Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Amankah Charging Smartphone Xiaomi Jika Ditinggal Tidur Semalaman? Berikut Penjelasannya Lengkapnya

"Saya punya smartphone xiaomi, tepatnya redmi 3s/x, redmi 3/pro, redmi note 3 pro, dan Mi5 pro (situ punya konter?), dan sering sekali saya tinggal tidur semalaman ketika melakukan pengisian. Pertanyaan sederhananya "Apakah kebiasaan saya selama ini akan berdampak buruk pada smartphone xiaomi saya tersebut?" Jika iya, adakah cara mengantisipasinya? Karena secara pribadi di waktu malam tersebutlah saya tidak menggunakan ponsel xiaomi, sedangkan jika di siang hari saya tidak bisa lepas dari gadget"

Amankah Charging Smartphone Xiaomi Jika Ditinggal Tidur Semalaman? Berikut Penjelasannya Lengkapnya

Amankah Charging Smartphone Xiaomi Jika Ditinggal Tidur Semalaman? Berikut Penjelasannya Lengkapnya
Amankah Charging Smartphone Xiaomi Jika Ditinggal Tidur Semalaman? Berikut Penjelasannya Lengkapnya

"Amankah ponsel Xiaomi yang ditinggal charging semalaman?" pertanyaan seperti tadi cukup banyak bahkan bisa dibilang banyak sekali berseliweran baik di forum maupun grup-grup xiaomi. Dari pertanyaan tadi muncul 2 jenis jawaban, yang mana pada kubu 1 , menganggap hal tersebut aman-aman saja dan tidak perlu dikhawatirkan karena semua ponsel android zaman sekarang ini, termasuk smartphone Xiaomi sudah dibekali dengan pemutus aliran listrik otomatis ketika proses pengisian baterai dianggap sudah penuh. Sedangkan kubu ke-2 menyarankan untuk tidak menyarankan melakukan charging dalam waktu lama apalagi sampai ditinggal tidur segala, karena dapat mengakibatkan baterai pada ponsel xiaomi menjadi kembung, hamil sehingga bisa menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya bahkan disinyalir dapat mengakibatkan kebakaran. Benarkah seperti itu? Jadi mana yang benar nih?!!

Okey, sebelum ke jawaban mana yang lebih tepat, admin akan berbagi sedikit pengalaman dulu terkait kebiasaan dalam pengisian baterai tersebut. Selama menggunakan smartphone Xiaomi, mulai dari Redmi Note 3G, Redmi Note 3 MTK, Redmi Note 3 PRO hingga sekarang ini Mi5 Pro, admin selalu melakukan charging ketika tidur malam, kemudian paginya baterai ponsel xiaomi sudah terisi penuh. Selama melakukan kebiasaan tersebut, admin tidak menemui gejala atau tanda-tanda buruk pada smartphone xiaomi yang admin gunakan, terutama pada bagian baterainya. Tidak ada sedikitpun tanda-tanda baterai jadi kembung, hamil bahkan tidak ada yang mau bertanggung jawab. Dengan catatan, charger yang admin gunakan untuk melakukan pengisian ulang adalah charger original. Hanya saja yang admin rasakan dalam kondisi 1 tahun lebih, baterai pada Redmi Note 3G Admin terasa mulai boros, sehingga admin berinisiatif untuk membeli unit baterai original yang baru. Menurut admin wajar karena masa pemakaian baterai sudah lewat dari satu tahun.

Berdasarkan kedua jawaban di atas plus pengalaman admin, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melakukan charging pada smartphone Xiaomi sekalipun ditinggal tidur semalaman tetap aman-aman saja, asalkan unit charger yang digunakan adalah original atau asli, bukan abal-abal yang dibeli di konter 30rb-an. Hal ini didukung oleh beberapa pernyataan dari member forum en Miui:

Xiaomi's battery has it. It will stop from receiving charge when its full. All modern batteries of smartphones support it nowadays. (romar31)

Selain itu

Question: Is it safe to leave our phone charging all night?
Answer: Yes. Your phone monitors the charging process and makes sure the battery is never over-charged.
Question: So do I need to spend money on high-quality chargers?
Answer: Kind of. Especially with chargers, do not buy the cheapest, as they can damage the phone or they can catch fire. (ultim)

yang mengatakan bahwa semua teknologi baterai pada smartphone xiaomi sudah dilengkapi dengan fitur Auto cut, sehingga apabila proses pengisian baterai sudah penuh maka arus listrik dari charger ke smartphone xiaomi akan dihentikan. Namun fitur auto cut ini akan aktif jika kamu menggunakan charger original. Jadi pastikan charger yang kamu miliki adalah asli Xiaomi. Semoga artikel ini menjawab keresahan kamu tentang amankah melakukan charging ponsel xiaomi ditinggal tidur semalam. Jangan lupa +1, like, dan bagikan. Bagi yang punya kuota lebih, bisa mampir ke channel youtube admin di sini. Salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya