Baru Pertama Kali Punya Smartphone Xiaomi? Bingung Mau Ngapain? Ikuti Panduannya di sini

Sudah Dicoba Berapa Kalipun, Smartphone Xiaomi Kamu Tidak Terdeteksi Komputer? Coba 10 Tips Berikut Ini

Kenapa smartphone xioami saya tidak terdeteksi ketika disambungkan ke komputer? padahal semua driver scde3udah di install, termasuk Mi PC suite dan Mi flashtool. Kira-kira apa penyebabnya dan bagaimana cara memperbaikinya? hemm.. kalau itu yang sedang kamu alami sekarang, berarti tutorial ini yang sedang kamu cari. Simak selengkapnya tutorial bagaimana cara memperbaiki smartphone xiaomi yang tidak terdeteksi di komputer berikut ini.

Sudah Dicoba Berapa Kalipun, Smartphone Xiaomi Kamu Tidak Terdeteksi Komputer? Coba 10 Tips Berikut Ini

Sudah Dicoba Berapa Kalipun, Smartphone Xiaomi Kamu Tidak Terdeteksi Komputer? Coba 10 Tips Berikut Ini
Sudah Dicoba Berapa Kalipun, Smartphone Xiaomi Kamu Tidak Terdeteksi Komputer? Coba 10 Tips Berikut Ini

Salah satu momen yang bikin bingung sekaligus menjengkelkan ketika mengoprek xiaomi ialah smartphone xiaomi tidak mau terdeteksi di komputer. Padahal pada saat itu ponsel xiaomi kamu sedang bootloop, hardbrick sehingga diperlukan pertolongan pertama yaitu flashing rom. Boro-boro mau flashing rom, sedangkan di komputer saja tidak bisa terdeteksi atau dulu pernah terdeteksi namun setelah dicoba lagi tidak terdeteksi.

Ada banyak faktor yang menyebabkan smartphone xiaomi kamu tidak terdeteksi oleh komputer. Seperti yang pernah admin alami ketika memiliki Xiaomi Redmi Note 3 PRO. Mulai dari port usb itu sendiri yang bermasalah, driver yang tidak keinstall dengan benar, atau hal kecil seperti lupa mendisable driver signature sampai tidak pernah mengupdatemi flashtoolnya.

Apabila kamu mengalami kejadian ponsel xiaomi tidak mau terdeteksi di komputer, silahkan lakukan beberapa langkah sederhana berikut ini:

1. Periksa Port USB
Langkah awal yang dapat kamu lakukan ialah periksa slot atau port USB yang ada pada leptop/komputer kamu. Pastikan port USB dalam kondisi bagus/baik, tidak longgar ataupun berdebu bin berkarat. Dikarenakan port usb kerap kali digunakan sehingga tingkat kerapatan/kekencangannya berkurang. Belum lagi kebiasaan orang yang beda-beda ketika mencolokkan dan juga mencabut kabel USB dari port nya.

2. Cek Kabel USB dan Pakai USB Original Xiaomi
Silahkan cek kabel USB yang sering kamu pakai buat menyambungkan ponsel xioami ke komputer. Cek apakah ada kabel yang tertekuk/patah, sobek digigit tikus, atau bahkan putus gegara sering tertekan oleh kursi komputer (pengalaman admin). Selain itu biasakan juga untuk menggunakan kabel USB original ketika ingin menyambungkan ponsel xiaomi ke komputer. "Apakah harus kabel USB original Xiaomi?" tidak juga sih, kamu juga bisa menggunakan kabel original dari merek lain seperti sony, samsung, oppo, asus dan vendor lainnya juga. Penggunaan kabel USB original dimaksudkan agar terhindar dari hal-hal yang tidak terduga.

3. Disable Driver Signature
Hal sepele namun di "kecil" inilah yang sering kamu lewatkan dan akhirnya bikin tambah pusing gegara tidak ada tanda-tanda ponsel xiaomi kamu dikenal oleh komputer. Tidak lain dan tidak bukan adalah "disbale driver signature". Secara pribadi admin tidak pernah mendisable driver signature pada Windows 7. Tindakan mendisable driver signature admin lakukan ketika menggunakan windows 8.1 hingga windows 10 pro sekarang ini. tapi ada baiknya kamu disable juga driver signature pada windows 7. Tindakan mendisable driver signature dimaksudkan untuk meloloskan atau membiarkan driver dari mi flashtool dan mi PC suite untuk dapat diinstall di komputer berbasis windows. Karena dari windows sendiri terdapat semacam penghalang yang hanya menerima driver dari vendor yang sudah mereka percayai/terverfikasi (silahkan koreksi jika admin keliru).

Satu hal penting, jangan heran jika ponsel xiaomi kamu tidak terdeteksi oleh Mi Flashtool di windows XP, karena memang persyaratan terendahnya adalah windows 7. Jadi silahkan kamu update ke windows 7 atau yang lebih baru lagi semisal windows 10.

4. Gunakan Windows 64bit
Entah mulai dari seri ponsel xiaomi keberapa, penggunaan windows 64bit menjadi rujukan utama ketimbang windows 32bit. Hal ini dikarenakan seringnya pengguna xiaomi yang mendapati notifikasi error "not enough storage" ketika mem-flashing rom smartphone xioami mereka via Mi flashtool.
Mungkin saja persyaratan ini memang dari awal sudah ada, karena dari awal punya komputer admin sudah menggunakan windows 7 Home Premium 64bit, jadi tidak terlalu kerasa akan persyaratan ini. "Lantas bagaimana dengan pengguna windows 32bit? apakah tetap tidak bisa menggunakan Mi flashtool?" Tetap bisa kok karena sudah ada Mi flashtool beta, selain itu mi flashtool yang terbaru sekarang juga sudah mendukung windows 32bit, selengkapnya bisa kamu cek di sini.

