Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Koleksi Foto Penting yang Ada Di Smartphone Xiaomi Kamu Tidak Sengaja Terhapus? Ini Tutorial Cara Mengembalikannya

Pernahkah secara tidak sengaja kamu menghapus foto-foto penting yang ada di Smartphone Xiaomi? Padahal ke semua foto tadi punya kenangan tersendiri dan mungkin juga tidak akan pernah bisa diulang lagi momen tersebut (misalkan hadir di pesta nikahan mantan). Apakah ada suatu cara agar bisa mengembalikan, memulihkan atau merecover foto-foto yang tidak sengaja terhapus tadi? Jawabannya: tentu saja ada. Kalau tidak ada sih, ngapain admin sampai buat artikel khususnya hehehe.. cek langsung saja berikut ini !

Koleksi Foto Penting yang Ada Di Smartphone Xiaomi Kamu Tidak Sengaja Terhapus? Ini Tutorial Cara Mengembalikannya

Koleksi Foto Penting yang Ada Di Smartphone Xiaomi Kamu Tidak Sengaja Terhapus Ini Tutorial Cara Mengembalikannya
Koleksi Foto Penting yang Ada Di Smartphone Xiaomi Kamu Tidak Sengaja Terhapus Ini Tutorial Cara Mengembalikannya

Kalau dulu mungkin hanya segelintir orang yang bisa mengambil foto menggunakan kamera dan hanya momen-momen tertentu saja kamera bisa digunakan. Lah iya, karena dulu pakai roll film fisik dan juga sebuah kamera saku bernama tustel. Admin ingat sekali dulu, ketika ingin menggunakan kamera tustel harus beli roll filmnya dulu dan katanya kalau salah dalam penggunaan bisa mengakibatkan roll film terbakar dan memang benar saja, satu roll film tersebut habis terbakar. Walhasil ketika dicetak, hasilnya kayak hangus-hangus gitu.

Namun sekarang yang namanya kamera sudah jamak ditemui di mana saja termasuk di sebuah Smartphone yang salah satunya adalah Xiaomi. Yup, dengan Smartphone Xiaomi kita sekarang bisa dengan mudah mengambil foto, dimanapun dan kapan pun kita mau. Tanpa ada batasan, tanpa ada kekhawatiran nantinya itu foto bakal terbakar seperti kamera tustel. Bahkan ketika penyimpanan data Smartphone Xiaomi kamu penuh juga, semua foto yang diambil tadi bisa dipindahkan ke penyimpanan awal atau istilah kerennya itu Cloud Storage.

Setiap waktu yang berjalan, setiap momen yang terlewati pasti sangat berarti dalam hidup kita sehingga tak jarang dengan sengaja kita mengabadikan momen tersebut melalui jepretan kamera Smartphone Xiaomi. Namun masalahnya adalah ketika secara tidak sengaja foto yang sudah kamu ambil tersebut terhapus dan lebih parahnya lagi foto tersebut belum sempat dipindahkan ke komputer. Nah loch, jadi bagaimana nih caranya supaya foto yang terhapus tadi bisa dikembalikan lagi? Apakah ada suatu cara untuk merecover foto yang sudah terhapus?

Secara teknis tentu ada, karena memang data baik itu foto, musik , video dan file yang lainnya yang sudah terhapus tidak sepenuhnya hilang selagi file tersebut belum ditimpa beberapa kali oleh file baru. Tapi kamu sadarkah jika di awal artikel tadi admin sempat menyinggung soal Cloud Storage alias penyimpanan awan? Ada yang sadar?! Kalau belum, coba dibaca sekali lagi.

Sebagaimana kita ketahui jika Semua Smartphone Xiaomi telah dibekali rom bernama Miui (kecuali Mi A1) baik itu Redmi 1s, Redmi 2/Prime, Redmi 3/Pro, Redmi 3s/x, Redmi 4/A/Prime, Redmi 5/A/Prime, Redmi Note 2/Prime, Redmi Note 3 PRO/MTK, Redmi Note 4 PRO/MTK, Redmi Note 5/A/Prime, Mi3, Mi4/i/s/c, Mi5/s/Pro, Mi6, Mi MAX/2/3, Mi MIX/2, Mi Note/2/Pro.

Karena menggunakan rom Miui itulah, ada yang namanya Cloud Storage khusus Xiaomi bernama Mi Cloud. Nah di Mi Cloud ini selain bisa sinkron kontak, pesan, catatan, web history, juga bisa sinkron foto dan karena fitur itulah misalkan terjadi insiden tidak sengaja terhapus, kita bisa dengan mudah merecovernya.

Adapun tata caranya sebagai berikut:
1. Buka aplikasi Gallery Miui
2. Kemudian geser ke tab album
3. Perhatikan titik tiga yang ada di pojok kanan atas

Koleksi Foto Penting yang Ada Di Smartphone Xiaomi Kamu Tidak Sengaja Terhapus? Ini Tutorial Cara Mengembalikannya

4. Kemudian pilih trash bin atau tempat sampah
5. Misalkan kamu belum pernah log in, nanti akan dibawa ke halaman log in web browser Miui
6. Setelah itu akan tampil foto yang tidak sengaja kamu hapus
7. Silahkan kamu tekan dan tahan foto yang ingin kamu recovery atau pulihkan

Koleksi Foto Penting yang Ada Di Smartphone Xiaomi Kamu Tidak Sengaja Terhapus? Ini Tutorial Cara Mengembalikannya

8. Setelah itu tekan icon recovery yang ada di pojok kiri bawah bentuknya seperti panah melingkar
9. Secara otomatis foto yang sudah terhapus nanti akan kembali ke gallery
10. Tekan icon x jika sudah
11. Selesai

Kredit to:
- Askash Sarkar@Forum Miui

Cara di atas tentunya sangat membantu sekali buat kita yang sudah susah payah mengambil foto melalui Smartphone Xiaomi tapi karena alasan tidak sengaja maka foto-foto tadi terhapus. Namun ada satu kelemahan yaitu foto-foto yang terhapus tersebut sebelumnya harus sudah tersinkron ke Mi Cloud. Yup, jadi jika foto tersebut belum pernah ter-Sync atau malah memang sengaja kamu matikan fitur sinkron. Sudah pasti foto tersebut tidak dapat dipulihkan melalui fitur sinkron di atas.

Doakan saja ke depannya nanti admin bisa coba cari cara lain agar bisa mengembalikan foto yang tidak sengaja terhapus sekalipun belum atau tidak pernah tersinkron ke Mi Cloud. Sampai di sini dulu tutorialnya. Silahkan berdiskusi via kolom komentar jika ada yang kurang kamu pahami dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin Miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya