-->

5 Cara Yang Bisa Kamu Lakukan Jika Gagal Masuk Mode Fastboot Xiaomi

Gagal masuk mode Fastboot di Smartphone Xiaomi? Tenang saja, admin juga pernah kok dan bahkan hampir setiap kali oprek ada saja gagal masuk mode fastboot. Oleh karena itu berikut ini sudah admin sediakan setidaknya 5 cara mengatasi gagal masuk mode fastboot.

5 Cara Yang Bisa Kamu Lakukan Jika Gagal Masuk Mode Fastboot Xiaomi

5 Cara Yang Bisa Kamu Lakukan Jika Gagal Masuk Mode Fastboot Xiaomi
5 Cara Yang Bisa Kamu Lakukan Jika Gagal Masuk Mode Fastboot Xiaomi

Pastinya bagi kamu yang suka oprek Smartphone Xiaomi sudah tidak asing lagi dengan yang namanya mode fastboot. Yup dengan mode ini kamu bisa melakukan beberapa hal semisal install TWRP Recovery, unlock bootloader, dan juga menjalankan beberapa perintah melalui ADB Command Prompt.

Rasanya memang bakal jadi masalah sekali jika mode Fastboot pada Xiaomi ini tidak bisa diakses. Yup, admin bilang seperti itu karena ada beberapa pengguna yang merasa kesulitan untuk bisa masuk ke mode fastboot ini. Mulai dari reboot sendiri sampai tidak terdeteksi di komputer.

Okey jika kamu mengalami masalah dengan mode fastboot ini, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar dapat memperbaikinya:

1. Disable Driver Signature Windows 10
Nah, hal pertama yang bisa kamu lakukan agar bisa sukses masuk ke mode fastboot dan terdeteksi di komputer adalah disable driver signature Windows 10. Yup, jadi secara default atau secara bawaan driver signature pada Windows di aktifkan. Tujuannya tidak lain agar driver pihak ketiga yang tidak memiliki signature atau asal usul jelas tidak bisa terpasang di komputer tersebut. Tujuannya tidak lain adalah agar komputer bebas dari serangan semisal Mallware.

Nah biasanya driver USB Xiaomi ini gagal terpasang di komputer gegara driver signature Windows tadi. Oleh karena itu pastikan sebelum menginstall driver USB Xiaomi, Driver Signature Windows ini sudah dimatikan terlebih dahulu. Tenang saja, aman kok. Admin sudah buktikan sendiri. Buat kamu yang belum tahu caranya bisa ikuti tutorialnya di sini.

2. Driver USB Xiaomi
Masih lanjutan dari point pertama tadi, driver USB Xiaomi juga sangat dibutuhkan jika ingini mode fastboot sukses terdeteksi di komputer. Sebenarnya Driver USB Xiaomi ini bisa kamu dapatkan pada paket instalasi Mi Flashtool, namun buat kamu yang tidak mau ribet bisa mengambilnya secara terpisah di sini.

Cara instalasinya juga sangat mudah, tinggal install saja seperti biasa kamu menginstall program lainnya di komputer. Setelah itu coba restart komputer tadi lalu coba sambungkan Xiaomi dalam mode fastboot ke komputer via kabel USB Micro atau type-C

3. Kombinasi Tombol
Walau admin yakin banyak dari kamu yang sudah tahu, tapi tidak ada salahnya jika admin ingatkan lagi. Yup, jadi untuk bisa masuk ke mode fastboot tersebut wajib menekan tombol kombinasi Power dan volume bawah.

Kamu bisa menekan kedua tombol tadi dalam kondisi Smartphone Xiaomi menyala atau mati. Nantinya akan masuk ke mode Fastboot yang ditandai dengan muncul logo Mi Bunny sedang memperbaiki robot android atau Tulisan Fastboot untuk Smartphone Xiaomi lawas.

4. Ganti Kabel USB
Nah, cara mengganti kabel USB ini cukup manjur terlebih buat kamu yang bermasalah ketika coba menyambungkan Smartphone Xiaomi yang sudah masuk ke mode fastboot namun tiba-tiba restart dan masuk ke logo Mi lalu homescreen. Jadi admin pernah punya pengalaman seperti ini juga dan berhasil diperbaiki dengan cara mengganti kabel USB lain.

Biasanya sih gegara ujung kepala USB yang sudah aus atau longgar atau bisa juga karena salah satu pin USB ada yang patah.

5. Ganti Port USB
Selain ganti kabel USB, salah satu cara yang bisa kamu lakukan jika kesulitan masuk ke mode fastboot adalah dengan mengganti colokan atau slot USB tersebut. Entah dengan alasan kenapa jadi ada satu Port yang tidak bisa mendeteksi adanya fastboot mode. Namun setelah dipindahkan ke colokan USB lain jadi bisa terdeteksi.


Setidaknya itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan apabila terkendala masuk ke mode fastboot di Smartphone Xiaomi atau berhasil masuk mode fastboot namun tidak terdeteksi di komputer. Jika kamu punya cara lain bisa tambahkan di kolom komentar dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Miuitutorial Indonesia. Salam admin Miuitutorial.com

5 Cara Yang Bisa Kamu Lakukan Jika Gagal Masuk Mode Fastboot Xiaomi