5. Update Mi Flashtool dan Mi PC Suite ke Versi Terbaru
Apabila smartphone xiaomi masih saja tidak terdeteksi, ada baiknya coba kamu cek versi mi flashtool dan mi PC suite sedang kamu gunakan sekarang. Mungkin saja versi tersebut sudah lawas dan perlu tindakan untuk memperbaruinya ke versi terbaru. Di miuitutorial.com sendiri sudah ada postingan khusus yang merangkum semua versi Mi flashtool, sialhkan kamu lihat di navigasi bar kemudian pilih koleksi mi flashtool buat pengguna xiaomi berprosesor Snapdragon by Qualcomm dan SP flashtool di sini buat pengguna Mediatek

6. Cek Device Manager Windows
Salah satu bagina yang tidak boleh kamu lewatkan ketika mendapati smartphone xiaomi kamu tidak terdeksi dengan baik di komputer ialah device manager. Yup, bagian ini sering kali admin periksa ketika mendapati masalah seperti di atas. Cak masuk ke device manager windows mudah kok, tinggal ketikkan saja kata "device manager" di kolo pencarian, nanti kamu akan dibawa kesebuah menu seperti gambar di bawah ini:

Sudah Dicoba Berapa Kalipun, Smartphone Xiaomi Kamu Tidak Terdeteksi Komputer? Coba 10 Tips Berikut Ini

Jika sudah muncul, silahkan cek pada bagian port (posisi xiaomi sedang tersamung ke komputer), apakah mucl tanda segitiga biru berwarna kuning. Jika iya, berarti kamu harus lanjut ke langkah nomor 7 di bawah.

7. Update Driver
Langkah 7 ini bisa dibilang try and error, admin lakukan jika di langkah nomor 6 tadi muncul segitiga biru. Cara mudah update driver ialah klik kanan pada port yang mucul segita kuning tadi lalu pilih update driver. Seetlah itu kamu akan dihadapkan pada pilihan update secara online atau offline. Pilih "browse my computer for driver software" kemudian klik browse guna mengarahkan ke tempat dimana kamu menyimpan driver tersebut atau bisa juga pilih "let me pick from a list of device driver on my computer", nanti kamu akan dibawa ke list driver yang sudah dikenali atau terdaftar oleh windows. Silahkan pilih salah satu atau coba satu persatu list driver tersebut.

8. Nyalakan Internet
Ada kalanya diperlukan koneksi internet untuk menginstall driver agar smartphone xiaomi kamu dengan mudah dapat terdeteksi. Biasanya hal ini terjadi karena sebelumnya belum pernah ada driver xiaomi, driver tidak terdapat pada paket penginstalan sebelumnya, atau memang sudah seharusnya untuk diperbarui driver tersebut.

9. Aktifkan Mode USB Debugging
Coba diingat-ingat lagi, jangan-jangan USB debugging di ponsel xiaomi kamu sendiri belum di aktfikan. Jiah.. capek-capek admin ngetik tutorial 1200-an kata lebih ini cuma gegara kamu teledor lupa mengaktifkan USB debugging, hehe..

Buat para sesepuh pasti sudah khatam cara mengaktifkan mode USB debugging di smartphhone xiaomi. Khusus buat yang baru bergabung di dunia xiaomi, admin akan berikan tipsnya yaitu bukan pengaturan > masuk ke tentang ponsel/about phone > tap 7x pada miui version > nanti akan muncul notifikasi bahwa kamu adalah seorang pengembang. Kembali ke pengaturan > masuk ke additional option/setelan tambahan > opsi pengembang > lalu centang USB debugging

10. Pindah Komputer
Jika semua cara di atas sudah kamu lakukan namun hasilnya tetap saja nihil, tidak ada tanda-tanda ponsel xiaomi kamu dapat terdeteksi di komputer. ada baiknya coba pindah ke komputer lain dulu. Siapa tahu hoki dan bisa ikutan undian berhadiah.

10 tips cara mengatasi smartphone xiaomi yang sulit terdeteksi oleh komputer di atas didasarkan pada pengalaman admin sendiri selama memiliki smartphone xioami mulai dari Redmi Note 3G, Redmi Note 3 MTK, Redmi Note 3 PRO, sampai yang sekarang Mi5 PRO. jadi buat kamu pengguna redmi 3/pro, redmi 3s/x/prime, Mi4, Mi Note/pro, redmi note 2/prime, redmi note 3 mtk, redmi 2/prime, redmi note 4, redmi pro, redmi 4/A/pro, mi max, redmi 1s, redmi note 3g, mi3, mi5s/plus, mi note 2, mi mix yang mengalami masalah serupa, bisa dipraktekkan 10 langkah di atas.

Selain kesepuluh langkah di atas, tidak terdeteksinya ponsel xiaomi kamu di komputer bisa dikarenakan pernah ada semacam driver dari vendor lain, atau pernah install program semacam emulator android yang membuat driver lama bentrok dengan driver dari xiaomi. Apabila kamu memiliki pengalaman serupa serta punya beberapa tips yang lebih mudah dan sederhana lagi, silahkan di bagikan di kolom komentar, karena akan sangat membantu sekali buat para pengguna ponsel xiaomi yang sedang senam jantung. Sekain tutorial kali ini. Semoga bermanfaat, +1, like dan bagikan. Salam admin miuitutorial.com

Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya