Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Mode USB MTP Hilang dari Smartphone Xiaomi Kamu? Jadi Cuma Bisa Charging Saja? Ini Tutorial Cara Memperbaikinya

Seberapa sering kamu menggunakan mode USB MTP pada Smartphone Xiaomi untuk bisa berkirim file? Sering atau sering banged? Bagaimana jika suatu saat mode transfer file MTP tersebut hilang sendiri? bakal sedih hingga baper? Jangan lah ya, masih ada cinta yang lain kok.. hahaha.. Buat kamu yang punya masalah pada USB MTP mode tiba-tiba hilang bisa ikuti cara sederhana di bawah ini. Jamin tanpa root-root segala.

Mode USB MTP Hilang dari Smartphone Xiaomi Kamu? Jadi Cuma Bisa Charging Saja? Ini Tutorial Cara Memperbaikinya

Mode USB MTP Hilang dari Smartphone Xiaomi Kamu? Jadi Cuma Bisa Charging Saja? Ini Tutorial Cara Memperbaikinya
Mode USB MTP Hilang dari Smartphone Xiaomi Kamu? Jadi Cuma Bisa Charging Saja? Ini Tutorial Cara Memperbaikinya

Tak dapat dipungkiri jika mode wireless lebih diminati oleh banyak pengguna gadget, baik itu headset wireless, pacar wireless, hingga yang tercanggih sekarang ini adalah charger wireless. Bahkan untuk berkirim file berkapasitas besar pun sudah bisa menggunakan teknologi wireless, contohnya saja Air drop dari Apple iOS dan yang terkenal di Android ada SHAREit.

Namun begitu tak dapat ditampik jika fungsi sebuah kabel tetap dipertahankan karena selain lebih stabil dari gangguan juga lebih kencang dalam bertransfer file. Namun apa jadinya jika sebuah smartphone, slot usb nya cuma bisa digunakan untuk mengisi daya? Hal ini pernah terjadi pada beberapa tipe Smartphone Xiaomi yang pada saat kasus ini adalah Xiaomi Redmi 4 Prime.

Saat coba dihubungkan ke komputer via kabel USB, Redmi 4 Prime hanya bisa terdeteksi sebagai pengisian daya atau charging, walaupun sudah kamu buka melalui Windows Explorer maka tidak akan ada Drive yang terbaca. Sebagian pengguna berpendapat jika hal tersebut bukanlah masalah yang fatal namun untuk sebagian orang, hilangnya mode transfer data MTP dan PTP di smartphone Xiaomi bagai sebuah malapetaka.

Betapa tidak, karena seperti yang sudah admin sebutkan di awal tadi, transfer file melalui kabel USB akan terasa lebih cepat dan stabil, hal ini juga sudah admin rasakan sendiri selama menggunakan Smartphone Xiaomi, terhitung semenjak jatuh cinta pada Redmi Note 3G, Redmi Note 3 Mediatek, Redmi Note 3 PRO dan Mi5 Pro saat ini.

Jadi fitur transfer data via MTP dan PTP mode ini memang masih sangat diperlukan sekalipun sudah bisa kirim file melalui SHAREit. Terlebih hilangnya mode MTP pada Smartphone Xiaomi kamu juga sebagai pertanda jika driver USB yang di komputer tersebut tidak terinstall dengan baik. Buat kamu yang mengalami hal serupa bisa mempraktekkan langkah-langkah sederhana berikut.

Caranya:
1. Pada smartphone Xiaomi kamu, aktifkan terlebih dahulu mode USB debugging dengan cara tap 7x pada Miui version di about phone. Nanti akan muncul developer mode di setelan > setelan tambahan
2. Setelah mode USB debugging diaktifkan, segera sambungan Redmi 4 Prime atau xiaomi tipe lain ke komputer via kabel USB
3. Sekarang beralih ke komputer, buka PC > Drive C > Windows > INF > kemudian cari file wpdmtp.inf
4. Klik kanan pada file wpdmtp.inf tadi lalu pilih opsi install (dengan catatan smartphone Xiaomi kamu masih terinstall)
5. Seharusnya setelah proses instalasi tersebut maka akan muncul mode MTP atau Drive internal dan eksternal memory Xiaomi kamu akan terbaca di Windows Explorer
6. Restart dan reboot komputer beserta Smartphone Xiaomi kamu jika diperlukan
7. Selesai

Cara mengaktifkan kembali mode USB MTP di atas sama sekali tidak membutuhkan akses root superSU seperti yang pernah admin bahas di sini. Seharusnya dengan cara tersebut sudah bisa mengembalikan mode MTP transfer file yang hilang. Oh iya admin sarankan sebelum menjalankan tutorial di atas, Windows driver signature yang ada pada Windows kamu sudah di disable terlebih dahulu.

Hilangnya mode transfer file MTP dan PTP mode juga bisa dipengaruhi oleh belumnya kamu menginstall Mi PC Suite dan Mi Flashtool . Walau mungkin tidak berkait secara langsung namun admin pernah menemui sendiri Mi5 Pro admin mode MPT nya hilang namun bisa muncul kembali setelah menginstall Mi PC Suite.

Admin sendiri hingga saat ini masih setia menggunakan Mode MTP untuk bertransfer data, terlebih jika mengirim data dalam ukuran besar semisal data game , film dan sebagainya ke Mi5 PRO.

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya