Inikah yang Kamu Cari Cara Memunculkan Radio FM Offline di Xiaomi Mi A1 Tanpa Kuota?

Bisa mendengar siaran Radio FM di Xiaomi Mi A1? Yah kamu tidak salah baca kok. Xiaomi Mi A1 sebenarnya memang punya kemampuan untuk menangkap siaran radio FM namun entah kenapa disembunyikan. Oleh karena itu di artikel kali ini admin akan bagikan ke kamu tutorial cara memunculkan opsi atau fitur Radio FM tersebut di Mi A1. Langsung disimak saja tutorialnya!

Inikah yang Kamu Cari Cara Memunculkan Radio FM Offline di Xiaomi Mi A1?

Inikah yang Kamu Cari Cara Memunculkan Radio FM Offline di Xiaomi Mi A1?
Inikah yang Kamu Cari Cara Memunculkan Radio FM Offline di Xiaomi Mi A1?

Sebagai sebuah Smartphone Xiaomi yang menggunakan stock rom Android Murni Google melalui Project Android ONE nya. Tahukah kamu jika selama ini Xiaomi Mi A1 memiliki salah satu fitur tersembunyi yang bahkan mungkin tidak banyak dari pemilik mereka ketahui? Fitur tersembunyi apa itu? Fitur tersebut adalah Radio Offline atau radio FM yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari.

Yah jadi secara default sebenarnya ada Radio FM di dalam Xiaomi Mi A1 tersebut, namun dengan alasan kenapa, baik itu Xiaomi maupun Google menyembunyikan fitur Radio Offline ini. Walhasil secara default kamu tidak bisa menemui opsi atau menu untuk mengakses fitur Radio FM ini. Seperti yang sudah admin singgung sedikit tadi, tersembunyi bukan berarti tidak bisa diakses sama sekali.

Tentu tetap bisa kok dan bahkan sebenarnya admin sudah pernah membahas tentang bagaimana cara memunculkan opsi radio FM di Xiaomi Mi A1 ini tanpa root di sini. Namun salah satu kelemahan dari metode tersebut adalah kita harus tetap mengakses menu tersebut untuk bisa menggunakan radio offline dan apabila keluar dari menu tersebut maka Radio FM tadi akan berhenti.

Nah untuk mengakali hal tersebut sehingga Radio FM tadi tetap bisa digunakan sebagaimana Aplikasi pemutar musik, ada satu cara lagi yang bisa kamu gunakan agar opsi Radio FM di Xiaomi Mi A1 tersebut permanen. Caranya adalah dengan menggunakan sebuah module Magisk Radio FM.

Untuk lebih lengkap tata cara pemasangannya akan admin jabarkan di bawah ini:

Bahan:
- Magisk Module Radio FM: Versi Patch Agustus di sini | Agustus Fix di sini

Caranya:
1. Pastikan Xiaomi Mi A1 kamu sudah dalam keadaan unlock bootloader, jika belum silahkan ikuti tata cara unlock bootloader Xiaomi Mi A1 di sini
2. Setelah itu pastikan Mi A1 tersebut juga sudah dalam keadaan root Magisk. Jika belum bisa kamu cek di sini
3. Setelah root Magisk terinstall di Xiaomi Mi A1 > silahkan kamu ambil file module Radio FM di atas (dalam format zip) kemudian taruh di internal memory Xiaomi Mi A1
4. Jalankan Magisk Manager > Swipe ke kanan > pilih Module > tap icon + > arahkan ke module Radio FM tadi
5. Nantinya module akan di install > jika sudah terinstall > reboot
6. Sekarang kamu sudah bisa menggunakan Radio FM di Xiaomi Mi A1

Sedang diupload

Sejauh ini module Xposed Radio FM tadi baru dicoba pada rom Android versi... selebihnya silahkan dicoba sendiri. Pada dasarnya module Magisk Radio FM ini hanya membantu memunculkan fitur tersembunyi Radio FM yang ada di Xiaomi Mi A1, karena ya itu tadi hardware dari Mi A1 memang mendukung kemampuan untuk menangkap sinyal FM.

Nah itulah tutorial bagaimana caranya mengaktifkan fitur Radio FM di Xiaomi Mi A1. Ini adalah radio FM Offline jadi pada saat penggunaannya pun sama sekali tidak membutuhkan koneksi data internet. Asalkan wilayah tempat kamu tinggal tersedia saluran radio FM, maka selama itu pula kamu bebas mendengarkan siaran radio FM. Silahkan +1, like dan bagikan serta jangan lupa Subscribe channel Miuitutorial Indonesia. Salam admin miuitutorial.com

Inikah yang Kamu Cari Cara Memunculkan Radio FM Offline di Xiaomi Mi A1 Tanpa Kuota?