Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Ingin Update Rom Miui Tapi Takut Kuota Internet Habis: Ini Cara Mudah Pause dan Stopnya: Based on Pengalaman

Tanpa disengaja kamu melakukan update rom Miui padahal batas kuota malam sudah habis sehingga berisiko menghilangkan kuota internetmu? Padahal proses unduh rom Miui pun sedang berlangsung? Apakah ada suatu cara agar bisa mem-pause update rom tersebut. Simak caranya berikut ini!

Ingin Update Rom Miui Tapi Takut Kuota Internet Habis: Ini Cara Mudah Pause dan Stopnya: Based on Pengalaman

Ingin Update Rom Miui Tapi Takut Kuota Internet Habis Ini Cara Mudah Pause dan Stopnya Based on Pengalaman
Ingin Update Rom Miui Tapi Takut Kuota Internet Habis Ini Cara Mudah Pause dan Stopnya Based on Pengalaman

Yang akan admin bagikan kali ini mungkin sifatnya sepele tapi yakinlah, admin tidak akan membagikan sesuatu yang tidak bermanfaat. Pasalnya ini berdasarkan pengalaman admin Miuitutorial.com sendiri. Walhasil gegara kejadian ini, kuota internet yang sudah admin hemat-hemat malah habis digondol Xiaomi. Nah loch, kok Xiaomi? Iya karena admin kebablasan update rom Miui yang besar filenya itu di atas 1 GB.

Admin dan beberapa pengguna Smartphone Xiaomi lainnya pasti sudah pada tahu jika Xiaomi itu adalah salah satu produsen Smartphone yang paling sering kasih update rom untuk Smartphone besutan mereka. Banyak sekali fitur update juga termasuk bug fix yang mereka berikan melalui update rom terbaru.

Bisa dibilang juga Xiaomi cukup sensitif dalam menerima feedback dari penggunanya melalui fitur bug report dan juga forum Miui. Yup, sinkronisasi antara Mi Fans dan Xiaomi itu terjalin sangat baik. Bahkan untuk Smartphone Xiaomi seri lawas pun masih tetap mendapatkan update ke rom Miui terbaru. Ini nih salah satu yang membuat admin sulit untuk lepas dari Smartphone buatan Xiaomi.

Secara umum di Rom Miui sendiri terbagi menjadi 2 versi yaitu versi developer dan stabil. Pembeda jelasnya adalah jika versi developer dikhususkan untuk mereka yang suka hal baru namun berisiko bug. Hal ini wajar karena rom Miui versi dev ini dikhususkan untuk beta tester, sedangkan untuk versi stabil sendiri lebih ke pengguna biasa karena rom yang dibagikan juga rom yang sudah lolos beta tester alias bebas bug atau setidaknya sangat minim bug.

Namun apa pun itu, mau Rom Miui versi developer ataupun versi stabil, keduanya tetap memberikan update secara berkala. Nah besaran file update sendiri bervariasi. Kalau cuma berupa patch bug fix sih paling juga puluhan hingga ratusan mega (biasanya di 200 MB hingga 500 MB) tapi beda cerita jika update tersebut membawa banyak fitur atau mungkin perubahan yang cukup radikal. Maka besaran file update rom Miui juga akan membengkak sebesar 1 GB ke atas.

Buat para pengguna Wifi unlimited di rumah maupun kantor, mungkin urusan update rom Miui ini tidak akan menjadi masalah, karena kuota tanpa batas tadi, namun beda cerita dengan mereka (juga termasuk admin) yang fakir kuota alias cuma mengandalkan kuota kalong. Ini kejadian di admin yang dapat update pembaruan rom Miui terbaru pas waktu subuh. Karena dirasa masih banyak waktu, jadi admin update saja lalu tinggal tidur.

Namun ternyata koneksi tidak stabil, walhasil jadi tersendat-sendat. Batas kuota kalong/malam adalah jam 6 pagi dan admin baru sadar pas jam 6.20, proses unduh rom masih berjalan. Nah loch, berarti sekarang yang dipakai untuk mengupdate rom tersebut adalah kuota reguler. Oalah,.. habis sudah kuota internet admin, pas cek di updater juga tidak ada tombol resume maupun stop. Lantas bagaimana supaya proses update rom tersebut bisa diinterupsi?

Pada kenyataannya memang tidak ada opsi yang bisa kamu temukan agar bisa mem-pause ataupun menghentikan proses update rom melalui updater, namun ternyata proses update ini melalui sebuah aplikasi yang sepertinya jarang kamu perhatikan. Ada yang tahu nama aplikasinya? Dia adalah unduhan atau downloader:
1. Ketika proses update rom Miui sedang berjalan dan kamu ingin menginterupsinya, entah mau di pause atau di stop
2. Silahkan buka aplikasi bernama unduhan atau downloader. Posisi aplikasi ini ada di dalam folder tools atau alat
3. Nanti kamu akan mendapati proses download rom Miui tersebut
4. Silahkan kamu pilih sendiri, mau di pause atau stop

5. File rom Miui hasil unduhan sendiri berada di folder internal memory/downloaded_rom
Benarkan, sepele sekali sesuatu yang admin bagikan kali ini, tapi kalau sudah di posisi admin yang kuotanya sekarat karena kebablasan update rom, baru terasa manfaatnya, hehehe.. Yah itu saja dulu yang bisa admin bagikan ke kamu. Silahkan berdiskusi via kolom komentar jika ada yang kurang dipahami dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Salam admin Miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya