Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Adakah Cara Menurunkan Panas Berlebih pada Xiaomi Redmi Note 4 Mediatek Tanpa Root SuperSU? Coba Tutorial Berikut!

Saat dipakai untuk bermain game HD, Xiaomi Redmi Note 4 Mediatek kamu terasa sangat panas? Bahkan sekedar dipakai untuk bersosial media saja atau sekedar streaming video juga muncul panas berlebih di area dekat kamera? Apakah ada suatu cara yang bisa menghilangkan atau setidaknya menurunkan pada di Xiaomi Redmi Note 4 Nikel tanpa harus root superSU terlebih dahulu? Simak panduan lengkapnya berikut ini!

Adakah Cara Menurunkan Panas Berlebih pada Xiaomi Redmi Note 4 Mediatek Tanpa Root SuperSU? Coba Tutorial Berikut!

Adakah Cara Menurunkan Panas Berlebih pada Xiaomi Redmi Note 4 Mediatek Tanpa Root SuperSU? Coba Tutorial Berikut!
Adakah Cara Menurunkan Panas Berlebih pada Xiaomi Redmi Note 4 Mediatek Tanpa Root SuperSU? Coba Tutorial Berikut!

Semenjak kemunculan Xiaomi Redmi Note 4 versi Snapdragon atau yang lebih dikenal dengan Redmi Note 4X dan Redmi Note 4 PRO untuk versi Globalnya. Smartphone pendahulunya alias juga bisa dibilang sebagai kakaknya yaitu Redmi Note 4 Mediatek mulai hilang. Grup maupun forum yang membahas Redmi Note 4 Nikel ini pun sering dijadikan satu dan isi dari bahasan forum atau grup tersebut malah lebih banyak membahas adiknya Redmi Note 4 Snapdragon.

Yah wajar sih sebenarnya karena barang baru, belum lagi Redmi Note 4 Snapdragon dianggap sebagai menyempurna dari Redmi Note 4 versi Mediateknya. Namun begitu bukan berarti harus mengabaikan mereka para pengguna Nikel. Mengingat Prosesor yang digunakan oleh Nikel under Rated yaitu Mediatek Helio X20 MT6797 yang mana sering disebut sebagai biang keladi panas berlebih. Apakah benar seperti itu atau hanya sebatas rumor belaka? Bahasan soal lebih baik Mediatek atau Snapdragon sebenarnya pernah admin bahas di sini. Silahkan kamu baca-baca artikel tersebut untuk menambah referensi.

Admin Miuitutorial.com sendiri pernah menggunakan prosesor dari Mediatek, lebih tepatnya 2 kali. Yang pertama adalah Redmi Note 3G WCDMA yang ditenagai Chipset Mediatek MT6592 dan yang terakhir adalah Redmi Note 3 Mediatek yang diotaki Chipset MediaTek MT6795 Helio X10. Memang harus admin akui, untuk seri Helio terasa panas sangat, bahkan untuk posisi normal alias cuma menjalankan aplikasi sosial media macam Facebook, Whatsapp, Instagram dan lain sebagainya bisa melebihi 40 derajat Celsius.

Belum lagi ketahanan baterai yang mungkin bisa maksimal di 4 jam penggunaan saja. Walhasil selama menggunakan Redmi Note 3 MTK admin bisa charge 3 hingga 4 kali dalam sehari. Teman admin juga banyak yang bilang "kok kenapa panas sekali hpmu?". Admin kurang tahu pasti alasannya kenapa, mengingat Heli X10 yang tersemat di Redmi Note 3 MTK adalah seri pertama yang dikeluarkan oleh Mediatek pada saat itu. Spekulasi admin mungkin seri Helio dikhususkan untuk performance, dan karena alasan itu pula mungkin Mediatek mengeluarkan seri P yang fokus pada efisiensi daya.

Hal ini sepertinya berlanjut ke Helio X20 yang mana Chipset ini disematkan pada penerus Kenzo yaitu Xiaomi Redmi Note 4 Nikel. Beberapa testimoni admin baca di grup mengisyaratkan jika Redmi Note 4 Mediatek sering memunculkan panas berlebih terutama ketika digunakan untuk bermain game HD. Di beberapa komentar juga ada yang pernah bilang jika dalam penggunaan biasa saja Smartphone yang satu ini tetap mengeluarkan panas berlebih.

Oleh karena itu admin akan coba bagikan cara mengatasi panas berlebih pada Xiaomi Redmi Note 4 MTK tanpa root superSU. Yup tanpa root, karena tutorial sebelumnya yang pernah admin bagikan di sini mengharuskan pengguna Nikel untuk root terlebih dahulu dan karena cara ini tanpa root, harusnya buat yang awam sekalipun tetap bisa dengan mudah mempraktikkannya.

Adapun bahan yang perlu kamu persiapkan sebagai berikut:
- MTK Engineering Mode APK di sini
- CPU-Z di sini

Caranya:
1. Masuk ke MTK Engineering Mode dengan cara dial *#*#3646633#*#* atau bisa juga dengan cara menggunakan aplikasi yang sudah kamu ambil di atas
2. Setelah berhasil masuk ke MTK Engineering Mode, gulir layar ke kiri lalu pilih tab Hardware Testing
3. Setelah itu pilih opsi Power > Power and performance customization
4. Nantinya kamu akan mendapati pengaturan low Power dan performance
5. Nah pada PPM kamu atur ke low Power
6. Selesai

Secara umum cara di atas bersifat temporary alias sementara saja dan harus kamu atur ulang kembali setiap kali Xiaomi Redmi Note 4 MTK kamu reboot karena pada dasarnya cara di atas itu adalah mematikan fungsi core Cortex-A72 yang mana core ini ditujukan ke performance dan dianggap sebagai biang keladi dari panas berlebih Xiaomi Redmi Note 4 MTK.

Cara ini juga secara tidak langsung membuat Xiaomi Redmi Note 4 Mediatek kamu menjadi Octa-Core karena 2 core besarnya dimatikan sementara. Dari yang admin baca-baca, suhu maksimal yang bisa didapatkan setelah mematikan core Cortex A72 tadi adalah di 39 derajat Celsius dengan kondisi bermain game PES Club Manager selama 45 menit.

Sebagai tambahan, apabila Xiaomi Redmi Note 4 Nikel kamu cuma dipakai untuk kebutuhan sosial media saja, maka atur setiap aplikasi yang sering digunakan tersebut ke low Power (CPU Hotplig dan Md RXd tidak bisa diatur) maka efeknya adalah baterai Nikel kamu semakin awet.

Itu saja dulu yang bisa admin bagikan tata cara menurunkan panas sekaligus mengemat baterai tanpa root pada Xiaomi Redmi Note 4 Mediatek. Jika kamu punya cara lain yang lebih mudah, silahkan tulis di kolom komentar dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin Miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya