Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Xiaomi Mi A1 dan Mi5x kan Punya Spesifikasi Identik: Bisakah Keduanya Saling Bertukar Rom? Ini Penjelasannya

"Antara Xiaomi Mi A1 dan Mi5x itu kan punya spesifikasi yang mirip, sama persis alias identik, apakah keduanya bisa saling bertukar rom? Misalkan Mi5x bisa langsung diinstall rom Android One, dan Mi A1 bisa langsung install Rom Miui 9? Jika misal bisa, bagaimana caranya atau memang tidak bisa dan dipaksakan apa risikonya?" Simak penjelasannya berikut ini.

Xiaomi Mi A1 dan Mi5x kan Punya Spesifikasi Identik: Bisakah Keduanya Saling Bertukar Rom? Ini Penjelasannya

Xiaomi Mi A1 dan Mi5x kan Punya Spesifikasi Identik: Bisakah Keduanya Saling Bertukar Rom? Ini Penjelasannya
Xiaomi Mi A1 dan Mi5x kan Punya Spesifikasi Identik: Bisakah Keduanya Saling Bertukar Rom? Ini Penjelasannya

September 2017 ini adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu sekaligus bikin penasaran Mi Fans yang ada di seluruh Dunia, tak terkecuali Mi Fans Indonesia. Nah loch kenapa disebut bulan yang paling ditunggu? Karena pada bulan ini secara resmi Xiaomi memperkenalkan Mi A1 yang merupakan Flagship dari Project Google One. Project dimana semua orang bisa merasakan manisnya Rom Android Stock tanpa embel-embel Modifikasi UI dari vendor.

Xiaomi yang merupakan perusahaan asal negara panda dipercaya sebagai salah satu dari Project Google One. Kamu dan admin sudah pasti pada kenal dengan tipikal Xiaomi, yup perusahaan yang memproduksi Smartphone Android berspesifikasi tinggi namun dengan harga yang terjangkau bahkan bisa dibilang murah ketimbang kompetitor. Jadi sedikit banyak sudah pada tahu lah ya jika Xiaomi Mi A1 memiliki spesifikasi seperti apa, yang pasti bukan ecek-ecek seperti Project Google One sebelumnya.

Fitur yang paling diunggulkan pada Xiaomi Mi A1 adalah Dual Camera nya yang mana diklaim punya hasil bidikan setara Google Pixel. Dunia sendiri sudah mengakui jika hasil foto Smartphone Google Pixel adalah yang terbaik di dunia melewati iPhone 7. Well apapun itu konsumen seperti kitalah yang akan memetik untungnya. Terlepas dari fitur Dual Camera plus Project Google One yang dibawa oleh Xiaomi Mi A1, ada satu pertanyaan besar yang terselip di benak dan pikiran Mi Fans adalah

Bisakah Rom Stock Android Google One Kepunyaan Xiaomi Mi A1 dipakai pada Xiaomi Mi5x atau Bisakah Mi A1 Menggunakan Miui 9 Punya Mi5x?
Jangankan kamu, admin saja kepikiran seperti itu kok. Mengingat Spesifikasi dari Xiaomi Mi A1 dan Mi5x itu sama persis. Bahkan ketika kamu coba cari spesifikasi lengkap mereka di GSMarena pun baik Mi5x dan Mi A1 sudah digabung menjadi satu. Nah dengan banyaknya kesamaan seperti ini, wajar saja jika Mi Fans di seluruh dunia bertanya-tanya, apakah antara Mi5x dan Mi A1 bisa bertukar Rom.

Sehingga pengguna Xiaomi cukup dengan membeli 1 device saja. Ini juga menjadi kabar bagus jika benar memang antara Mi5x dan Mi A1 bisa saling pakai Rom. Rupanya hal ini sudah di test duluan oleh salah seorang member forum PDA4U asal Rusia yang menyatakan jika Rom Android One tidak bisa dipasangkan pada Xiaomi Mi5x, dengan kata lain Rom Mi A1 tidak cocok pada Mi5x. Walaupun kedua Smartphone Xiaomi tadi memiliki spesifikasi Identik.

Menurut member forum PDA4U, Rom Google Android tidak cocok diinstall pada Xiaomi Mi5x karena Mi A1 mengadopsi partisi yang berbeda dengan Mi5x. Yang mana Mi A1 menggunakan partisi jenis A/B seperti pada Google Pixel sehingga ketika ada update dari Google maka partisi kedualah tempat dimana rom tersebut di unduh dan juga diinstall dan pada saat di restart maka partisi kedua tadi akan berubah menjadi partisi pertama atau partisi A. Penjelasan lengkap dalam dari bahasa aslinya bisa kamu lihat di bawah ini:
"Earlier today the ROM for the Mi A1 was released to the public. Some russian users on PDA4U confirmed that the Android One firmware is not compatible with the Mi 5X. Yes the hardware between the two devices is identical but the partitions are different between the two devices due to the A1 using the A/B system that the Pixel devices uses. The A/B systems means that when the device gets an update it will be downloaded and installed on the second system partition and when you restart that second parathion will swap to become System A instead of B to make the updating process seamless. Mi A1 is the first device to get this feature aside from the Pixel as far as I know."
Memang sih ini bukanlah berita bagus baik untuk pengguna Xiaomi Mi A1 maupun Mi5x, namun setidaknya bisa memberikan semacam warning agar pengguna dari kedua device ini tidak sembarang menginstall rom Android Google One maupun Miui agar terhindar hal-hal yang tidak diinginkan seperti Hardbrick a.k.a mati total.

Namun percayalah ini hanya masalah waktu saja mengingat baik Mi5x maupun Mi A1 itu adalah Smartphone yang baru saja diluncurkan Xiaomi, jadi masih terlalu prematur untuk memvonis jika mereka tidak bisa saling bertukar Rom. Tenang saja masih banyak kok developer pihak ketiga yang akan memporting rom untuk Mi5x dan Mi A1 sehingga bisa saling bertukar rom. Terlebih dengan spesifikasi yang identik yang mereka miliki membuat developer lebih mudah membuat portingannya. Yah semoga saja.

Sekian artikel kali ini tentang apakah rom Android One pada Xiaomi Mi A1 bisa digunakan juga pada Mi5x. Semoga bisa menjawab rasa penasaran kamu. Bantu admin untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya