Khusus Pemula: Seperti Inilah Tata Cara Install Custom ROM EPIC di Smartphone Xiaomi + Video

Pernah dengan nama EPIC ROM? Nah buat yang sudah lama di dunia opreker Xiaomi pasti sudah tidak asing lagi dengan nama EPIC ROM ini. Nah di artikel kali ini admin akan bagikan ke kamu tutorial gimana caranya install EPIC ROM di Smartphone Xiaomi. Buat yang sudah tidak sabaran lagi bisa langsung ikuti tutorialnya berikut ini!

Khusus Pemula: Seperti Inilah Tata Cara Install Custom ROM EPIC di Smartphone Xiaomi + Video

Khusus Pemula: Seperti Inilah Tata Cara Install Custom ROM EPIC di Smartphone Xiaomi + Video
Khusus Pemula: Seperti Inilah Tata Cara Install Custom ROM EPIC di Smartphone Xiaomi + Video

Well, admin yakin sebagian besar dari kamu terkhusus buat opreker Xiaomi pasti sudah mengenal yang namanya EPIC ROM. Yup, salah satu dari custom berbasis rom Miui yang cukup banyak digunakan oleh pengguna Smartphone Xiaomi. Setidaknya hingga saat ini sudah ada 10 tipe Smartphone Xiaomi yang didukung oleh EPIC ROM diantaranya Xiaomi Mi5 Gemini, Mi 5s, Mi Note 3, Mi 6, Mi MIX 2, Mi Note 2, Mi 5s Plus, Mi MIX, Redmi Note 4X, dan Redmi 4 PRO terlebih hingga saat ini EPIC ROM masih memberikan update untuk custom rom yang sudah mereka keluarkan.

Admin miuitutorial.com sendiri sudah tahu lama dengan custom rom yang satu ini, namun belum sempat tertarik menginstallnya karena masih merasa nyaman dengan Official Rom Miui versi Global Stabil. Namun karena suatu alasan dimana admin sekarang lagi doyan-doyannya bermain game Need for Speed No Limits di Mi5 Gemini, akhirnya admin coba untuk menginstall EPIC ROM tersebut.

Kenapa harus EPIC ROM? Itu tidak lain karena rom Miui 9.5 global yang saat ini terpasang di Mi5 Gemini tidak mendukung API Vulkan. Padahal Miui 9.5 yang terpasang di Xiaomi Mi5 Gemini ini sudah berbasis Android Nougat 7.0, yang mana harusnya secara default sistem operasi Android Nougat sudah membawa API Vulkan. Namun lucunya setelah di cek melalui AIDA64 terdeteksi Vulkannya tapi ketika diajak bermain game NFS No Limits tadi, sama sekali jelek grafisnya. Terasa banged masih menggunakan API Open CL.

Nah karena ada yang menggunakan EPIC ROM ini di Xiaomi Mi 5s dan berhasil mengaktifkan API Vulkan sehingga tampikan grafis di NFS No Limits menjadi begitu keren dan nyata. Akhirnya dengan berat hati, admin harus pindah ke EPIC ROM. Oleh karena itu juga sekalian admin buatkan saja tutorial bagaimana caranya install Custom Rom EPIC di Smartphone Xiaomi.

Buat yang tertarik mencobanya silahkan siapkan bahan-bahan berikut:
- Custom ROM EPIC
+ Mi5 Gemini di sini
+ Mi 5s di sini
+ Mi Note 3 di sini
+ Mi 6 di sini
+ Mi MIX 2 di sini
+ Mi Note 2 di sini
+ Mi 5s Plus di sini
+ Mi MIX di sini
+ Redmi Note 4X di sini
+ Redmi 4 PRO di sini

- Custom TWRP Recovery di sini

Caranya:
1. Pastikan Smartphone Xiaomi kamu sudah dalam keadaan unlock bootloader dan juga sudah terpasang Custom TWRP Recovery. Buat yang belum unlock bootloader bisa ikuti tata caranya di sini sedangkan untuk Custom TWRPnya sendiri, usahakan untuk menggunakan based yang sama. Sebagai contoh Rom EPIC yang akan admin install di Xiaomi Mi 5 Gemini nanti based nya itu adalah Android Nougat, maka gunakanlah TWRP Recovery Nougat juga.
2. Masuk ke pengaturan > Akun Mi > Kemudian lakukan Log Out Mi Akun
3. Setelah itu ambil Custom Rom EPIC di atas tadi kemudian taruh di internal memory
4. Masuk ke mode TWRP Recovery dengan cara tekan dan tahan tombol Power beserta volume atas ketika Smartphone Xiaomi tersebut mati
5. Setelah berhasil masuk ke mode Recovery, jangan buru-buru diinstall namun backup terlebih dahulu rom Miui yang sedang kamu gunakan saat ini. Buat yang belum tahu caranya bisa baca panduannya di sini
6. Setelah berhasil dibackup, pilih wipe > advanced wipe >kemudian centang opsi cache, dalvic cache, system, data > Swipe ke kanan untuk memulai proses wipe
7. Setelah selesai wipe > kembali lagi ke menu awal
8. Pilih Install > arahkan ke rom EPIC > Swipe ke kanan untuk memulai proses instalasi
9. Tunggu hingga selesai
10. Dan jika sudah langsung reboot saja


Kenapa perlu dilakukan Log Out Mi Akun terlebih dahulu sebelum menginstall EPIC Rom ini? Itu tidak lain supaya pada saat masuk ke setup wizard nanti kamu tidak terbentur pada akun Mi yang langsung terkunci sendiri. Admin alami sendiri setelah masuk ke setup wizard dan apesnya karena internet selama ini di Xiaomi Mi5 menggunakan Wifi, maka tidak bisa aktivasi dan akhirnya admin harus kembali lagi dulu ke rom sebelumnya buat log out akun Mi.

Silahkan dicoba buat yang selama ini pingin menggunakan custom rom namun tetap dengan based Miui. Silahkan +1, like dan bagikan tutorial cara install custom rom EPIC ini jika dirasa bermanfaat dan jangan lupa Subscribe channel Miuitutorial Indonesia agar terus bisa mendapatkan update tutorial terbaru Xiaomi berbahas Indonesia. Salama admin Miuitutorial.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url