depth per Inch, soalnya mirip-mirip sih adalah sederhananya dimana kita bisa merubah tampilan dari layar Smartphone Xiaomi kita menjadi lebih kecil atau justru semakin besar. Ehmm.. mirip-miriplah kalau misalkan kita Zoom in atau Zoom out. Sampai di sini sudah paham kan maksudnya?

Fungsi merubah DPI sendiri bagi pengguna Smartphone Xiaomi adalah agar bisa membuat nyaman penggunanya. Misalkan nih tidak terlalu suka dengan icon aplikasi, text serta kerapatan menu bawaan, maka dengan melakukan pada perubahan DPI ini, semua yang kamu tidak suka tadi bisa diatur sesuka hati. Icon yang awalnya gede-gede sekarang sudah menjadi lebih kecil. Selain itu ukuran text juga menjadi lebih kecil.

Admin sendiri suka merubah DPI ini tadi dengan menggunakan bantuan sebuah module Xposed bernama xMIUI. Sayangnya module ini hingga saat ini cuma bisa berfungsi di Miui 8 dan pastinya juga harus root superSU dan sudah terinstall xposed Framework terlebih dahulu serta pastinya juga bertentangan dengan tutorial tanpa embel-embel root kali ini. Buat yang ingin membacanya bisa lihat artikelnya di sini.

Cara merubah DPI ini sudah admin terapkan di Xiaomi Mi5 PRO Gemini dan sukses merubah DPI tanpa root superSU sama sekali. Pastinya cara ini juga berfungsi pada Smartphone Xiaomi tipe lain yang sudah update ke Miui 9, seperti Redmi 4, Redmi 5, Redmi Note 5, Redmi Note 4, Redmi Note 3 PRO, Redmi 3, Redmi 3s/x, Mi5s/Plus, Mi MAX, Mi6, Mi MIX dan lain sebagainya. Buat yang mau coba, silahkan langsung ambil bahan dan ikuti tata caranya di bawah ini:
- Activity Launcher di sini

Caranya:
1. Silahkan ambil aplikasi Activity Launcher di atas kemudian install seperti biasa di Smartphone Xiaomi kamu
2. Setelah itu buka dan jalankan aplikasinya
3. Ubah terlebih dahulu bahasa yang sedang kamu gunakan di Smartphone Xiaomi tersebut ke bahasa inggris, dengan cara masuk ke pengaturan > setelan tambahan > bahasa > english (Amerika)
4. Kembali ke aplikasi Activity Launcher > ubah recent activities menjadi All activities > nantinya aplikasi akan melakukan load > tunggu hingga selesai
5. Kemudian cari setting atau setelan (pilih di antara keduanya, mana yang punya opsi paling banyak setelah ditekan)
6. Pilih Vision Settings
7. Nanti akan muncul menu lagi > pilih display size > silahkan kamu geser DPI yang kamu inginkan. Mau besar atau kecil
8. Setelah selesai DPI nya dirubah, tinggal kamu tekan tombol Home dan proses penyesuaian DPI akan berjalan
9. Selesai


Penggantian bahasa tidak diperlukan jika kamu tahu opsi Visual Settings tadi dalam bahasa Indonesia. Admin kesulitan mencari opsi tersebut dalam bahasa Indonesia sehingga harus merubah bahasanya ke Inggris dulu. "Min, apakah cara ini sebenarnya sama saja dengan merubah ukuran text?" Walau memang nantinya ukuran text juga ikut berubah, tapi merubah DPI adalah tindakan merubah keseluruhan ukuran tampilan, baik itu icon, menu, sub menu dan termasuk juga text, sedangkan kalau cuma merubah text size saja maka cuma ukuran text saja yang berubah.

Admin kurang tahu apakah cara ini juga berfungsi pada Miui 8, karena kebetulan Xiaomi Mi5 Pro admin sudah keburu update ke Miui 9 versi Global Stabil. Jadi buat yang tanya apakah work juga di Miui 8, silahkan dicoba sendiri. Cara merubah DPI tanpa root superSU ini sama sekali tidak berpengaruh pada performa Smartphone Xiaomi yang kamu miliki, karena memang sebenarnya menu merubah DPI ini sudah ada di Rom Miui itu sendiri, namun karena opsi DPI Changer ini terlalu dalam, sehingga dibutuhkan aplikasi Activity Launcher sebagai jalan pintas.

Admin yakin kamu langsung bisa mempraktikkan tutorial ini setelah membacanya, dan mungkin nanti akan admin buatkan juga tutorial ini dalam bentuk video sehingga lebih mudah lagi untuk dipahami. Silahkan +1, like dan bagikan jika dirasa bermanfaat. Salam admin Miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya