Masih Semudah Dulukah Unlock Bootloader di Smartphone Xiaomi? ARB, NO EDL, 36 Jam: Tested Redmi 3s

Apakah cara unlock bootloader pada Smartphone Xiaomi masih sama saja dengan cara sebelumnya? Kalau beda, apa saja yang perlu dipersiapkan dan bagaimana caranya supaya bisa sukses unlock 100%? Nah di postingan kali ini admin akan coba uji sendiri sekaligus mencari tahu apakah unlock bootloader masih sama mudahnya seperti dulu atau malah tambah sulit. Let's check this out!

Masih Semudah Dulukah Unlock Bootloader di Smartphone Xiaomi? ARB, NO EDL, 36 Jam: Tested Redmi 3s

Masih Semudah Dulukah Unlock Bootloader di Smartphone Xiaomi? ARB, NO EDL, 36 Jam: Tested Redmi 3s
Masih Semudah Dulukah Unlock Bootloader di Smartphone Xiaomi? ARB, NO EDL, 36 Jam: Tested Redmi 3s

Okey, jadi ceritanya admin punya satu unit Smartphone Xiaomi yaitu Redmi 3s yang hingga kini belum sempat di unlock bootloader. Lebih tepatnya sih punya cewek yang memang dalam penggunaan hariannya juga tidak macam-macam seperti kita para opreker. Paling banter dipakai untuk sosial media, main game ringan dan chatting Whatsapp. Jadi bisa dibilang unlock bootloader ini tidak dibutuhkan sama sekali.

Nah berhubungan sekarang ada di tangan admin, dan pastinya sudah minta ijin juga. Admin jadi pingin coba lagi unlock, terakhir unlock sih di Mi5 PRO, sebelum-sebelumnya juga di Redmi Note 3 PRO, Redmi Note 3 MTK, serta Redmi Note 4 PRO milik teman. Ke semuanya berhasil tanpa ada masalah berarti. Jadi sih seharusnya unlock bootloader di Redmi 3s ini juga sama mudahnya.

Untuk bahan-bahan sendiri masih sama saja kok seperti yang pernah admin jelaskan di sini. Namun akan admin coba cantumkan lagi sebagai berikut:
- Mi Unlock Tool yang bisa kamu ambil di sini
- Kemudian Akun Mi yang sudah mendapatkan perizinan untuk unlock

Caranya:
1. Tinggal kamu masuk ke pengaturan lalu aktifkan mode USB Debugging yang ada di tentang ponsel dengan cara tap 7 kali pada versi Miui lalu masuk ke setelan tambahan > mode pengembang dan pastikan USB Debugging dan Buka kunci OEM tercentang.
2. Setelah itu juga kamu tambahan akun Mi ke pengaturan serta pada Mi Unlock Status
3. Tinggal matikan Smartphone Xiaomi tadi lalu masuk ke mode Fastboot dengan cara tekan dan tahan tombol secara bersamaan hingga muncul logo Mi Bunny sedang memperbaiki robot android
4. Sambungkan Redmi 3s tadi ke komputer via kabel USB
5. Ekstrak dan jalankan Mi Unlock tool > kemudian jalankan miflash_unlock.exe dengan cara klik 2 kali
6. Silahkan log in menggunakan akun Mi kamu
7. Setelah itu akan muncul tombol unlock > tekan tombol unlock anyway
8. Tunggu hingga proses unlock selesai
9. Sekarang Xiaomi Redmi 3s tadi sudah sukses terunlock

Walau terbilang singkat untuk bisa unlock di Smartphone Xiaomi, namun pada praktiknya, admin membutuhkan lebih dari 3 hari. kenapa? Karena ketika admin coba unlock, yang ada malah muncul error atau lebih tepatnya admin disuruh untuk menunggu 36 jam kedepan. Yup, jadi sebelum 36 jam tersebut berlalu, admin tidak bisa unlock Redmi 3s tadi.

Padahal sebelumnya di Redmi Note 3 PRO, Redmi Note 3 MTK, Redmi Note 4 PRO dan Mi5 PRO, admin sama sekali tidak menemukan kendala semisal disuruh nunggu 36 jam tadi. Semua lancar tinggal unlock saja, namun sekarang sepertinya proses unlock pada Xiaomi sudah dipersulit. Lagi-lagi mungkin karena faktor keamanan.

Admin mencoba lagi untuk unlock bootloader sebenarnya bukan untuk menunjukkan kamu cara unlock, karena memang tutorial cara unlock sudah pernah admin bagikan melalui video di bawah ini:


Akan tetapi lebih kepada uji coba, apakah cara lama masih berfungsi atau harus ada perlakukan khusus. Secara di awal peluncurannya, bisa dibilang Xiaomi adalah produsen pelopor yang membebaskan penggunanya untuk modding atau modifikasi software. Ini terlihat dari Xiaomi dengan bangga mengumumkan jika Smartphone Android yang mereka produksi secara retail (siap jual) sudah dalam keadaan unlock bootloader.

Namun sekarang, jangankan unlock bootloader. Bahkan muncul ARB atau Anti Rollback, dimana Smartphone Xiaomi yang sudah update ke Miui versi terbaru tidak akan bisa lagi turun ke Miui versi lawas atau ke Android versi lawas. Belum lagi mode EDL Download yang biasanya digunakan untuk flashing rom Miui melalui Mi Flashtool juga sudah dimatikan dan hanya bisa diakses jika sudah dalam keadaan unlock bootloader.

Membuat admin merasa penasaran apakah cara unlock bootloader yang sudah pernah admin buat, masih bisa digunakan, coba pada Smartphone Xiaomi saat ini?.. Nah video di atas sudah menjawab pertanyaan admin tersebut. Buat kamu mungkin yang punya kendala pada saat unlock atau ingin berbagi silahkan tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan. Oh iya, nantinya admin akan coba bahas soal bagaimana caranya unlock bootloader bisa sukses 100%. Salam admin Miuitutorial.com

Masih Semudah Dulukah Unlock Bootloader di Smartphone Xiaomi? ARB, NO EDL, 36 Jam: Tested Redmi 3s