Sudah Adakah Cara Root untuk Xiaomi Mi A1 Android OREO? Ada Kok! Root nya Menggunakan Magisk

Apakah sudah ada cara root untuk Xiaomi Mi A1 yang sudah update ke Android OREO? dan kalau bisa apakah caranya masih sama saja dengan cara root yang ada di Android Nougat? Soalnya saya sudah terbiasa root dan banyak aplikasi di Mi A1 yang butuh akses root. Okey ada kok, cuma kali ini root nya menggunakan Magisk. Cek artikel lengkapnya berikut

Sudah Adakah Cara Root untuk Xiaomi Mi A1 Android OREO? Ada Kok! Root nya Menggunakan Magisk

Sudah Adakah Cara Root untuk Xiaomi Mi A1 Android OREO? Ada Kok! Root nya Menggunakan Magisk
Sudah Adakah Cara Root untuk Xiaomi Mi A1 Android OREO? Ada Kok! Root nya Menggunakan Magisk

Tepat di malam pergantian 2018 tadi, pengguna Xiaomi Mi A1 mendapatkan notifikasi update ke sistem Android terbaru yaitu OREO, yang mana sudah cukup lama bertengger di Android Nougat. Secara tampilan antara Android Nougat ke Android OREO tidak terlalu banyak perubahan yang signifikan, terlebih jika kamu seperti admin yang memilih menggunakan Launcher pihak ketiga. Namun begitu dari sisi pengaturan terlebih lebih rapih dari sebelumnya, pengelompokan tugas pun lebih bagus. Buat kamu pengguna Xiaomi Mi A1 yang hingga saat ini belum juga dapat notifikasi update ke Android OREO, bisa ikuti caranya di sini.

Terlepas dari berbagai permasalahan seperti bug data internet via seluler yang muncul di Rom OREO Mi A1 ini, ada satu pertanyaan yang mengganjal dari admin pada saat ingin update ke Android OREO ini yaitu apakah sudah ada cara root superSU nya? Mengingat admin Miuitutorial.com sendiri sulit terlepas dari root karena ada beberapa aplikasi yang sering gunakan butuh akses root. Belum lagi ada yang butuh xposed Framework.

Benar saja, di awal peluncuran rom OREO memang belum bisa admin temukan cara root nya. Namun sekarang sudah ada dan ini yang akan admin share ke kamu. Seperti biasa untuk bisa menjalankan tutorial ini, pastikan Xiaomi Mi A1 kamu sudah dalam keadaan unlock bootloader. Buat yang bingung cara unlock Mi A1 bisa baca-baca tutorialnya di sini (mudah banged kok), setelah itu ikuti langkah-langkahya berikut:

Bahan:
- Minimal ADB dan Fastboot di sini
- Magisk Manager APK di sini
- Patched Boot Mi A1 di sini
- Update Patch Boot 1 Januri 2018 untuk OREO Mi A1 di sini (Gunakan ini jika setelah diinstall patch boot malah hilang sinyal Wifi)

Caranya:
1. Ambil Minimal ADB dan Fastboot di atas kemudian instal seperti biasa di komputer
2. Ekstrak Patched Boot lalu taruh file IMG nya di folder ADB tadi
3. Untuk Magisk silahkan instal seperti biasa di Mi A1
4. Aktifkan USB Debugging pada Mi A1, buat yang belum tahu caranya bisa tonton video berikut:


5. Setelah itu matikan Mi A1 kamu lalu masuk ke mode Fastboot dengan cara tekan dan tahan tombol Power beserta volume bawah secara bersamaan
6. Sambungkan Mi A1 ke komputer menggunakan kabel USB
7. Jalankan Minimal ADB dan Fastboot dai desktop shortcut
8. Setelah itu ketikkan perintah fastboot boot patched_boot.img
9. Secara otomatis nantinya Xiaomi Mi A1 kamu akan boot sendiri dan masuk ke homescreen
10. Segera jalankan aplikasi Magisk Manager tadi
11. Pastikan koneksi internet menyala di Mi A1 kamu
12. Kemudian pilih instal kemudian pilih metode mana yang ingin kamu gunakan untuk menginstal Magisk root
13. Jika sudah diinstal > pilih reboot
14. Selamat sekarang Xiaomi Mi A1 kamu sudah sukses root dengan metode Magisk tanpa menghilangkan kemampuan untuk update OTA
15. Supaya lebih mudah dipahami, sudah admin buatkan juga tutorial Root OREO Xiaomi Mi A1 ini dalam bentuk video. Silahkan ditonton:


Ya root pada Android OREO Xiaomi Mi A1 kali ini menggunakan bantuan Magisk, dan kabarnya dari dev tutorial ini juga menginfokan jika dengan metode root Magisk ini maka kamu tetap bisa menginstal update via OTA. Admin sendiri belum coba sih karena pada saat pembuatan artikel ini juga belum ada update terbaru dari Google maupun Xiaomi.

Namun setidaknya dengan adanya cara ini, kita terutama pengguna yang sudah terbiasa dengan root superSU bisa bernafas lega karena tetap bisa menggunakan atau menjalankan aplikasi yang membutuhkan akses root di Xiaomi Mi A1. Okey sekain tutorial kali ini, jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin Miuitutorial.com

Sudah Adakah Cara Root untuk Xiaomi Mi A1 Android OREO? Ada Kok! Root nya Menggunakan Magisk