Mungkinkah Masih Bisa Root di Smartphone Xiaomi Tanpa Unlock Tanpa Komputer?

Pertanyaan yang cukup sering muncul di kolom komentar channel Miuitutorial.com adalah "Min, apakah ada cara supaya bisa root di Smartphone Xiaomi tanpa komputer? Apakah ada min cara root Xiaomi tanpa unlock bootloader, tanpa pasang TWRP recovery?" Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sudah admin siapkan artikel berikut!

Mungkinkah Masih Bisa Root di Smartphone Xiaomi Tanpa Unlock Tanpa Komputer?

Mungkinkah Masih Bisa Root di Smartphone Xiaomi Tanpa Unlock Tanpa Komputer?
Mungkinkah Masih Bisa Root di Smartphone Xiaomi Tanpa Unlock Tanpa Komputer?

Berat untuk dikatakan namun harus admin tetap sampaikan. Root di Smartphone Xiaomi baik menggunakan Magisk maupun superSU. Keduanya sama-sama membutuhkan komputer. Yah memang untuk root Magisk maupun root SuperSU bisa langsung diinstall melalui TWRP Recovery, namun untuk bisa menginstall TWRP Recovery harus menggunakan Minimal ADB dan Fastboot yang itu juga cuma bisa dijalankan pada komputer.

Belum lagi untuk bisa menginstall TWRP Recovery, Smartphone Xiaomi tersebut harus sudah dalam keadaan unlock bootloader. Nah unlock bootloader ini cuma bisa dan hanya bisa dilakukan melalui komputer. Secara tool untuk unlocknya saja berekstensi .exe yang mana cuma bisa dijalankan pada sistem operasi Windows.

Jadi secara teknis root di Smartphone Xiaomi untuk saat ini tidak bisa dilakukan jika tanpa bantuan komputer. Walaupun sebenarnya masih ada satu cara lagi untuk bisa root tanpa komputer yaitu dengan menggunakan rom Miui versi beta atau developer.

Yup, sepengalaman admin di rom Miui developer, root sudah terpasang secara default melalui aplikasi security. Sehingga kamu bisa menggunakan aplikasi yang membutuhkan akses root. Sayangnya root seperti ini tidaklah efektif alias masih terdapat kekurangan dimana tidak terlalu leluasa untuk bisa mengakses penuh file System. Oleh karena itu butuhkan root ketiga yaitu Magisk atau superSU.


Setelah membaca penjelasan ini setidaknya kamu jadi tahu kan jawaban dari pertanyaan tadi. Tentunya apa yang admin sampaikan ini adalah murni berdasarkan pengalaman dan pemahaman selama ini. Selain bahasan soal root ini, kamu juga bisa mencari tutorial root Xiaomi di sini, serta tata cara unlock bootloader dan pasang TWRP Recoverynya di sini dan di sini. Silahkan dikoreksi jika ada yang keliru dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan serta subscribe channel Miuitutorial Indonesia. Salam admin miuitutorial.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url