Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Benarkah Xiaomi Mi A1 Punya Fitur Radio FM dan Bagaimana Cara Memunculkannya Tanpa Root SuperSU? Ini Tutorialnya!

Katanya Xiaomi Mi A1 punya fitur Radio FM, tapi kenapa pas dibeli sama sekali tidak ada Radio FM nya ya? Apakah Google berbohong atau spesifikasi yang tertera pada situs GSMarena meleset? hemm.. Kalau memang ternyata ada namun disembunyikan. Tolong kasih tahu dong min bagaimana cara memunculkan fitur Radio FM yang ada di Mi A1 tanpa root superSU sama sekali. Okey admin penuhi. Let's check this out!

Benarkah Xiaomi Mi A1 Punya Fitur Radio FM dan Bagaimana Cara Memunculkannya Tanpa Root SuperSU? Ini Tutorialnya!

Benarkah Xiaomi Mi A1 Punya Fitur Radio FM dan Bagaimana Cara Memunculkannya Tanpa Root SuperSU Ini Tutorialnya!
Benarkah Xiaomi Mi A1 Punya Fitur Radio FM dan Bagaimana Cara Memunculkannya Tanpa Root SuperSU Ini Tutorialnya!

Hingga artikel ini dibuat, Xiaomi Mi A1 masih menjadi Smartphone Xiaomi yang paling banyak diincar, saking banyak peminatnya hingga stock di Erafone pun sering habis. Belum lagi para kulakan yang ngambil untung banyak dengan memborong Xiaomi Mi A1 dari Erafone.. Hal ini tidak lain karena Xiaomi Mi A1 merupakan Smartphone pertama dari Xiaomi yang sudah mengusung rom stock Android. Yup Xiaomi Mi A1 adalah Smartphone Android pertama dari Google di tahun 2017 ini yang masuk dalam jajaran Project Android One. Belum lagi Xiaomi Mi A1 merupakan Smartphone pertama dari Google dan Xiaomi yang sudah menggunakan Dual Camera.

Admin miuitutorial.com sendiri adalah salah seorang pengguna lama Xiaomi yang begitu tertarik dengan Mi A1 sehingga khilaf ikut daftar Flash sale nya di Lazada dan berhasil memboyong Mi A1 berwarna Mate Black. Salah satu yang membuat admin tertik pada Xiaomi Mi A1 adalah ketersediaan Radio FM. Hah???!! di tahun 2017 ini masih saja peduli dengan yang namanya Radio FM? Serius kan min?!! Iya serius kok, soalnya Xiaomi Mi5 Pro admin walaupun masuk dalam jajaran Smartphone Flagship dari Xiaomi tapi tidak dilengkapi dengan Radio FM. Sedangkan di Mi A1 sendiri ada Radio FM nya.

Tapi semua itu sirna setelah hands on sebentar Xiaomi Mi A1 tapi ternyata sama sekali tidak ada aplikasi Radio FM nya. Iyah, secara jelas di GSMarena admin melihat di daftar spesifikasinya, Xiaomi Mi A1 ini dilengkapi dengan Radio FM. Tapi kok setelah cari kesana-kemari tetap saja tidak bisa ditemukan. Hemm.. admin pikir ini mungkin butuh update firmware dulu.. tapi setelah ditunggu hingga update patch 6 November 2017, sama sekali tidak ada tanda-tanda akan hadirnya Radio FM di Mi A1.

Jadi apakah spesifikasi yang tertera pada GSMarena tersebut cuma bohongan saja? hemm.. masak iya ya website sekelas GSMarena bisa meleset atau bahkan bohong.. oleh karena itu admin coba cari tahu, mondar-mandir masuk forum dan grup paling yang admin dapatkan adalah sebuah aplikasi FM Radio yang sayangnya itu jika ingin digunakan pada Xiaomi Mi A1 maka harus sudah dalam keadaan root superSU. Lah iya masak cuma ingin mendengarkan musik via Radio FM saja harus pakai acara root superSU segala.

Oleh karena itu admin coba otak-atik lagi Xiaomi Mi A1 ini dan berhasil menemukan cara bagaimana cara memunculkan fitur Radio FM tanpa harus root superSU sama sekali. Berikut caranya:
1. Masuk ke dial pad atau papan ketik telepon Xiaomi Mi A1
2. Lalu dial *#*#6484#*#*
3. Nanti secara otomatis kamu akan dibawa ke Hardware Test
4. Gulir layar ke paling bawah lalu pilih Radio FM
5. Sambungkan Headset ke Mi A1. Wajib ya karena fungsinya ini untuk antena radio juga
6. Lalu tekan tombol next pada radio tersebut
7. Silahkan pilih frekuensi Radio FM yang kamu suka
8. Yah memang belum bisa menyimpan saluran radio, jadi harus skip manual


Memang di saat sekarang ini penggunaan Radio FM sudah mulai berkurang digantikan oleh Streaming lagu dari Spotify, iTunes, Sound Cloud, Deezer hingga YouTube. Hal ini tidak lain karena akses internet sudah sangat mudah, hampir di setiap kota sudah banyak yang menyediakan Wifi corner (baca juga cara mempercepat koneksi internet Wifi di sini). Belum lagi hasil streaming juga bisa dapat kualitas Flac. Jadi wajar saja jika orang-orang saat ini mulai meninggalkan Radio FM. Bahkan jika fitur radio ini ditiadakan pun di sebuah Smartphone, maka sudah tidak lagi menjadi sebuah masalah. Padahal dulu pas jaman-jamannya masih Nokia atau Sony Ericsson Xperia. Hilangnya fitur Radio FM akan mengurangi nilai jual ponsel itu sendiri.

Namun tenang saja kok, buat kamu yang suka dengan Radio FM, admin yakin jika platform ini tidak akan hilang, mengingat Radio FM itu seperti ada jiwanya sendiri serta punya penggemar khusus. Melalui Radio FM juga selain kita bisa mendengarkan berbagai lagu kesukaan, juga bisa berinteraksi langsung dengan penyiar. Okey sekian tutorial bagaimana cara memunculkan fitur Radio FM yang ada di Xiaomi Mi A1. Semoga ke depannya nanti fitur Radio ini akan secara resmi dimunculkan Google di App drawer. Jangan lupa +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya