Always on FingerPrint di Xiaomi Mi5c: Buka Kunci Layar Tidak Perlu Menekan Tombol Home Lagi

Mi5 dan Mi Note 2 sudah kebagian mod Always on Fingerprint. Apakah ada juga mod serupa untuk Xiaomi Mi5c? Secara Smartphone Xiaomi yang satu ini nyeleneh sendiri karena menggunakan prosesor yang tidak umum alias proses S1 Surge bikinan Xiaomi. Walhasil, mencari tutorial mod untuk Mi5c jadi terasa lebih sulit.

Always on FingerPrint di Xiaomi Mi5c: Buka Kunci Layar Tidak Perlu Menekan Tombol Home Lagi

Always on FingerPrint di Xiaomi Mi5c: Buka Kunci Layar Tidak Perlu Menekan Tombol Home Lagi
Always on FingerPrint di Xiaomi Mi5c: Buka Kunci Layar Tidak Perlu Menekan Tombol Home Lagi

Tata letak Fingerprint yang berada di depan sepertinya kian hari mulai ditinggalkan, hal ini tidak lain karena trend layar 18:9 yang terus diminati oleh para pengguna Smartphone, juga akibat ikut-ikutan arus dari hadirnya iPhone X. Contoh saja Xiaomi yang sudah tidak lagi mengeluarkan Smartphone dengan posisi pemindai sidik jari di depan. Terakhir admin ingat fingerprint di depan itu ada di Xiaomi Mi5, Mi6, Redmi PRO, dan Mi Note 2. Selebihnya fingerprint sudah berpindah ke bagian belakang.

Namun begitu posisi Fingerprint yang berada di bagian depan bukan tanpa masalah. Lah masalah, memang apa min masalahnya? Iya masalah karena untuk bisa menggunakan fingerprint, maka terlebih dahulu kamu harus mengaktifkan fingerprint tersebut dengan cara menekan tombol Home fisik. Jadi jika kamu tidak menekan tombol Home fisik, maka mau sampai kapan pun itu fingerprint tidak akan bisa digunakan.

Memang sih keharusan untuk menekan tombol Home fisik hanya terjadi pada beberapa model saja semisal Xiaomi Mi5, Mi5c, Mi Note 2 dan Redmi PRO, sedangkan untuk Mi5s dan Mi6 bisa langsung aktif Fingerprint cukup dengan meletakkan ujung jari saja. Akan tetapi masalah seperti ini sudah ada jalan keluarnya yaitu dengan menggunakan semacam module dari Magisk yang fungsinya adalah untuk terus mengaktifkan Fingerprint sekalipun kondisi layar mati.

Sayangnya cara Always on fingerprint tersebut baru di coba pada Xiaomi Mi5 dan Mi Note 2 saja, sedangkan untuk Mi5c belum ada. Buat kamu yang pingin coba metode module Magisk tersebut bisa mengunjungi tutorial lengkapnya di sini. Nah di artikel kali ini admin akan membagikan mod khusus untuk Xiaomi Mi5c yang mana dengan mod ini bisa langsung mengaktifkan fingerprint yang ada di tombol Home tanpa harus menekannya terlebih dahulu. Tentunya mod ini sudah dicoba langsung oleh pengguna Mi5c dan sejauh ini berhasil.

Buat kamu yang ingin mencoba Always one Fingeprint ini di Xiaomi Mi5c bisa siapkan bahan-bahan berikut:
Root Explorer
- Script mode Always on Fingerprint khusus untuk Mi5c di sini
- Root Explorer di sini

Caranya:
1. Pastikan jika Xiaomi Mi5c kamu sudah dalam keadaan unlock bootloader dan juga sudah dalam keadaan root superSU atau root Magisk. Untuk tutorial cara unlock bootloader sendiri bisa kamu baca di sini, sedangkan untuk cara root Mi5c di sini
2. Install aplikasi Root Explorer di atas ke Xiaomi Mi5c kamu kemudian jalankan
3. Ambil Script mod Always on fingerprint kemudian taruh di internal memory Mi5c
4. Dengan menggunakan Root Explorer, kamu pergi ke direktori /su/su.d
5. Kemudian ubah permissionnya menjadi rwxr-xr-x
6. Setelah itu reboot Mi5c kamu

Saran dari admin untuk membackup terlebih dahulu rom yang kamu gunakan sekarang sebelum menginstall mod Always on Fingerprint ini di Xiaomi Mi5c, sehingga akan lebih mudah untuk merestore rom tersebut jika terjadi sesuatu. Sekian tutorial cara Always on fingerprint di Mi5c kali ini, silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Miuitutorial Indonesia. Salam admin Miuitutorial.com

Always on FingerPrint di Xiaomi Mi5c: Buka Kunci Layar Tidak Perlu Menekan Tombol Home Lagi