Baru Pertama Kali Punya Smartphone Xiaomi? Bingung Mau Ngapain? Ikuti Panduannya di sini

Ubah Font di Xiaomi Miui 8 Tanpa Root SuperSU? Geli-Geli Aja: Ini Tutorial Cara Mudah Menggantinya

"Dicari ke pengaturan tema sekalipun kenapa tetap tidak ditemukan ya cara mengganti font di Miui 8? hem.. ketemu sih caranya ganti font di miui 8, tapi harus root dulu bahkan harus unlock bootloader lagi. Kira-kira ada tidak ya tutorial cara ganti font di miui 8 xiaomi tanpa membutuhkan akses root SuperSU sama sekali?" so pasti ada.. namanya juga smartphone xiaomi, pasti ada saja cara ngakalin ganti font tanpa perlu root. Ini tutorialnya:

Ubah Font di Xiaomi Miui 8 Tanpa Root SuperSU? Geli-Geli Aja: Ini Tutorial Cara Mudah Menggantinya

Ubah Font di Xiaomi Miui 8 Tanpa Root SuperSU? Geli-Geli Aja: Ini Tutorial Cara Mudah Menggantinya
Ubah Font di Xiaomi Miui 8 Tanpa Root SuperSU? Geli-Geli Aja: Ini Tutorial Cara Mudah Menggantinya

Sudah menjadi rahasia umum di di dunia per-xiaomian (emank ada?!) jika fitur mengganti font sudah dihilangkan ketika update miui 7.1. Semenjak saat itu banyak sekali tutorial-tutorial yang bermunculan dari pada mi fans di seluruh dunia terkait bagaimana cara mengganti font. Akan tetapi dari sekian banyak tutorial tersebut hanya beberapa saja yang tidak membutuhkan akses root, sedangkan selebihnya membutuhkan akses root.

Padahal kita ketahui bahwa untuk bisa mendapatkan akses root di smartphone xiaomi keluaran terbaru harus unlock bootloader terlebih dahulu. Berbeda dengan ponsel xiaomi lawas yang sudah unlock bootloader dan terpasang default recovery secara bawaan. Kalau pikir-pikir masak cuma mengganti font di Miui 8 saja harus sampai unlock bootloader segala plus ditambah harus root SuperSU pula. Beuh.. bikin ribet saja kan?!

Selain itu tidak semua orang ngerti cara unlock bootloader + root dan juga tidak semua orang ingin smartphone xiaominya root. Dikarenakan biasaya ada beberapa apllikasi yang jika dipasangkan pada smartphone xiaomi yang punya akses root maka aplikasi tersebut akan menolak untuk dijalankan, seperti aplikasi perbankan. Nah untuk itu admin miuitutorial.com akan membagikan tutorial bagaimana cara mengganti font di android miui 8 tanpa membutuhkan akses root sama sekali dan yang pasti tutorial ini bisa dilakukan oleh kamu sekalipun baru bergabung di dunia xiaomi. Ikuti langkah-langkah berikut:

Bahan:
- iFont untuk Xiaomi Miui 8 di sini | mirror di sini | di sini | di sini | di sini
- Font Sword Art Online di sini

Caranya:
1. Silahkan ambil aplikasi iFont untuk miui 8 di atas kemudian install seperti biasa di komputer kamu
2. Silahkan pilih adan ambil sendiri font yang kamu inginkan di sini. Ada banyak sekali koleksi font. tinggal plih mau mengkoleksi yang mana.
3. Setelah kamu ambil font yang kamu inginkan. Segera ekstrak dengan menggunakan aplikasi winrar kemudian font tersebut kamu pindahkan ke eksternal memory (terserah mau taruh di mana)
4. Jalankan aplikasi iFont tadi lalu pilih tab "dimiliki" > pilih Font saya > Klik tulisan merah "click this"
5. Maka kamu akan dibawa ke file eksplorer
6. Arahkan ke file font.ttf yang sudah kamu pindahkan tadi. sebagai contoh admin arahkan ke SAouITT-Reguler.ttf (ini adalah font Sword Art Online)

7. Klik tombol teka yang ada di pojok kanan atas lalu tekan saja ok dan ok
8. Maka secara otomatis kamu akan dibawa ke thememanager miui
9. Klik tombol import (biasanya ada di bagian paling bawah)
10. Maka kamu akan diarahkan ke default eksplorer
11. Cari folder Theme > MIUI  > lalu pilih tema.mtz yang sudah di import tadi > tekan ok
12. kembali ke aplikasi iFont > pilih pengaturan > Ubah mode font > lalu pilih samsung mode (untuk samsung)
13. Kembali ke menu awal iFont > pilih  Di unduh > lalu  klik font awal > tekan ok saja
14. lanjut pilih ukuran font pada menu iFont  dan secara otomatis kamu akan dibawa ke menus huruf system
15. Pilih huruf sistem > tekan offline > kemudian pilih font yang sudah kamu import tadi
16. Klik apply dan secara otomatis smartphone xiaomi kamu akan minta di reboot
17. Taaraa.. font di miui 8 sudah berhasil diganti tanpa butuh root sama sekali
18. Masih bingung? nantikan video tutorialnya. update: tutorial dalam bentuk video bisa kamu tonton di bawah ini:


Catatan:
- Segala resiko ditanggung penumpang
- Pastikan ponsel xiaomi kau tersambung ke internet ketika menjalankan tutorial ini

Ada baiknya sebelum menjalankan tutorial ini, kamu backup dulu font original Miui 8. Siapa tahu kamu ingin kembali ke default font. Btw buat kamu yang sudah unlock bootloader + TWRP + root, ada baiknya kamu ikuti tutorial cara ganti font di sini, di sini, dan di sini. Kenapa harus beda? biar greget gitu.. hahaha.. Ok jika kamu punya cara yang lebih jitu supaya bisa mengganti font miui 8 tanpa root, boleh di share di kolom komentar agar banyak teman-teman kita sesama pengguna smartphone xiaomi ikut terbantu. Jangan lupa +1, like dan bagikan tutorial ini. Semoga bermanfaat. Salam admin miuitutorial.com

Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya